Tips Jitu Menghilangkan Stretch Mark Ibu Hamil

Stretch mark atau guratan, terjadi pada hampir 50% ibu hamil. Guratan di perut ini terjadi akibat peregangan kulit sejalan dengan membesarnya rahim dan dinding perut. Sebenarnya, guratan tidak hanya muncul di perut, tetapi juga bisa muncul di payudara dan paha. Guratan yang muncul bentuknya mirip garis-garis berlekuk di permukaan kulit dengan warna agak putih. Terkadang muncul juga rasa gatal di guratan dan sekitarnya. Guratan ini biasanya berkurang, memudar dan kemudian hilang setelah beberapa bulan bayi lahir. Namun tidak jarang, peregangan ini menimbulkan robekan juga pada jaringan bawah kulit. Jika sudah begini, guratan memang sulit hilang. Walau demikian Anda jangan kuatir, berikut ini Tips jitu menghilangkan stretch mark pada ibu bamil:

1. Jaga Kelembaban Kulit, terutama perut dan payudara, serta bagian tubuh lain yang kulitnya mengering, dengan mengoleskan krim pelembab.

2. Kenakan Baju Yang Mudah Menyerap Keringat, dari bahan katun dan kaos serta cukup longgar untuk mengantisipasi keringan yang keluar berlebihan. Ini menyebabkan kulit jadi gatal dan memicu Anda untuk menggaruknya.

3. Tingkatkan Elastisitas Kulit. Cukupi kebutuhan vitamin, mineral (sayur, buah), minum dan lakukan perawatan dengan pelembab (sebaiknya yang alami seperti miyak zaitun)

Baca Juga:


4. Oleskan Krim anti stretch mark sejak awal kehamilan. Namun, sebelum menggunakannya, tanyakan dahulu kepada dokter Anda atau cobalah sedikit dahulu. Kalau tidak menimbulkan reaksi mengkhawatirkan Anda bisa terus memakainya. Bagaimanapun, pengolesan krim lebih aman jika dilakuakn setelah si kecil lahir.

5. Perawatan Tradisional. Setelah si kecil lahir, Anda bisa melakukan perawatan tradisional. Campurkan air perasan jeruk nipis dengan seujung sendok teh kapur sirih menjadi cairan kental, lalu oles halus tipis pada perut (hati-hati jika terlalu kental akan panas dan justru membakar kulit). Hal ini bisa dilakukan 2 kali sehari sehabis mandi. Selain itu, kini sudah tersedia perasan tapel siap pakai untuk perawatan seperti ini.

6. Operasi Laser. Pasca si kecil lahir, Anda bisa menggunakan operasi laser, yakni menghilangkan tanda garis putih dengan sinar laser. Walu tergolong tindakan ringan, sebaiknya tetap lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Selanjutnya...

3 Comments

  • maaf ni mo nanya

    kalo saya uda pya anak umur 12 tahun, rencana mo punya 1 lagi
    tapi kl saya uda terlanjur ada stretch mark nya,dulu saya mang g kpikiran kl bakalan ada stretch mark. jadi hasil nya yaa seperti skr ini banyak batik nya deeeeh hihiiii … ketamba perut jadi kendor dooor …

    pertanyaan saya :
    kira2 bisa ga kalo untuk kehamilan ke 2 ntar , kita rajin merawat kulit dgn anjuran mba/pa diatas stretch mark nya bisa ilang lagi ga, ato mala tamba banyak ??
    mohon info nya !!!! tq

  • Yang aku tau dan aku alami sendiri sih dulu waktu hamil aku massage di mom n jo dan disana mbak2nya nawarin Grape Seed Oil (minyak biji anggur) katanya bagus buat menghindari stretchmark, aku coba ajaa pake minyak itu selama hamil. Beneran lho kulit jadi lebih elastis dan pas melahirkan, stretchmark nya tetep ada sih tapi tipiiisss banget hampir gak keliatan. Stretchmark itu sih wajar namanya juga kita wanita dan hamil. Kulit meregang, makanya harus dipakein minyak yg bener2 bikin kulit jd elastis. Grape seed oil ini yg aku tau sih Cuma ada di mom n jo (itu lho, spa untuk ibu hamil dan bayi itu) ada di dharmawangsa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari tiptipseru.com?
Daftarkan e-mail Anda di bawah ini
dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

Delivered by FeedBurner