Tips Kupas Tuntas Penanganan Penyakit Cacar Air

Penyakit cacar air (chiken pox) merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus varisela zooster, dengan gejala-gejala panas tinggi dan munculnya bintik-bintik seperti lepuhan kecil pada kulit. Penularan penyakit ini menggunakan media udara, namun penularan yang paling potensial adalah melalui kontak secara langsung pada bintik yang berisi cacar air. Siapapun yang belum terkena penyakit ini, berpotensi untuk terkena juga. Namun bila seorang anak sebelum usia 13 th sudah mendapatkan vaksin cacar air, ia tidak akan terkena cacar air seumur hidupnya. Sedangkan seseorang yang sudah pernah terkena penyakit cacar air, akan dianggap kebal dan tidak memerlukan vaksin. Penyakit ini bisa menghinggapi anak-anak maupun dewasa. Berikut ini adalah Tips melakukan perawatan terhadap penderita cacar air:

1. Mengganti baju penderita setiap hari.

2. Menaburkan bedak anti gatal pada bagian tubuh yang terkena cacar air untuk mengurangi rasa gatal dan agar ruam cepat menajdi kering.

Baca Juga:

10 Artikel Tiptipseru.com Paling Populer 2015

3. Memisahkan penderita dengan orang sehat agar cacar air tidak menular kepada orang lain.

4. Mandi dengan air hangat yang telah dicampur dengan obat anti gatal setiap hari.

5. Memotong kuku agar tidak menggaruk ruam-ruam pada kulit sehingga tidak timbul infeksi baru.

6. Menciptakan kondisi yang nyaman bagi penderita agar dapat beristirahat dengan nyaman dan mempercepat proses kesembuhan.

Pada anak-anak bekas yang ditimbulkan akan hilang lebih cepat seiring kemampuan kulit dalam meregenerasi diri, sedangkan untuk orng dewasa akan lebih terlihat bekasnya, mengingat kemampuan kulit untuk beregenerasi juga telah berkurang. Sedikit banyak, tentu saja hal ini akan mengganggu penampilan Anda. berikut ini Tips alami yang dapat membantu menghilangkan bekas cacar air:

1. Tumbuk dan haluskan kulit telur yang sudah dibersihkan dari selaput putih di bagian dalam, kemudian bubuhkan ke bagian kulit yang terdapat flek.

2. Tumbuk beberapa cendana hingga halus, campur dengan sedikit air dan aduk hingga menjadi kecoklatan, kemudian oleskan ke bagian yang terdapat flek.

3. Pelepah pohon aren yang telah mengering dihaluskan dan kemudian dioleskan seperti bedak ke bagian yang terdapat flek.

4. Ambil jagung muda, parut, bubuhkan ke seluruh tubuh ada malam hari dan bersihkan pada pagi hari.

Selanjutnya...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *