Tips Menjalin Hubungan (lagi) Dengan Mantan Pacar

Ketika Anda menyadari bahwa hubungan Anda saat ini tidak begitu bahagia dengan pacar Anda, banyak hal yang ‘mengganjal’ di hati Anda tentang sikap pacar Anda, kekurangsepahaman terhadap berbagai masalah, maka hal ini berarti sudah saatnya Anda mempertimbangkan untuk mencari pacar baru atau kembali menjalin hubungan dengan mantan pacar. Opsi Mencari pacar baru adalah suatu yang lazim di lakukan ketika pasangan telah mencapai tahap ‘ketidakcocokan’ atau ‘kejenuhan’. Namun, Opsi kembali ke pacar lama atau CLBK, oleh sebagian orang disebut sebagai langkah mundur. Padahal dari sudut pandang tujuan, kedua hal di atas memiliki kesamaan, yaitu mencari suatu hubungan (soulmate) yang terbaik. Berikut ini adalah Tips menjalin hubungan lagi dengan mantan pacar:

1. Cari Informasi. Yang pertama perlu Anda lakukan adalah mencari informasi tentang status pacar Anda apakah ‘still available’ ataukah ‘in relationship’. Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman yang mngkin muncul antara Anda dan pacar mantan Anda. Anda bisa mulai dengan cara tidak langsung seperti melalui perantara teman, browse statusnya melalui halaman facebook atau secara langsung dengan menanyakan pada mantan Anda tersebut dengan pertanyaan-pertanyaan pancingan, seperti, “Hai, Gimana kabarnya si Honda Jazz Putih?”, “Malam minggu acara kemana neh?” atau “Dengar-dengar udah punya pacar baru nih, cerita dong…” dan sejenisnya.

2. Mantapkan Diri. Setelah Anda yakin tentang statusnya, maka saatnya Anda menanyakan pada diri Anda, apakah Anda yakin untuk kembali menjalin hubungan dengannya lengkap dengan segala konsekuensi yang harus Anda hadapi, menerima kembali baik-buruknya sifat pacar Anda –yang sudah Anda ketahui sebelumnya ataukah hanya emosi sesaat yang muncul karena kegalauan Anda. Ataukah Anda memiliki harapan bahwa Anda akan dapat memperbaiki hubungan Anda baik mengubah kekurangan-kekurangan Anda pribadi maupun mantan Anda. Setidaknya Anda yakin bahwa kesempatan kedua ini akan lebih baik daripada kesempatan pertama yang lalu.

Baca Juga:

10 Artikel Tiptipseru.com Paling Populer 2015

3. Ajak Dia Kembali Bertemu. Hubungan yang langgeng adalah hubungan yang memiliki chemistry di dalamnya. Setelah sekian lama berpisah, apakah chemistry antara Anda dan mantan masih Ada ataukah justru rasa ‘ hambar’ yang Anda rasakan. Ada baiknya Anda kembali melakukan penjajagan (testing) dengan cara melakukan pertemuan atau ngobrol face-to-face, boleh di rumahnya atau di suatu tempat tertentu –kemas dalam nuansa ringan, jangan terlalu privat dan romantic namun nyaman untuk Anda berdua.

4. Gali Memori Lama. Setelah Anda cukup yakin bahwa masih ada chemistry yang kuat pada Anda dan mantan, maka Anda bisa melakukan langkah selanjutnya. Sampaikan ‘pesan perasaan Anda’ baik melalui telepon, sms-sms (pesan singkat) yang khas pada hubungan Anda sebelumnya seperti “Non, jangan telat maem ya. Inget maag-nya”, “Neng, sholat tahajud dulu yuk”, atau “Non, aku lagi di Orchard Road neh, kamu masih mau nitip discount Tas Bonia ga?” ataupun melalui hal-hal kecil lainnya.

5. Buat Komitmen Baru. Setelah Anda melakukan tahap-tahap tersebut yang bisa juga dibilang tahap pendekatan, tiba saatnya Anda menunggu sinyal/respon dari Mantan terhadap action Anda. Jawabannya tentu saja fifty-fifty, dan akan menjadi 100% ketika Anda sudah menanyakan langsung kepadanya. Pada saat ‘pengajuan proposal ulang’ tersebut sampaikan klausul-klausul baru di dalamnya, dengan harapan kekurangan-kekurangan yang Anda temui pada hubungan Anda dan mantan pada fase sebelumnya tidak akan terulang pada fase baru ini. Pada dasanya metodanya tidak berbeda dengan ketika Anda menembak dia untuk pertama kalinya (seperti pernah saya bahas pada posting artikel saya sebelumnya)

Selanjutnya...

13 Comments

  • sudah lama saya mengiginkan kembali mantan pacar saya,tp saya gak tw hrs bwt apa???pada hal saya nsh sayang bangat cma mantan saya….entah apa salah saya sehingga dia pergi meninggalkan saya….bantu saya ya….untk mengatasi mslh ini saya ingin kembali lg sama dia.

  • saya sayang bangat cma dia….tolong saya supaya kembali lg cma mantan saya….neh nma mantan2 saya yg msh saya sayang dan cintai….(rian,vyko,alben,arnold,putra,indra,chris)

  • org prnh mngatakan…..ingin mdapatkan kmbali, harus berusaha………..sbnrx gue uda brusaha tp g mn lg carax u/ mndapatkan…ju2r gue syank bnget ma mantan aq..maka dr i2 teman2 tolong aq bgaimn carax u/ mndapatkanx kembali

  • kalo gw jujur masih sayangggggggg bgt n blm bisa ngelupain mantan gw 100persent walaupun gw dah ptus selama 7-8 thn yg lalu, tp rasa sayang itu masihhhhhhhhhh ada, n skrg gw udah pnya pcr yg sayangg bgt ma gw, n gw jga sayang ma dya, tp entah kenpa gw mash berharp suautu saat nanti di pertemukan lagi ma mantan gw itu…….gw harus gimna donk???can you help me??!!!

  • Dear Edo,
    Tips diatas bisa dicoba untuk dipraktekan. Kuncinya adalah kesabaran.
    Demikian semoga dapat membantu.

  • Dear All…
    emang gak gampang buat ngelupain apalagi kalo rasa sayang itu masih ada. Susah. Tapi benar katanya admin kalo kita serius kuncinya harus sabar. Ini juga berlaku buat gw. Gw juga masih sayang sama mantan gw. Gw juga mo balikkan. Dan satu lagi kalo dia udah merit or tunangan yang bener-2 tunangan mendingan jangan di ganggu. Kesian. Cari lagi yang lain. Kalo dia masih singel maju aja terus kalo dia udah punya pasangan lagi kudu lebih ekstra sabar.

  • Dear Taufit Hidayat,
    Dengan semakin Anda menunjukan pengahrapan Anda kepada dia, maka dia merasa ‘harga’-nya akan semakin tinggi di mata Anda, sebaliknya harga Anda dimata dia akan semakin rendah. Yang perlu lakukan adalah menaikan bobot/posisi tawar Anda di mata dia.Caranya? 1) Anda harus bisa menyembunyikan perasaan dan harapan Anda yg sebenarnya kepadanya; 2) Kalau perlu Anda juga bisa menunjukan kepadanya bahwa Anda mampu ‘menggandeng’, atau setidaknya memiliki teman-teman cewek yang asik untuk diajak jalan. Walaupun si dia tidak secara langsung melihatnya, tapi setidaknya kabar dari mulut-ke-mulut akan sampai juga kepadanya. Setelah posisi tawar Anda naik, maka dia tidak akan berani menganggap remeh Anda, bahkan membanding2kan dengan cowok barunya. Semoga membantu.

  • wkwkwkw….

    Ane juga kaya gini gan….
    ane baru aja putus ama mantan ane…
    tapi …
    apa boleh baut ga bisa ngikut ama paku…
    wkwkwkwk….
    sebenarnya sih ane juga masih sayang ama tu anak…
    tapi ,,, mengingat kejadian hari terakhir hubungan kami,,,
    ane masih belon berani buat hubungin dia lagi,,,
    sampe sekarang masih manteb kan hati buat ngomong ama dia lagi….
    heheh…
    do’ain ane gan….
    semoga dia mau balikan ama ane lagi….
    ^^

  • w bngung,,,! w yng mutusin mntan w, tpi knpa prsaan syang msih jaa da,
    pdhal dy dgh nyktin w,
    jujur w gx bsa lpain dy,terlebih kluarga ny, tu yg buat w lbih susah buat lpa tentang dy,
    ortu ny yg bgtu syang bnget ma w, gtu uga w ke mreka,
    w tw dri skap mntan w skrang dy tu uga msih syang ma w,
    tpi msih jaa kras kpla,
    bntu w donk,,,! w hrus gmna,,?

  • Dear Dyan,
    Kalau Anda dan dia masih sama2 menyayangi, sy pikir Anda berdua hanya perlu break sejenak untuk cooling down saja. Usia muda memang egonya masih tinggi, dan merasa dirinya sendiri yang paling benar. Itu wajar. Jadi dengan ‘break sejank’ tersebut, Anda bisa sama2 introspeksi diri. Mungkin ada baiknya Anda tetap menjadlin komunikasi, tentunya tidak sekarang, tapi beberapa saat lagi setelah semuanya tenang. Demikian semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *