Tips Kreatif Membuat Perangkap Nyamuk yang Murah dan Efisien!

cara kreatif membuat obat pengusir nyamuk secara mandiri

Berbagai obat pengusir nyamuk dijual di toko-toko besar, mulai dari yang berbentuk cairan, batangan ataupun gelombang frekuensi. Rata-rata harga jualnya tinggi dan operasionalnya juga tidak murah. Obat (pengusir) nyamuk model oles juga banyak dijual di pasaran, namun setelah berkeringat, kena air atau beberapa jam pemakaian, nyamuk akan dating lagi kepada kita. Obat nyamuk bakar juga banyak dijual di pasaran. Rata-rata setelah masa inkubasinya habis, nyamuk datang lagi. Artinya, nyamuk tidak dapat mati atau dengan kata lain komunitas barunya terangsang untuk datang kembali. Nyamuk selalu mengganggu tidur kita. Jadi, disemprot, diasapi atau disetrum memakai raket kawat, komunitasnya akan datang lagi setelah aktivitas manusia berhenti. Untuk itu, supaya mereka kapok, berikut ini tiptipseru.com akan memberikan tips kreatif bagaimana membuat perangkap nyamuk yang murah tapi efektif agar mereka tidak berkeliaran, dengan menggunakan teknologi tepat guna yang aman, alami dan bahan-bahan (bekas) yang mudah didapat:

1. Siapkan bahan-bahan berupa: botol air mineral ukuran 1,5 liter, 200 ml air, 50 gram gula merah, 1 gram ragi yang dapat dibeli di toko makanan kesehatan, warung dan pasar.


2. Setelah bahan-bahan tersebut terkumpul, kita bisa mulai membuatnya. Potong botol plastik air mineral di bagian tengah, simpan bagian atasnya (mulut botol).

3. Campurkan gula merah dengan air panas. Biarkan hingga dingin dan kemudian tuangkan di separuh bagian potongan bawah botol air mineral tersebut. Lalu, tambahkan ragi, namun tidak perlu diaduk. Hal ini akan berfungsi menghasilkan karbondioksida (CO2). Karena pada dasarnya, nyamuk suka CO2 yang dihasilkan dari hasil fermentasi. Sebagaimana kalau kita berkeringat, aroma keringat yang menguapkan CO2 akan mengundang nyamuk untuk datang. Sehingga begitu campuran gula dan ragi menghasilkan CO2, maka nyamuk akan menyukainya dan datang untuk langsung menyerbu sumber produksi CO2 dan mereka pun akan terperangkap di dalam botol.

4. Pasang/Masukkan potongan botol air mineral bagian atas ke botol air mineral yang telah terisi campuran gula merah, air dan ragi, dengan posisi terbalik, sehingga berbentuk seperti corong. Bungkus botol dengan sesuatu yang berwarna hitam, kecuali bagian atas. Lalu letakkan di beberapa sudut rumah Anda.

5. Biarkan botol perangkat nyamuk tetap di tempatnya selama seminggu. Kita akan melihat seberapa banyak nyamuk-nyamuk terperangkap di dalam botol tersebut. Untuk mengantisipasi datangnya semut karena adanya gula merah disana, maka perletakannya harus didahului dengan menaburkan kapur anti semut atau letakkan cawan berisi air di bagian bawahnya.

Demikian selamat mencoba!

Selanjutnya...

Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari tiptipseru.com?
Daftarkan e-mail Anda di bawah ini
dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

Delivered by FeedBurner