Tips Aman Melihat Fenomena Gerhana Matahari Total 2016

tips aman melihat gerhana matahari total 2016Gerhana matahari terjadi saat bulan menghalangi cahaya matahari yang mencapai bumi. Saat peristiwa ini terjadi, matahari, bulan, dan bumi berada dalam posisi sejajar dan karena matahari 400 kali lebih jauh dari bumi daripada bulan, juga 400 kali lebih besar dari bulan, matahari dan bulan tampak hampir sama besar dari sudut pandang langit kita. Gerhana matahari dapat diamati sebagai gerhana total atau sebagian tergantung pada apakah Anda berada di “umbra” atau tidak, tempat bayangan bulan menabrak titik kecil bumi. Bagi orang lain, gerhana tampak sebagian karena mereka berada di “penumbra”, atau bagian luar dari umbra. Waktu berlangsungnya gerhana total adalah antara beberapa detik hingga maksimum tujuh setengah menit, karena umbra bergerak di sepanjang “Jalur Totalitas”. Ada juga “gerhana annular” saat bulan meluncur di seberang matahari tetapi tidak sepenuhnya menutupinya.

Gerhana matahari total akan melintasi Indonesia pada 9 Maret 2016. Ada 7 (tujuh) kota yang dilewati gerhana matahari total adalah Bengkulu, Palembang, Samarinda, Palu, Tanjung Pandan, Pangkalan Bun, dan Ternate. Selain itu, sejumlah daerah lain di Indonesia bisa menyaksikan gerhana Matahari sebagian, antara lain, Padang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Kupang, Manado, dan Ambon.

Mungkin kamu pernah mendengar bahwa melihat gerhana matahari bisa buta, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya salah. Kita tetap bisa melihat gerhana matahari secara langsung, asal kita mengikuti cara yang aman. Jangan sampai kejadian pada tahun 1983 lalu terulang kembali. Saat itu warga Indonesia begitu ketakutan melihat gerhana matahari total secara langsung, karena dianggap bisa menyebabkan kebutaan. Warga pun hanya berdiam diri di rumah, pintu dan jendela tertutup rapat. Nah, berikut ini tiptipseru.com akan berbagi bagaimana melihat dan sekaligus menikmati fenomena Gerhana Matahari total dengan Aman 2016:


Cari Tempat yang Tepat

Mengenai tempat, para ahli mengatakan tempat yang paling bagus untuk melihat gerhana matahari adalah tanah yang lapang dan tidak terhalang pohon atau benda lainnya. Misalkan lapangan, pantai atau tempat yang tinggi.

Gunakan Filter Matahari dan Alat Khusus

Melihat gerhana matahari dengan kontak mata langsung akan sangat berbahaya. Kamu butuh kacamata khusus berfilter matahari untuk melindungi mata. Kacamata dengan filter matahari mampu meredam hingga 100.000 kali silau matahari, aman dan sangat nyaman. Jadi, jangan gunakan kacamata hitam, film yang diekspos, CD, atau filter lainnya, karena ini semua dapat membahayakan mata kamu. Begitu juga dengan teleskop, kamu harus melengkapinya dengan filter matahari. Ingat, filter matahari harus dipasangkan pada lensa obyektifnya (bukan pada eyepiece-nya!).

“Kalau saya, bilang jauh lebih baik mencegah, tapi kalau yang sudah terlanjur beli tiket dan ingin melihatnya pokoknya, jangan melihat langsung, beli kacamata ultraviolet, atau lihat secara tidak langsung,” ujar Nila Djuwita F.Moeloek, Menteri Kesehatan RI

Tentukan Waktu yang Paling Pas!

Cara untuk melihat gerhana matahari yang aman adalah pada saat matahari perlahan tertutup bulan dan kondisi langit berangsur gelap (gerhana matahari sebagian). Jangan terlalu fokus karena pada saat itu matahari belum semuanya tertutup dan ada sebagian sinar matahari yang masih memancar dengan kuat hingga bisa masuk ke retina mata. Jangan terlalu fokus di sini berarti kamu juga sangat disarankan untuk melihat ke tempat-tempat lain di sekitar kita. Saat matahari sudah tertutup total dan langit menjadi gelap, kamu bisa melepas filter yang melindungi mata. Saat inilah kamu bisa menyaksikan dengan jelas keindahan gerhana matahari. Tetap harus kamu ingat, jangan terlalu terlena melihatnya, karena durasi gerhana matahari ini hanya dalam hitungan menit saja. Saat matahari mulai terlihat, kamu harus memasang filter kembali agar sinar matahari tidak merusak retina.

Selanjutnya...

Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari tiptipseru.com?
Daftarkan e-mail Anda di bawah ini
dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

Delivered by FeedBurner