A-Z Tips Lengkap Memilih, Membeli dan Memelihara Kucing Ras di Rumah

Kucing Jenis Scottish Fold

Memelihara Kucing Ras tidak sama dengan memelihara kucing kampung karena kucing ras membutuhkan treatment khusus yang mungkin tidak perlu Anda perlakukan pada kucing kampung. Jika Anda memiliki kucing kampung mungkin hanya cukup diberikan makan berupa nasi dicampur dengan ikan tongkol untuk memunculkan aroma hidangannya atau mungkin sisa-sisa tulang ayam dan sejenisnya sebanyak 2-3 kali sehari. Sementara kucing ras membutuhkan treatment tidak hanya pada makanan tapi juga kebersihan dan kesehatannya.

Kucing Ras pada dasarnya merupakan. Ada beberapa jenis kucing ras yang cukup unik dan dicari oleh pada penggemar kucing, seperti di antaranya jenis Persia (dengan turunannya berupa Persia Peaknose, Persia Flatnose, Persia Medium, Persia Himalaya), Anggora (jenis kucing dengan ciri khas berbadan langsing dan kaki jenjang genit bak pragawati), Birman (jenis kucing dengan ciri kas berwajah gelp/hangus dengan bulu panjang), Siamese/Siam (Jenis kucing dengan ciri khas wajah gelap/hangus dengan bulu pendek), Exotic Shorthair/Starling (berbulu pendek dan berwajah lucu), Scottish Fold (jenis kucing dengan ciri khas telinga mengatup), Munchkin (jenis kucing dengan ciri khas berkaki pendek), Siberia (Jenis kucing yang memiliki daun telinga yang ujungnya meruncing dengan ukuran mata yang relatif kecil jika dibandingkan dengan ukuran kepalanya. Warna bulu kucing ini bermacam-macam, tetapi biasanya cenderung berpola belang-belang), Ragdoll (Jenis kucing berbadan besar, yang mempunyai dada lebar serta panggul yang cukup besar serta memiliki bulu panjang halus seperti bulu kelinci), Maincoon (jenis kucing dengan ciri khas telinga tegak berbadan kekar mirip kucing hutan), Bengal (jenis kucing dengan motif bulu bertotol seperti macan tutul/cheetah dengan bintik hitam tidak rapat dan rata), Savanah (jenis kucing dengan motif bulu bertotol seperti macan macan tutul/cheetah dengan bitnik hitam rapat dan rata), Sphynx (jenis kucing dengan ciri khas tak memiliki bulu sama sekali. Beberapa orang menyebutnya berbentuk seperti kucing jadi-jadian atau alien), serta British Short Hair (jenis kucing dengan badan yang kokoh dan tebal disertai bulu yang indah).

Nah, untuk itu, bagi Anda yang ingin memulai memelihara kucing ras, tipstipseru akan mencoba berbagi tips lengkap A-Z bagaimana Memilih, Membeli dan Memelihara Kucing Ras di Rumah:

Baca Juga:


1. Memilih Kucing

Sebelum Anda membelinya Anda perlu memilih dan menentukan jenis kucing yang paling cocok dengan hobi dan kesukaan Anda. Apakah Anda memeihara kucing dengan bulu panjang, muka lucu, berbadan raksasa atau berbadan pendek? Apakah kucing yang gesit-lincah, pemalas-lucu, ataukah mengerti sama majikannya?

2. Membeli Kucing

Apabila Anda sudah serius untuk membelinya, lakukan browsing di internet untuk melakukan pembandingan harga, jangan lupa juga kunjungi petshop atau toko hewan agar Anda benar-benar bisa mengenali setiap jenis kucing yang Anda kehendaki. Range harga untuk jenis kucing ras berkisar antara Rp 500.000 hingga puluhan juta rupiah. Apabila Anda berniat bisnis kucing dengan cara ternak kucing Anda bisa memilih kucing betina, sehingga setelah berusia dewasa Anda cukup mencari pejantan dengan kualitas bagus untuk diperanakan.

3. Membeli Perlengkapan Kucing

Beberapa perlekangkapan kucing yang perlu Anda beli untuk kucing kesayangan Anda di antaranya adalah kotak pasir tempat kucing buang air kecil (pip)/buang air besar (pup) yaitu Catlitter/litterbox, Sangkar (Cage), Tas Kucing (Cat Bag), Cat Shampo, dan Hairdryer. Naluri kucing saat akan buang air kecil dan besar adalah mencari pasir, sehingga apabila Anda memeliharan kucing kesayangan Anda di dalam rumah yang tidak memiliki lahan tanah/pasir Anda bisa menyediakan Catlitter yang diisi pasir biasa, pasir zeolite (berbentuk batu-batu kecil yang dapat dicuci ulang), pasir menggumpal/Clumping Sand (pasir yang dapat menggumpal, sehingga apabila pip/pup mengenai pasir ini, pasir ini akan menggumpal untuk dapat dibuang) dan jangan lupa menyemprotkan desinfektan pada Catlitter setelah dibersihkan.

4. Merawat dan Membersihkan Kucing

Untuk mendapatkan kucing yang lucu dan harum, Anda perlu membersihkannya dengan teratur. Mandikanlah kucing Anda minimal 2 minggu sekali. Gunakan cat-shampo yang aman dan tidak beracun bagi kucing. Gunakan hairdryer untuk mengeringkan bulu kucing setelah kita mandikan menggunakan cat-shampoo. Oleh karena beberapa kucing tidak suka dengan suara hair dryer, maka Anda bisa menaroh kucing Anda di dalam sangkat untuk kemudian Anda semburkan hair dryer ke tubuhnya, sehingga ia tidak akan lari kemana-mana saat udara hangat hair-dryer mengenai tubuhnya.

5. Memberi Makan Kucing

Jangan memberi makan kucing Andan dengan daging, jeroan, tulang dan susu mentah sebelum dimasak terlebih dahulu untuk menghindari berbagai penyakit, gangguan pencernakan dan toksoplasma. Jagalah agar kucing Anda agar tidak berburu tikus, burung, lalat dan kecoa. Untuk itu berilah kucing Anda dengan makanan yang bersih, matang dan layak dengan makanan-makanan yang dijual di petshop seperti misalnya whiskas atau me-o, yang telah memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan oleh kucing.

6. Menjaga Kesehatan Kucing

Untuk menjaga kesehatan kucing Anda, Anda bisa memberikan vitamin kucing setiap hari setelah makan pagi. Sementara untuk menjaga kesehatan kucing terhadap penyakit-penyekit tertentu Anda bisa memberikan vaksinasi:

  • Vaksinasi Tricat (Feline Panleucopenia, Feline Rhinotracheitis, Feline Calicivirus). Diberikan pada saat kucing berumur 8-10 minggu dan pada saat kucing berumur 12-14 minggu. Harga vaksin: Rp 80.000,- – Rp 150.000,-/Rp 200.000,-
  • Vaksinasi Tetracat (Feline Panleucopenia, Feline Rhinotracheitis, Feline Calicivirus, Chlamydia). Diberikan pada saat kucing berumur 8-10 minggu dan diulangi pada saat kucing berumur 12-14 minggu. Harga vaksin: Rp 170.000,- – Rp 200.000,-
  • Vaksinasi Rabies. Diberikan untuk kucing berumur 20 minggu. Harga vaksin: Rp 30.000 – Rp 100.000

Gunakan Cat-Bag untuk membawa kucing kesayangan Anda pergi ke dokter hewan agar ia tidak stres saat berada di jalan. Mungkin pada awalnya akan terasa repot namun lama kelamaan saya yakin Anda akan terbiasa. Selamat memelihara kucing ras di rumah dan nikmati kelucuan-kelucuan dan kegembiraan karenanya.

Selanjutnya...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari tiptipseru.com?
Daftarkan e-mail Anda di bawah ini
dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

Delivered by FeedBurner