Tips Lengkap Memaksimalkan Minuman Jus untuk Kesehatan

tiptipseru manfaat jus juicer untuk kesehatanWarna jus yang cerah selalu berhasil menggoda mata. Tak hanya sebagai pelepas dahaga, jus punya banyak manfaat istimewa, dari mulai menjagakesehatan, antioksidan hingga detoksifikasi. Tinggal bagaimana cara kita bisa memaksimalkan jus tersebut menjadi suatu minuman yang berguna untuk kesehatan tubuh kita.

Juicer vs Blender

Cara apapun yang dipilih, disantap langsung atau dibuat jus, keduanya sama baiknya. Namun, buah dan sayur yang diolah menjadi jus memiliki keunggulan yang tidak bisadidapatkan saat memakannya dalam bentuk utuh, seperti nutrisi yang mudah diserap oleh sistem pernceranaan, sehingga energy tubuh lebih terjaga dan cepat menghasilkan energy baru. Asal dioleh dengan cara tepat, Anda juga tidak perlu khawatir kandungan nutrisinya akan berkurang. Ada 2 alat yang bisa digunakan tunuk mengeolah buah dan sayur menjadi jus, yaitu juicer dan blender. Kedua alat ini memiliki fungsi yang sama, tapi memiliki efek yang berbeda terhadap tubuh. Buah dan sayur yang diproses dengan blender akan terserap usus dalma waktu 20 menit. Sedangkan buah dan sayur yang dioleh dengan juicer, nutrisinya akan lebih lama tersimpan dalam tubuh, karena akan terserap oleh usus sekitar 18 jam. Jadi dalam hal ini juicer lebih baik. Sebab, yang dihasilkan dari proses ini adalah sari buah atau sayurnya saja, yang nilai gizinya sangat tinggi. Sementara bila diproses menggunakan blender, yang dihasilkan tak hanya sari buah atau sayur, tapi juga ampas dan bijinya. Meski begitu banyak penelitian yang menunjukkan bahwa serta yang terdapat dalam ampas juga bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu, jus tanpa serta yang dminum langsung juga dapat menimbulkan ketidakseimbangan kadar gula dalam darah.

Jus Segar vs Kemasan

Manfaat terbaik dari jus bisa didapat dengan mengeolahnya sendiri. Selain kebersihan dan kesegarannya lebih terjamin, nutrisi yang terkandung dalam jus juga lebih terjaga dan bebas dari zat-zat kimia yang justru berbahaya bagi tubuh. Namun, tak jarang keterbatasan waktu membuat banyak orang memilih jus dalam kemasan untuk dikonsumsi. Apalagi, kini semakin banyak produk jus kemasan yang ditawarkan dengan beraneka macam rasa dan harga. Sesekali sah-sah saja bila Anda mengonsumsi produk jus kemasan tersebut. Asal Anda memerhatikan beberapa hal berikut:


1. Pilihlah yang mencantumkan 100% buah asli. Jangan pilih yang mengandung bahan pewarna atau perasa imitasi.

2. Pengemasan harus steril. Yang paling baik dipanaskan dengan suhu tinggi dalam waktu 1-2 detik. Teknik ini dikenal dengan nama Ultra High Temperature (UHT). Mekanisme ini lebih baik karena vitaminnya tidak banyak terbuang.

3. Kemasan harus kedap sinar dan udara agar tidak merusak kandungan vitamin yang ada dalam jus kemasan tersebut

4. Tak kalah penting pilih tanggal kadaluwarsa yang masih berlaku hingga 6 bulan ke depan. Karena, semakin dekat tanggal kadaluwarsa, kandungan nutrisinya semakin berkurang.

Tips Mencuci dan Menyimpan Jus

1. Rendam buah dan sayur dalam campuran garam dan lemon selam 10 menit, kemudian cuci di bawah air mengalir

2. Rendam buah dan sayur dengan air matang selama 5-30 detik

3. Simpang jus dalam freezer selama 15-30 menit. Bila disimpan dalam lemari pendingin, jus akan bertahan selama satu sampai 3 hari

Tips Mengonsumsi Jus

1. Segera minum Jus sesaat setelah dibuat, karena nutrisi jus cepat menguap dan akan mulai membusuk ketika bersentuhan dengan udara.

2. Sebaiknya minum jus dalam keadaan perut kosong atau sebelum makan, agar lebih cepat diserap tubuh karena belum ada makanan lainnya.

3. Jangan terlalu banyak mencampurkan jenis buah dan sayur. Semakin sedikit makin baik rasanya.

4. Anda bisa menambahkan madu untuk memberi rasa manis. Atau tambahkan jus apel yang merupakan pemanis alami.

5. Untuk buah dan sayur yang cepat berubah warna, tambahkan perasan jeruk nipis yang dapat memperlambat proses pemudaran warna tersebut.

Selanjutnya...

Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari tiptipseru.com?
Daftarkan e-mail Anda di bawah ini
dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

Delivered by FeedBurner