Tips Perjalanan Murah Liburan ke Eropa yang paling Seru!

tiptipseru.com tips murah perjalan seru ke eropa seruBenua Eropa bisa dijadikan sasaran petualangan. Berlibur sebentar juga bukan halangan buat menikmati keindahan benua Eropa, bila tidak mendapatkan liburan sebulan penuh. Persoalannya untuk sebagian backpacker adalah “Kecukupan Dana yang tersedia”. Apakah kita yang hanya memilik tabungan pas-pasan bias menikmati liburan ke Eropa?Emmm…tenang saja, hal itu biasa diakali dengan sejumlah tips yang akan di-share oleh tiptipseru.com berikut ini:

Waktu.

Dimana ada penanggalan merah dan libur masal, saat itu orang orang tergerak untuk membelanjakan waktu liburnya. Hukum pasar pun berlaku, “supply and demand” yaitu demand meningkat dan harga pun meroket. Pesan tiket jauh-jauh hari lewat reservasi online bisa mengeuntungkan, tapi ingat perhitungkan hari libur atau cuti yang bakal didapat. Jangan sampai last minutes prmohonan cuti ditolak dan tiket tidak bisa di refund.

Tiket.

Reservasi online penerbangan budget airlines (low cost carrier) paling mantab saat ini. Bila pesan jauh-jah hari berpeluang mendapat tiket harga murah, tapi tiket macam ini biasanya tidak bisa di refund. Paling banter tukar destinasi dan mesti bayar semacam denda atau penalty. Refund berlaku bila pesawat tidak jadi terbang dan tidak ada pesawat pengganti di hari yang sama. Selain LCC, terbang denganmaskai non-budget belum tentu “mencekik leher”. Coba browsing situs reservasi tiket online atau tanya langsung ke travel agent yang menyediakan tiket GV-2, GV-4 dan seterusnya, artinya tiket diberi harga lebih murah bial Anda membeli tiket ntuk 2 penumpang (GV-2), sekaligus atau sekian orang sekaligus, sesuai angka dibelakang kode “GV”, tapi pilihan ini tidak dianjurkan bagi penikmat solo backpacking, buat menghindari “carai berai di jalanan”. Kecuali memang sudah janjian bepergian sendiri-sendiri, tapi patungan beli tiket GV-2 untuk sarana penghematan semata. Beberapa informasi valid menyatakan bahwa pesan tiket pesawat ke Eropa dari Singapura, via biro perjalanan di Singapura, selisih harganya lumayan banget, apabila dibandingkan dengan pemesanan dari Indonesia


Destinasi.

Bila hari libur terbatas, waktu berkunjung juga perlu disiasati tapi jangan hanya menjadi trailblazer (datang-lihat-pergi tanpa kenangan!). Nah, untuk mencegahnya ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

Pelajar Peace diri Anda (contohnya: perlu berapa lama menikmati suatu kota, berapa lama menghabiskan waktu di suatu museum, berapa lama berjalan kaki dari satu titik ke titik yang lain, perlu berapa lama mengenali landmark kota serta membaca peta) hingga bisa dipahami dalam satu hari Anda kaan menghabiskan waktu di berapa tempat.

Be Your Self. Pergilah atau datangi tempat-tempat yang paling Anda inginkan. Jangan pergi ke London hanya karena teman-teman bilang, “Di kota ini night life-nya paling asyik!” karena deretan gedung kuno sepanjang Sungai Thamas di London pun bisa ‘membius’Anda , kala Anda gemar menikmati segi arsitektural suatu kota.

Berangkatlah denga Ide Orisinal dan kumpulkan daftarnya. Contohnya (berdasar pengalaman kami): kota tercantik di Eropa Timur (Praha, Budapest, St Petersburg), Kota klasik di Eropa Barat (London, Roma, Paris, Berlin), Kota Tepi Pantai, Kanal dan pulau terindah di Eropa (Vanezia, Cinque, Tere, Santorini) dan seterusnya.

Hitung Jarak antara satu dengan yang lainnya di peta dan tentukan rute yang paling realistis berdasarkan lama waktu liburan.

Akomodasi.

Ada uang , Ada Rupa. Seberapa besar uang yang dibayrkan, senilai itulah kamar yang Anda dapatkan. Biasanya di Eropa, makin dekat lokasi penginapan dengan obyek wisata dan berada di jantung kota, makin mahal pula harganya. Dormitory merupakan pilihan jitu buat berhemat, bahkan menjadi bagian dari romantika backpacking. Dormitory tersedia berdasarkan gender serta campuran (co-ed/mixed dorm). Fasilitasnya bisa berbeda, tergantung kebijakan pengelolanya. Seperti bunk bed (tempat tidur), dilengkapi sprai dan selimut, kamar mandi communal ada di tiap kamar atau di luar kamar, disediakan sarapan atau sekedar dapt untuk memasak sendiri. Sebagai perbandingan, biaya akomodasi dormitory, tiptipseru.com coba pilihkan harga destinasi beberapa benua:

  • Singapura SGD20
  • Macau HK$80
  • Kowloon HK$160 – 300
  • Bankok BHT250
  • Vanezia USD46
  • Edinburgh USD24
  • Wina Austria Euro17

Eurail Pass. Kalau di Singapura dikenal dengan Singapore Ticket Pass (STP) sebagai tiket sakti keliling negara Singapore dengan murah, efektif, efisien dan praktis, maka di Eropa dikenal Eurail Pass Ticket (EPT). Tiket ini bisa dipakai di dalam kota maupun antar negara di Eropa, baik untuk kereta, Kapal Ferry di Swiss, dan perhau motor di Vanezia. Tiket ini bisa dibeli via Biro Perjalanan di tanah air. Kalau usia Anda belm mencapai 25 tahun, Anda bisa memilih jenis Eurail Youth Pass, yang harganya jauh lebih murah daripada harga umum. Sementara kalau Anda sudah berusia di atas 25 tahun, pilih kereta kelas 2 saja, sudah cukup mewah, kok!

Budgeting.

Ini hal yang paling krusial saat rencana liburan sudah dicanangkan. Buat mengehmat, carilah beberapa pos pengeluaran yang bisa direduksi dan dikurangi. Contoh:

Memilih penginapan sedikit di luar jantung kota, bisa dapat harga miring. Atau ingin lebih berhemat lagi? Coba browsing ke www. couchsurfing . com, situs yang menyediakan prasaran menginap gratis di kediaman penduduk setempat. Tentu misalnya tas sebatas bermalam, tapi juga sarana penukaran kebudayaan, pertemuan serta hubungan antar bangsa.

Menyiasati jarak antar kota atau negara dengan bermalam di kereta. Hingga paginya bisa langsung jalan lagi ke tempat wisata berikutnya. Contoh: Kereta SNCF dari Bruxelles/Brussel (Belgia) ke Milan (Italia) yang dilengkapi couchette alias tempat tidur.

Memilih makanan dari kedai pinggir jalan (bukan café). Makin simple layanan sajinya (tanpa waitress, tanpa perlu memberi tips, tanpa kursi), harganya makin murah.

Cermati biaya hidup daerah tujuan wisata. Kawasan Eropa Barat – apalagi Inggris yang ada di pulau teresendiri- serta negara-negara Skandinavia terkenal sebagai ‘Raja Mahal’, sementara negara-negara Eropa Timur tergolong lebih realistis. Sebagai perbandingan, budget per harinya adalah sekitar Euro50-80 (Eropa Barat), Euro40-60 (Eropa Timur) dan Euro70-90 (Skandinavia).

Jeli menekan pengeluaran. Kalau Anda masih kuliah, jadi dosen atau guru, mitalah surat keterangan dari kampus yang menyatakan Anda masih berstatus mahasiswa. Lalu urus kartu mahasiswa internasional, atau International Student Identity Card, yang bisa diurus di PACTO atau STA Travel (www . statravelgroup . com) yang beralamat di Menara BDN Tower, 11th floor, Jl. Kebon Sirih 83, Jakarta. Tiket ini bisa dipakai untuk mendpatkan tiket gratis masuk museum, galeri, diskon tiket nonton fil dan pertunjukan apa saja! Lumayan bukan?!

PENTING! Jangan lupa, siapkan tabungan cukup di Bank, karena pihak kedutaan akan meminta bukti keungan paling up-to-date dari si pemohon visa. Sebuah aturan yang tidak bisa ditawar-tawar. Serta uang fiscal dan airport tax.

Selanjutnya...

Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari tiptipseru.com?
Daftarkan e-mail Anda di bawah ini
dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

Delivered by FeedBurner