Tips Cerdik Mengenali 6 Jenis Alarm Tubuh untuk Kesehatan

mata kedutan cegukan kram kesemutanPernah mengalami kedutan, cegukan , kram atau telinga berdenging? Meski tergolong ringan, sebaiknya tanda-tanda itu jangan diabaikan. Lupakan anggapan bahwan bahwa bila kelopak mata kanan atas kedutan artinya akan mendapat rejeki, atau jika telinga berdenging berarti ada orang yang sedang membicarakan Anda. Pasalnya kedutan atau telinga berdenging merupakan pertanda bahwa tuuh Anda sedang mengalami gangguan. Begitulah, penjelasan ilmiah dr. Karen Wolfe, penulis buku Create The Body Your Soul Desire. Sayangnya, kita seringkali mengabaikan tanda-tanda tubuh tersebut. Padahal, meski gangguan tersebut tergolong ringan, Anda disarankan untuk tidak mengabaikannya. Bukankah gangguan ringan yang tidak segera diatasi bisa menyebabkan masalah lebih besar di kemudian hari? Berikut ini tiptipseru.com akan berbagi Tips cerdik bagaimana mengenali 6 jenis alarm tubuh untuk mengantisipasi gangguan kesehatan Anda:

#1 Menguap Melulu

Kita selalu mengartikan menguap berarti pertanda kantuk datang. Padahal, jika Anda menguap terus hingga mulut Anda rasanya lelah karena terus terbuka lebat, sudah bukan pertanda Anda ingin tidir. Menguap tersu adalah sinyal dari alam bawah sadar bahwa tubuh Anda kurang bergerak. Coba deh, cermati, biasanya Anda akan menguap terus saat bekerja di depan computer dengan serius, lebih dari 5 jam. Iya kan? Terlalu sering menguap ini juga bisa menadakan bahwa jumlah oksigen di dalam otak Anda sedang menurun. Nah, kondisi ini perlu Anda waspadai. Pasalnya, kirang oksigen di otak bisa menurunkan tingkat kewaspadaan serta konsentrasi kita terhadap pekerjaan. Yang bisa dihadapi saat menghadapi sitasi ini adalah menggerakkan tubuh Anda. Cobalah berjalan sejenak ke taman, mengunjungi rekan kerja di ruang seeblah atau ke toilet untuk menyegarkan diri.

#2 Kedutan

Gerakan tak sadar ini sering terjadi pada mata dan alis. Namun, tak jarang bagian tubuh  lain, seperti daun telinga, kelopak mata, dan telapak kaki, juga mengalaminya. Ingat jika Anda berjalan seharian memakai high heels? Di malam hari atau mungkin keesokan harinya, kaki Anda pasti akan mengalami kedutan. Kedutan sebenarnya pertanda bahwa tubuh kita kurang beristirahat atau bahkan kurang tidur. Para pakar kesehatan pun sepakat, 99% kedutan pada mata disebabkan karena tubuh didera stress dan lelah yang amat sangat. Yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan kedutan pada mata dan bagian tubuh lainnya hanyalah membiarkan tubuh kita berisitirahat. Kedutan pada mata bisa Anda atasi dengan mengompres mata menggunakan air hangat selama beebrpa saat. Sementara kedutan pada kaki, bisa dikurangi dengan megnankat kaki lebih tinggi saat berisitrahat dan selingi penggunaan high heels dengan flat shoes atau hak yang lebih rendah.


#3 Kaki Kram

Ini bisa kita alami saat menggeliatkan (meregangkan) tubuh di malam atau pagi hari? Nah, jika dalam beberapa hari belakangan, And sering mengalamai kaki kram, sebaiknya Anda waspada. Hal ini menandakan bahwa tubuh Anda sedang mengalami dehidrasi kekurangan kalsium(Ca) dan magnesium (Mg). Kram sendiri merupakan kontraksi otot yang memendek atau kontraksi sekumpulan otot yang terjadi secara mendadak dan singkat sehingga menimbulkan nyeri. Namun , saat kram muncul, Anda jangan panik. Tarik saja bagian yang kram ke arah berlawanan secara perlahan. Tahan posisi tersebut selama beberapa detik hingga ketegangan pada otot mengendur. Setelah sakit reda, lakukan pemijatan sekitar 5-10 menit di area kram untuk mengendurkan otot sekaligus memberikan kehangatan. Untuk mencegah kram tidak kembali terulang sebaiknya Anda minum air putih lebih banyak. Susu berkalsium juga sangat disarankan untuk dikonsumsi.

#4 Cegukan

Anda mengalami cegukan padahal tidak sedang makan apa pun? Ternyata cegukan tidak hanya terjadi jika kita tersedak sesuatu atau memakan makanan yang terlalu panas atau dingin sehingga terjadi regangan langgung di lambung. Cegukan juga bisa desebabkan saat cuaca di sekitar kita berubah secara mendadak dari panas ke dingin atau sebaliknya, minum alkohol, merokok dan stress. Mengapa ini bisa terjadi? Saat stress, tubuh melepaskan hormone stress ke dalam aliran darah, kemudian merangsang serat saraf secara berlebihan. Akibatnya, terjadi kontraksi otot secara tak sadar yang terletak di dekat pita suara sehingga menimbulkan bunyi cegukkan. Cegukan kategori ringan biasanya akan hilang sendiri setelah 1-2 jam. Namun, jika ingin segera meredakannya, Anda bisa menelan sedikit gula pasir yang bisa menstimulir ujung saraf di balik kerongkongan sehingga menghambat impuls saraf lainnya dan meredakan cegukan. Anda juga bisa minum air hangat atau tidur berbaring dengan kedua lutut ditekuk ke arah perut. Cara lain, Tarik dan buang napas ke dalam kantong atau kertas tertutup selama kurang lebih satu menit. Hidung dan mulut masuk ke dalam kantong tersebut. Tujuan utnuk menahan dan meningkatkan CO2 (carbodioxide), sebab menurunnya CO2 dalam darah juga bisa menyebabkan cegukan

#5 Kesemutan

Lama duduk bersila, ketika bangun kaki terasa kesemutan, nyeri dan kaku. Keluhan ini sangat umum dialami hingga dianggap sebagai sesuatu hal normal. Padahal meski tidak menyebabkan sesuatu yang fatal, kesemutan bisa menjadi pertanda adanya gangguan pada fungsi saraf atau aliran darah. Untuk mengatasi kesemutan memang tidak sulit. Anda bisa memijat atau melepaskan bendungan yang menjadi penghambat aliran darah. Bisa juga dengan menggerak-gerakan bagian yang kesemutan secara perlahan atau mengonsumsi vitamin B1, B6 dan B12 untuk mengembalikan fungsi saraf sehingga kesemutan hilang. Namun, ada gejala-gejala yang perlu Anda cermati setelah bagian tubuh digerakkan. Semula kesemutan hanya dialami sebagian kecil organ tubuh tapi kemudian merambat ke bagian yang lebih luas. Awalnya kesemutan hanya terjadi sekali-sekali, tapi menjadi sering. Atau bila kesemutan menjadi rasa kebal, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Kesemutan jenis ini merupakan gejala penyakit serius. Beberapa gangguan kesehatan serius yang ditandai gejala kesemutan di antaranya:

  • Diabetes Militus (Kencing Manis) dengan gejala telapak kaki terasa tebal, kadang panas, kesemutan di ujung jari terus menerus disertai rasa nyeri seperti ditusuk-tusuk terutama pada malam hari.
  • Carpal Tunnel Syndrome (CTS) dengan gejala ujung jari tangan kanan kesemutan, kemudian berkembang menjadi rasa tebal saat digunakan beraktivitas. CTS bisa menjadi gangguan lebih serius bila didiamkan cukup lama, misalnya sampai 1-2 tahun
  • Rematik juga bisa menimbulkan kesemutan dan rasa tebal. Ini disebabkan saraf sendi terjepit. Kesemutan karena rematik akan hilang bisa rematik sembuh
  • Infeksi Tulang Belakang. Dengan gejala kesemutan yang didahului flu berat. Kesemutan yang dirasakan akan menghebat naik dari ujung kaki sampai ke pusar (perut tengah). Penyebabnya adalah virus cytomegalovirus (CMV)

 

#6 Telinga Berdenging

Istilah medisnya tinnitus (berdenging) ini sebenarnya bukan penyakit, tapi gejala awal yang dapat menyebabkan berkurang atau hilangnya pendengaran. Penyebabnya, terjadi kerusakan sel-sel pendengaran. Meski tak sampai mengganggu penampilan, telinga berdenging bisa menimbulkan ketidaknyamanan serta menghilangkan konsentrasi saat beraktifitas. Kerusakan sel-sel pendengaran bisa disebabkan pertambahan usia sehingga mengurangi pendengaran. Telinga mengalami trauma sehingga terjadi pengikisan kemampuan pendengaran. Itu sebabnya sangat tidak disarankan  terlalu sering mendengar suara keras dalam periode lama. Terjadinya kelebihan cairan telinga karena infeksi telinga atau menderita tekanan tinggi. Telinga berdenging juga bisa disebabkan terlalu banyak minum alkohol dalam waktu lama, penggunaan obat tertentu dalam waktu lama, seperti aspirin, obat malaria, obat kram kaki, antibiotic dan obat anti radang. Biasanya bunyi-bunyian yang mengganggu akan hilang setelah konsumsi obat dihentikan. Gangguan pada rahang atau terjadinya perubahan pada tulang telinga juga bisa berdampak pada pendengaran. Untuk mengatasinya, selain harus menghindari faktor pencetus disarankan menghindari stress, karena stress bisa memperburuk tinnitus.

Selanjutnya...

Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari tiptipseru.com?
Daftarkan e-mail Anda di bawah ini
dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

Delivered by FeedBurner