Tips Mengatasi Penyebab Temperatur Mesin Panas

Kadang Anda menemukan masalah bahwa temperatur mesin mobil Anda sangat tinggi (overheat). Perlu diingat bahwa apabila temperatur mobil sudha sangat tinggi, segeralah matikan mesin, karena jika mesin ‘dipaksa’ hidup terus, akan fatal akibatnya. Temperatur mesin mobil panas disebabkan beberapa faktor, salah satunya adalah dari radiator. Faktor lain yang bisa meningkatkan tempertur panas tidak normal adalah karena slang bocor, termostat, fan yang tidak normal dan water pump. Saat akan menjalankan kendaraan di pagi hari, ada beberapa pengecekan yang sebaiknya dikerjakan, antara lain, oli mesin, minyak rem, air di reservoir radiator dan air accu. Berikut ini Tips mengatasi penyebab temperatur mesin mobil naik:

radiator panas

1. Periksa Radiator. Buka tutup radiator dan lihat apakah air dalam kondisi penuh. Apabila kurang segeralah ditambah. jangan lupa periksa tutup, kisi-kisi radiator. Lihat juga apakah radiator bocor atau tidak.

mesin panas

2. Periksa Slang Radiator. Periksa slang radiator dari kemungkinan pecah, klem yang kurang kencang karena akan mengakibatkan temperatur menjadi panas.

tank radiator

3. Periksa Tank Radiator. Periksa air cadangan radiator di penampungan. Apabila kurang tambahan air sampai batas upper dan jika air terlalu kotor segeralah ganti dengan air bersih dan tambah Long Life Cooland.

water pump

4. Periksa Water Pump. Lakukan pengecekan water pump dengan melihat dari bawah kendaraan atau apabila mungkin naikan kendaraan dan lihat pada bagian water pump ada lubang angin di bawah. Periksa apakah ada air yang keluar dari lobang tersebut. Jika ada segeralah ke bengkel untuk dilakukan penggantian water pump baru.

12 Comments

  • Sdr. Ijuk,
    Idealnya adalah 80-90 derajad celcius. Namun, Anda tidak perlu mengukurnya, Anda cukup melihatnya dengan mudah melalui indikator temperatur yang ada pada mobil Anda: apabila sudah berada di sekitar garis tengah (sedikit lebih/sedikit kurang), berarti mesin mobil Anda siap untuk beroperasi.

  • saya punya problem pada mobil lantis,air yang ada di tank radiator apabila dipakai kurang lebih jarak 10 kilo selalu habis padahal kapan hari ku buat luar kota sampai kehabisan air dan mulet mesinnya,kata orang bengkelku radiator buntu tp dah aq service tp kok tetep sama ya,kenapa?

  • aku punya kendala…mobil saya pertama distart ada bunyi jangkrik di tali kipas AC, apa penyebabnya?saya sudah ganti tali kipas…trus temperatur radiator suka naik…pernah saya pake pada jalan lurus dengan hidup AC tiba2 temperaturnya naik…trus AC mobil saya Drop(tidak terasa dinginnya) tiba-tiba temperaturnya kembali normal…yang mau saya tanya apakah penyebabnya…apakah dari radiator atau AC yang bermasalah? tolong tanggapanya…terimakasih

  • Dear Agus,
    Ada banyak faktor yang menyebabkan radiator cepat panas: Karena meningkatkan kinerja mesin (penambahan AC), baling-baling radiator yang mengalami gangguan, radiator kotor ataupun kebocoran radiator. Perlu dilakukan check up radiotor secara lebih detil. Demikian semoga membantu.

  • mobil ford galaxie 1965 saya mengalami masalah pada temperatur, mesin sangat panas padahal baru di hidupkan 1 jam..air di cadangan radiator mendidih..
    paking mesin sdh ganti, klep sdh di stel..water pump di service diganti klahar dan seal (krn barang gak ada yg jual)..radiator sdh service.
    mohon masukan dan arahannya..
    trima kasih..

  • Apakah gejala mesin panas ini terjadi pada saat kecepatan kendaraan dibawah batas wajar atau macet saja? bila ya berarti saya perkirakan ada masalah dengan kipas pendingin radiator yang sudah bekerja abnormal dan silinder kopnya sudah berkendala.. Kalau ini terjadi saya sarankan untuk memanggil mekanik karena ditakutkan silinder kopnya melengkung. Bila dipastikan semuanya diasumsikan kembali normal, biasa di bengkel akan dicheck berupa alat yang bernama termometer air pendingin mesin, karena yang ditakutkabn bermasalah adalah penunjuk temperatur gauge yang berada di mesin maupun di dashbord

  • tolong pencerahannya, saya memakai terios AT 08, belakangan ini AC kadang2 tidak dingin dan mendadak temperatur naik, setelah saya cek fan belt semua normal2

  • tolong pencerahannya, saya baru 3 bln memakai terios AT 08,
    belakangan ini AC kadang2 tidak dingin dan mendadak temperatur naik,
    setelah saya cek fan belt semua normal.
    kira2 dmn penyakitnya, klo ada yang bisa bantu saya ucapkan terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *