Tips 5 Langkah Praktis Membangun Rasa Percaya Diri

Tidak ada manusia yang sempurna di muka bumi ini, semua pasti sudah tahu. Tapi tetap saja sulit berdamai dengan diri sendiri tentang semua kekurangan kita. Melihat cewek lain yang terlihat lebih keren dengan setelan hipster dan tanktop, kita sirik bukan main. Lantas kita mulai menyalahkan diri sendiri habis-habisan – menyalahkan paha kita yang terlalu besar, perut yang penuh tumpukan lemak dengan lengan yang berukuran extra large. Percaya deh, kita bukan satu-satunya cewek yang mengalami masalah ini. Tapi tahu nggak, sebenarnya tidak ada yang salah kok, dengan tubuh kita. Kita saja yang suka menilai diri kurang melulu. Coba ubah cara berpikir kita. Mulailah melihat keindahan dan ketidaksempurnaan diri sendiri sebagai modal membangun rasa percaya diri kita. Berikut ini tiptipseru.com akan berbagi Tips 5 langkah praktis membangun Rasa Percaya Diri Kita:

Masih Gagal Juga? Lagi-lagi lamaran kerja kita nggak diterima atau cowok yang kita sukai ternyata naksir sahabat kita. Saat paling sulit dalam hidup kita sebenarnya justru adalah bagian yang paling baik. Yakinlah kalau segala sesuatu bisa kita dapat dengan mudah, kita bakal kurang menghargainya. Setiap kali kita gagal, coba ingatlah kalau semua penemu hebat di dunia juga pernah gagal. Bayangkan berapa kali Thomas Alfa Edison harus gagal sebelum bisa menciptakan lampu pijar atau bahkan berapa tahun, John S.Pemberton penemu Coca Cola berkutat di ruang kerjanya sebelum berhasil menemukan resep tepat minuman paling laris di dunia itu. Jadi, nih, kalau sekarang kita baru gagal sekali dua kali, jangan langsung menyerah, dong! Selagi masih ada kesempatan, coba terus! Kalau pun akhirnya tujuan kita nggak tercapai, yang penting kan usaha kita sudah maksimal. Pepatah jepang kuni bilang, “Di balik setiap kesulitan, pasti ada hal baik yang bisa kita temui.”

Saya Kurang Cerdas…Kulit Saya Nggak Mulus…. Apa pun kekurangan kita, jangan pernah merasa malu, atau berusaha menyembunyikan atau mati-matian memperbaiki. Cara terbaik yang bisa kita lakukan adalah menerimanya. Dengan begitu, kita tidak perlu membuang banyak energy untuk merasa frustasi, marah atau sedih dengan kekurangan kita. Lebih baik kita memakai energy tersebut untuk melakukan hal-hal lain yang lebih positif. Teman kita mengejek karena kita malam minggu-an di rumah saja? Nggak perlu membalas dengan marah-marah atau pura-pura bling pacar kita lagi di luar kota (padahal memang kita lagi jomblo). Bilang saja terus terang, kalau kita memang lagi nggak ada teman jalan dan lebih suka santai di rumah atau sekalian saja minta dia mengajak kita jalan. Kalau kita jujur dengan kekurangan kita, justru kita bkal lebih dihargai. Lihat saja tokoh Bridget Jones yang tetap Pede meskipun tubuhnya gemuk dan rada-rada blo’on namun dicintai semua orang, Bahkan saat terjebak di penjara Thailand, dia disukai semua tawanan. Yang paling seru adalah ketika Bridget bertemu cowok yang benar-benar mencintainya dengan menjadi diri sendiri, lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya.


Orang Lain Lebih Beruntung. Nggak juga. Teman-teman mencap kita kuno karena nggak memakai baju, sepatu dan tas model terbaru merk super mahal. Nggak usah diambil hati. Nyokap bilang kita bakal lebih bahagia dengan cowok yang tajir daripada pacar kita sekarang (yang super sederhana)? Ingatlah, kita yang besok akan menikah, bukan nyokap kita. Setiap kali kita ingin melakukan sesuatu atas saran teman atau sekedar untuk ikut-ikutan, piker dulu baik-baik. Apakah kita benar-benar perlu melakuka kebiasaan tersebut atau tidak. Kalau tidak, batalkan segera. Awalnya mungkin sulit, tapi kalau kita nggak tegas, bakal rugi sendiri. Hari gini, memang sulit banget mempertahankan prinsip kita, tapi bukan nggak mungkin. Satu hal yang harus kita ingat jangan melakukan sesuatu hanya karena orang lain melakukannya juga. Memang sih, mendengar pendapat orang lain itu baik, tapi keputusan terakhir tetap ada di tangan kita. Kita juga yang paling tahu apa yang kita butuhkan. Mungkin pacar kita memang tidak kaya, ganteng dan keren, tapi dia baik, humoris dan cerdas. Kita nggak sempurna, begitu juga orang lain. Pegang teguh prinsip kita dan lihat bagaimana orang menghormati kita. Soe Hok Gie, misalnya. Biar semua orang menginggalkannya karena prinsip dan idealismenya, Gie tidak menyerah dan ikut terbawa arus. Keberaniannya ini membuat Gie dikenang sebagai pemuda yang berkarakter.

Kebiasaan Buruh Saya Parah! Tapi bukan berarti nggak bisa diatasi. Salah satu cara sederhaan yang bisa membantu kita mengurangi kebiasaan buruk adalah membuat mantra kebahagiaan yang membuat kita merasa damai setelah mengucapkannya. Nggak perlu yang rumit-rumit, kok, sederhana saja. Bisa kita ambil dari kata-kata yang paling sederhana tapi artinya dalam banget seperti nama orang yang kita sayangi atau kaya mutiara favorit kita. Contohnya Martin Lawrence di film Bad Boy 2, setiap kali dia bete atau pengen marah, dia akan mengucapkan “Woosha!” Kayaknya sepele, tapi cara ini cukup manjur kok.

Masalah Saya Berat Banget… Saat ini mungkin kita merasa kita adalah orang yang paling malang di dunia. Uang pas-pasan, pacar nggak punya, nganggur lagi. Well, setiap orang pasti punya masalah, tapi dibandingkan orang lain, masalah kita mungkin belum seberapa. Mulailah berpikir positif dan belajar tersenyum. Dengan begitu kita akan merasa lebih baik. Masih sulit? Mulai deh dengan menghitung berkah yang kita punya satu-per-satu, keluarga dan teman-teman yang menyayangi kita, uang dan tabungan di bank yang meski pas-pasan tapi masih cukup. Banyak orang yang nggak beruntung dari kita, jadi bersyukurlah.

Berikut ini adalah mereka yang tidak sempurna tapi selalu bangga dan percaya diri atas potensinya, sehingga hidupnya semakin baik dan semakin baik:

Melly Goeslow. Cewek satu ini nggak hany berbakat, tapi juga berani mengekspresikan diri sendiri, apa adanya. Melly tetap pede tampil beda dari orang lain dan nggak pernah terbawa arus atau mode. Justru itu yang membuatnya unik dan keren”

Tika Panggabean. Berbadan besar nggak bikin Tika minder. Daripada sibuk diet mati-matian. Tika lebih memilih menyalurkan energinya buat hal-hal yang positif. Buktinya dia sukses menjadi entertainer yang paling digemari”

Agatha Christie. Dulunya tidak bisa mengeja kata. Tapi akhirnya dia bisa menjadi salah satu penulis novel paling sukses di dunia”

Walt Disney. Pernah dipecat oleh kantornya karena dinilai kurang bisa berimajinasi. Pada akhirnya dia menjadi orang besar dengan karya imajinasi paling keren sedunia”

Albert Einstein. Pada masa kecilnya dicap sebagai seorang anak yang lemah mental dan terlalu banyak menghayal. Namun, ternyata dibalik itu, dia justru memiliki kejeniusan dalam menemukan rumus terbesar sepanjang sejarah: E= MC2”

Mulai sekarang, sediakan waktu setiap pagi untuk melakukan 3 hal: Tarik napas dalam-dalam, tersenyum dan bilang keras-keras “I am not perfect and proud of it!”

Selanjutnya...

Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari tiptipseru.com?
Daftarkan e-mail Anda di bawah ini
dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

Delivered by FeedBurner