Tips Mengatasi Rasa Tegang Saat Presentasi

Presentasi memang sudah menjadi bagian dari pekerjaan Anda. Namun tidak dapat dipungkiri bila setiapa saat menjelang presentasi di depan klien atau bos, ada rasa tegang yang tidak bisa diusir begitu saja. Berikut ini Tips bagaimana mengatasi rasa tegang saat presentasi:

1. Pengalaman Pertama. Memang segala hal yang pertama selalu bikin gugup. Yang penting, tetap tenang agar materi yang sudah dikuasai tidak menguap. Untuk membantu, pandanglah wajah peserta dengan focus di antara matanya saat melakukan komunikas. Bukan menatap langsung ke mata karena bisa membuat Anda semakin gugup.

2. Di Depan ‘Jagoan’. Peserta presentasi adalah para professional atau petinggi? Santai, jangan terlalu sibuk memikirkan bagaimana membuat peserta terkagum-kagum dengan presentasi Anda. Jangan pula bingung menggunakan teknik apa atau harus mengucapkan kata yang mana. Anggap saja Anda hadir untuk berbagi sesuatu, bukan mengajari mereka sesuatu.

Baca Juga:

10 Artikel Tiptipseru.com Paling Populer 2015

3. Pertanyaan Sulit. Munculnya pertanyaan dari peserta memang tak bisa Anda hindari. Itu pentingnya Anda menguasai materi. Hindari juga perdebatan panjang yang  mudah memancing emosi karena hanya akan membat Anda semakin grogi. Apabila Anda merasa tidak mampu menjawab pertanyaan peserta presentasi.

Selanjutnya...

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *