Tips Sukses Memulai Bisnis Pusat Jajan Serba Ada (Pujasera)

Siapa bilang membuka bisnis Pusat Jajan Serba Ada (Pujasera) itu sulit dan memakan modal besar? Jika Anda jeli, sebenarnya modal yang dikeluarkan untuk memulai bisnis ini nyaris nihil, sebab modal utamanya hanyalah menyediakan sebidang ruang kosong untuk disewa para pedagang kaki lima atau para pedagang keliling.

Bisnis ini cocok bagi Anda yang memiliki rumah dengan halaman yang luas. Setelah tempat tersedia, modal yambahan yang Anda keluarkan hanyalah untuk membeli seperangkat alat kursi dan meja panjang dari kayu. Tidak begitu mahal kok biayanya, hanya berkisar ratusan ribu rupiah untuk satu meja dengan bangku panjang berkapasitas 8 orang.

Jika Anda tak puas hanya dengan menyewakan tempat, Anda pun bisa berjualan minuman. Aturannya simple saja, pedagang yang menyewa tempat Anda dibatasi berjualan makanan saja. Tidak mungkin kan, tamu makan tanpa minum? Menjalankan bisnis ini pun tidak sulit. Buatlah masing-masing pedagang yang menyewa lahan Anda berjualan secara independen. Artinya Anda dan para pedagang itu berjualan sendiri-sendiri, mengurus usaha dan keuangan masing-masing, tidak perlu menggunakan system bagi hasil. Toh, Anda sudah menarik uang sewa lahan bulanan dari mereka. Berikut ini tips sukses berbisnis pujasera:


1. Usahakan tidak ada pedagang yang berjualan jenis makanan yang sama.

2. Untuk menghindari tunggakan mintalah uang sewa di muka.

3. Bagi jadwal piket kebersihan antara pedagang secara bergiliran.

4. Buatkah komitment yang disepakati mengenai jam operasi usaha.

“Ide membuka pujasera muncul saat terjadi penggusuran pedagang kaki lima di kawasan Sarinah. Saya sangat enjoy dengan usaha ini,karena jam bukanya yang singkat, yakni hanya saat makan siang para pegawai kantor sekitar tempat usaha saya. Jumlah pengunjung dapat mencapai 100 orang per hari. Dari berjualan minuman saja bisa meraih untung jutaan rupiah setiap bulan, ” ungkap Poppy Demas Soeharto, 35 th, Usahawan Pujasera.

Selanjutnya...

Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari tiptipseru.com?
Daftarkan e-mail Anda di bawah ini
dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

Delivered by FeedBurner