Tips Cerdas Memilih Makanan Alami Terbaik Untuk Kesehatan Penglihatan (Mata)

Jaga indra penglihatan dengan memberikan perlindungan dari dalam tubuh anda.

memilih makanan alami untuk menjaga kesehatan mata“Sehat tidak harus dengan mengunjungi dokter secara teratur. Mangonsumsi makanan yang secara klinis terbukti baik untuk kesehatan mata, juga salah satu cara untuk menjaga mata anda agar selalu sehat, ” kata dokter spesialis mata dari rumah sakit mata AINI, dr. Anggun Rama Yudhanta, Spm.

Makanan-makanan tertentu yang anda konsumsi, tambah Anggun, memberi perawatan terhadap pengelihatan (mata) dari dalam tubuh anda. Dari buah-buahan, avocad, jeruk, papaya dan kiwi bisa menjadi pilihan. Dari jenis sayuran, tiga hal dibawah ini bisa menjadi pilihan anda

Sayuran Hijau Gelap

Sayuran hijau gelap kaya akan antioksidan, Lutein dan zeaxanthin.


“Dua antioksidan tersebut merupakan pigmen yang membantu mencegah degenerasi makula (bintik kuning pada mata), yang dapat menyebabkan kebutaan,“ kata Anggun.

Lutein bisa ditemukan dalam bayam, slada, dan brokoli. Sementara itu, zeaxanthin ada pada kale (borecole) dan bayam.

Sayuran Oranye

Menurut penelitian yang dilakukan di University of Maryland Medical Center, orang yang mengonsumsi banyak sayuran orange – yang kaya vitamin A, seperti wortel segar dan ubi jalar, memiliki risiko katarak lebih rendah. Tingginya kandungan Betakaroten dalam wortel juga membantu meningkatkan kejernihan mata, mencegah terjadinya rabun senja, dan memperbaiki pengelihatan yang lemah

Paprica

Sayuran ini mengandung 2 jenis vitamin yang berperan penting bagi kesehtan mata, yaitu vitamin A dan vitamin C. Vitamin A dapat mencegah terjadinya degenerasi makula. Sedangkan vitamin C dapat membantu mencegah terjadinya katarak.

Hindari MSG!

Untuk mencegah turunnya kamampuan pengelihatan Anda, ada baiknya Anda menjauhi makanan dengan gula berlebih dan MSG (monosodium Glutamat atau asam glutamat). MSG mengandung Neurotoxin yang bisa menyebabkan glukoma, yang menyebabkan indera pengelihatan Anda makin menurun.

Selanjutnya...

Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari tiptipseru.com?
Daftarkan e-mail Anda di bawah ini
dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

Delivered by FeedBurner