Tips Sukses Psikotes Penalaran:Soal Deret Gambar

Melanjutkan posting saya sebelumnya tentang Tips Rahasia Lolos Seleksi Psikotes dan berdasarkan permintaan dari beberapa rekan, maka berikut ini akan saya ulas dengan tuntas Tips sukses mengerjakan Psikotes Penalaran : Soal Deret Gambar. Deret Gambar merupakan model soal psikotes yang paling sering Anda jumpai, baik dalam tes seleksi penerimaan pegawai (negeri/swasta), maupun pada tes seleksi masuk mahasiswa program master/S2, yakni pada tahap Tes Potensial Akademik (TPA). Beberapa instansi yang menggunakan Deret Gambar sebagai bagian dari seleksi penerimaan pegawai diantaranya adalah: Bank Mandiri (Officer Development Program), Bank Negara Indonesia 1946, Bank Niaga (Program Pendidikan Eksekutif), Bank Central Asia (Management Development Program), Bank Danamon (Officer Development Program), Bank Pembangunan Daerah, PT Samudra Indonesia Tbk, PT Astra Internasional Tbk (Management Trainee). Sedangkan Perguruan Tinggi yang menggunakan Tes Model Deret Gambar sebagai bagian dari Tes Potensial Akademik (TPA), diantaranya adalah Magister Managemen Universitas Gadjah Mada (MM UGM). Secara umum, tahap ini akan menilai kemampuan Anda tentang : 1) Pemahaman Anda terhadap suatu permasalahan, 2) Kemampuan Anda melakukan analisa permasalahan, 3) Bagaimana kecepatan Anda dalam membuat keputusan. Untuk sukses mengerjakannya, Anda cukup melakukan Tips berikut ini:

1. Tenang & Konsentrasi. Mengingat soal ini memiliki tipe bertingkat, yaitu dimulai dari soal yang paling mudah ke soal yang lebih rumit, maka Anda perlu tenang dan konsentrasi dalam mengerjakannya. Karena ketika anda tidak tenang dan konsentrasi, soal semudah apapun akan terasa sulit dan terasa ‘buntu’ dalam menemukan jawabannya.

2. Ingat Waktu. Deret Gambar terdiri atas lebih kurang 97 buah soal dengan waktu pengerjaan yang relatif pendek. Untuk itu, jangan terpaku pada satu soal yang sulit. Tentukan waktu maksimal yang Anda butuhkan dalam mengerjakan setiap soal, karena terkadang ‘soal sulit’ sengaja dipergunakan untuk mengacaukan konsentrasi Anda dalam mengerjakan Deret Gambar secara keseluruhan. Tinggalkan soal sulit dan segeralah melangkah ke soal berikutnya, jika ada waktu sisa, silahkan Anda ulangi lagi ‘soal sulit’ tersebut.


3. Latihan. “Practice Makes Perfect”. Rasa-rasanya ungkapan tersebut paling tepat untuk menggambarkan bahwa proses latihan akan membuat segalanya menjadi lebih mudah, dan jangan salah, hal ini juga berlaku untuk Psikotes Penalaran : Deret Gambar. Untuk itu, berikut ini adalah link soal lengkap yang dapat download secara cuma-cuma, dalam rangka menyiapkan diri Anda menghadapi Psikotes Penalaran Deret Gambar:

>>Download Soal Psikotes Penalaran : Deret Gambar I (61 Soal)
>>Download Soal Psikotes Penalaran : Deret Gambar II (36 Soal)

23 Comments

  • ada contoh yg lain gak
    aq pernah ikut psikotes di 2 perusahaan yg berbeda. tnyata soalnya sama persis. soal2 tentang gambar juga lebih rumit…..ada yang gabungin gambar ada juga kubus yang di putar2.
    tolong donk di banyakin soal2 tentang gambar thank u

  • Sdr Yovi,
    File-nya sama sekali tidak saya protect dengan password. Namun oleh karena file tersebut berekstensi *.zip (kompresi) maka komputer Anda harus sudah memiliki WINZIP untuk membukanya. Demikian terima kasih

  • diri Anda menghadapi Psikotes Penalaran Deret Gambar:

    >>Download Soal Psikotes Penalaran : Deret Gambar I (61 Soal)
    >>Download Soal Psikotes Penalaran : Deret Gambar II (36 Soal)

    Qo ga ada kunci jawabannya ?????

    -_- ^_^

  • thx a lot buat contoh soal2nya.tp untuk soal deret gambar,ada byk soal yg ga ada jwbannya.yg ada jawabannya,pilihan yg benar dilingkari kan?

    bole minta soal2 yg kubus,pauli,krapelin,test hitung2an(g ga tau apa nmnya) ga?
    japri aja : nicole_bennington@Yahoo.com

    thx a lot.
    regards,
    maria

  • tolong jelaskan dong gimana cara menghadapi tes psikotes menyimpulkan dari gambar pertama kotak besar, gambar kedua kotak kecil, dan gambar ketiga lingkaran……………………….. saya pusing&ngga ngerti cara mengerjakan nya………………………? trims bnyk sblm nya

  • Dear All,
    Cara mengunduh (men-dowload) soal-soal tersebut cukup mudah. Tinggal Anda double click, kemudian Anda akan diminta memasukan verification code, setelah itu tekan tombol download, dan file Anda akan tersimpan di komputer Anda. Cara membukanya, pada komputer Anda harus ada aplikasi WINZIP (karena file tersebut sy compress). Demikian semoga membantu.

  • wat mas admin “tipsanda.com” : terimakasih ats file yang sangat bermanfaatnya itu.sekali lagi saya ucapkan sangat berterimakasih bnyak..
    saya berharap untuk tes selanjutnya adalah tes perputaran kubus, tes soal cerita matematika dan tes IST nya bisa saya temui di website ini juga. mohon bantuanya mas admin untuk memberikan soal tersebut. .. terimakasih banyak mas ya.saya tunggu informasinya.
    email saya: ac_risco@yahoo.co.id

  • Met siang,mas.

    Mau nanya nih, saya pernah menjalani test kecerdasan dengan melengkapi deret gambar. Tapi ternyata saya ngga lolos, padahal menurut saya banyak jawaban yang benar. Saya ingin tau bagaimana sih cara menghitung hasil deret gambar itu? apakah berupa skor atau berupa grafik? kalo ada artikelnya tolong share ya, soalnya saya penasaran juga.. hehehe.. Kalo berkenan balas via email ya,mas.

    Thanks.

  • Dear Redy,
    Terlepas dari hasil tersebut dihitung atau tidak, sebaiknya Anda tidak membohongi diri Anda sendiri. Mengapa? Karena dengan Anda berusaha sekaut tenaga pada tes tersebut, maka tes tersebut otomatis akan mewakili kemampuan Anda dalam dunia kerja yang sebenarnya. Dengan kata lain, pada Dunia kerja yang sebenarnya, Anda akan kuat menghadapi tekanan kerja atau stress yang tinggi sesuai dengan fisik dan mental Anda miliki.

  • siang mas..

    bisa share soal2 tes bank mandiri nggak?alhamdulillah saya dapat panggilan psikotes.tp nanti yang ngetes itu outsource.apa soal2nya sama ya.

    mohon bantuannya ya.

    tq.
    ikodesman@yahoo.co.id

  • mas, sangat berguna sekali tipsnya, beserta soal2 deret gambarnya.
    tpi sayang tidak semu soal ada kunci jawabanya..tolong mas. skalian minta kunci jawaban yg benar?
    terma kasih banyak sangat membanty

  • dear admin

    terimakasih tips dan trik di tipsanda.com bener – bener ngebantu, khusunya tentang deret gambar. meskipun tidak smua ada jawabanya karena bukan jawaban yang saya cari. melainkan gambaran mengenai test tersebut..sekali lagi TERIMA KASIH BANYAK.

    SALAM SUKSES ^-^

  • Dear Fibri,
    Terima kasih atas commentnya. Fibri bisa langsung download dari link yang telah saya sediakan. Demikian terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *