Tips 9 Strategi Anti Miskin Untuk Menjaga Kondisi Keuangan

Bukan hanya bank dan perusahaan saja yang mesti punya dana cadangan. Atas nama kesejahteraan dan kestabilan keuangan, anda pun juga wajib memilikinya.

tiptipseru strategi anti miskin untuk keuangan andaHidup memang tidak pernah bisa ditebak. Siapa yang bisa menolak datangnya musibah? Suka atau tidak kita memang dituntut untuk siap dan mampu untuk mengatasinya. Bagaiman caranya? Ubah sudut pandang anda. Sah-sah saja kok jika tujuan anda mencari dan mengumpulkan uang supaya kaya, tapi jangan lupa, kumpulkan juga dana penyelamatan atau dana cadangan untuk mengantisipasi kejadian darurat, khususnya yang menyebabkan kerugian keuangan/finansial.

Menurut Mike Rini Sutikno, CFP, konsultan perencana keuangan dari Mike Rini & Associates – Financial Counseling & Education, dana cadangan memang diperlukan saat terjadi kondisi darurat.

“Dana ini sangat menolong. Katakan saja tiba-tiba anda terkena PHK. Dana ini setidaknya dapat mencukupi kebutuhan dasar hidup anda hingga keadaan kembali normal. Dana cadangan dapat anda alokasikan sebesar 3 sampai 6 kali pengeluaran per bulan. Tapi jika kondisi pekerjaan Anda berisiko besar, maka sebaiknya jumlah dana cadangan ditingkatnya menjadi 12 kali pengeluaran per bulan, “ ujar Mike.


Ada sejumlah opsi yang bisa Anda jadikan pilihan untuk membentuk dana cadangan, sebagai strategi anti miskin anda, seperti:

#1 Melakukan Setoran Rutin Bulanan dari gaji ke tabungan atau deposito bank.

#2 Mengambil pinjaman tanpa bunga ke sumber perorangan terbesar kebutuhan dana cadangan. Simpan ke tabungan atau deposito. Selanjutnya, bayar pinjaman dengan mencicil sampai lunas pada jangka waktu tertentu.

#3 Membeli Emas (koin atau batangan) sebesar sejumlah dana cadangan yang dibutuhkan dan disimpan dalam safe deposit bank (SDB).

#4 Membeli Asuransi Jiwa yang memiliki nilai tunai (Asuransi jiwa dwi guna, whole life, unit link). Jika sudah terakumulasi, nilai tunai tersebut bisa digunakan untuk dana talangan darurat sewaktu-waktu.

Dan untuk memudahkan Anda, strategi pengelolaannya adalah:

#1 Agar disiplin menabung, gunakan system auto debet dari rekening gaji ke rekening dana cadangan. Jangan lupa! Jika Dana cadangan sudah terkumpul, hentikan auto debet-nya.

#2 Pisahkan antara rekening gaji dengan rekening dana cadangan agar tidak tergoda memakainya untuk belanja.

#3 Tempatkan dana cadangan ke produk keuangan yang likuid dan aman, agar mudah dicairkan kapan saja tanpa kena penalty dan tidak kehilangan nilai pokoknya.

#4 Jika dana cadangan terpakai, isi kembali, baik sekaligus atau bertahap. Jika kuota nya tercapai, hentikan setorannya. Begitu terus selanjutnya. Dana cadangan tidak perlu terlalu besar, cukup dialokasikan sesuai dengan kebutuhan saja.

#5 ‘Start small’. Mulailah dengan jumlah setoran yang tidak memberatkan. betapapun kecilnya, ini lebih baik daripada tidak memulai sama sekali. Ketika anda sudah terbiasa menabung, maka menaikkan jumlah setoran dana cadangan tidak terlalu berat buat anda.

Selanjutnya...

Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari tiptipseru.com?
Daftarkan e-mail Anda di bawah ini
dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

Delivered by FeedBurner