Tips Mengupas Fakta Seputar Imunisasi

Kapan terakhir kali Anda diimunisasi? Psst, ternyata bukan bayi dan balita saja yang butuh diimunisasi. Orang dewasa pun perlu diimunisasi. Setiap orang, termasuk orang dewasa, juga membutuhkan imunisasi atau vaksinasi untuk meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh dalam menangkal berbagai macam penyebab penyakit yang disebabkan infeksi atau bakteri. Berikut ini akan diuraikan fakta-fakta seputar imunisasi tersebut:

1. Imunisasi pada orang dewasa tidak menimbulkan efek gemuk atau memicu jerawat. Namun, bagi penderita keloid (alergi kulit terhadap suntikan), bisa meminta vaksinasi oral, dan vaksin akan membantuk antibody di dalam tubuh selama 2 minggu.

2. Pada sebagian orang, imunisasi memang tidak memberikan efek samping. Namun sebagian kecil lainnya bisa. Reaksinya seperti bengkak dan nyeri di bawah kulit temapt suntikan diberikan, demam, lemah, nyeri otot, sakit kepala, ruam kemerahan tubuh (reaksi sisematik). Namun, reaksi ini akan hilang dalam 24 jam.

Baca Juga:

10 Artikel Tiptipseru.com Paling Populer 2015

3. Sebelum melakukan imunisasi, sebaiknya konsultasikan dul ke dokter. Jika sedang sakit, imunisasi sebaiknya ditunda karena antibody tubuh sedang terpakai. Jika imunisasi tetap dilakukan, dikhawatirkan antibody tidak akan terbntuk dengan baik dan malah bisa menimbulkan penyakit lain di dalam tubuh.

4. Sayangnya, di Indonesia belum ada pedoman khusus imuniasi untuk dewasa yang resmi dari pemerintah. Vaksinnya pun masih terbatas ada Hepatitis A dan B, demam tiroid, meningitis dan influenza.

Selanjutnya...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *