Tips Sukses Menembak Cewek Idaman

Bagi kaum cowok/lelaki, wanita adalah sebuah misteri, yang membuatnya selalu menjadi penasaran. Namun justru disitulah letak tantangannya, acara menyatakan cinta atau lebih akrab dikenal dengan istilah ‘penembakan’ tersebut untuk dilakukan. Berbeda halnya dengan tulisan sebelumnya tentang bagaimana menyetakan cinta kepada sahabat, menembak wanita idaman lebih ‘kuat tantangannya’. Karena di sini, pengatahuan tentang medan perang Anda bisa dikatakan sangat minim, namun di lain sisi Anda harus tetap maju berperang. Sebagian Cowok kadang ‘takut’ menyatakan perasaan cintanya kepada cewek idamannya dengan alasan yang bermacam-macam, seperti “Bagaimana kalau ditolak?”, “Jangan-jangan aku bukan laki-laki tipenya?”, “Gimana memulainya” atau “Bagaimana kalau dia ngomong ke teman-temannya, kalo semalam aku baru saja nembak dia?”. Namun bagaimana Anda tahu jawabannya kalau tidak dicoba? Berikut ini adalah Tips sukses yang bisa Anda jadikan referensi persiapan menembak cewek idaman Anda:

1. Tangkap Sinyal. Yang pertama harus Anda lakukan adalah mengenali sinyal dari si dia, positif maupun negatif. Setelah Anda mengenalnya sekian waktu, tentunya Anda bisa menangkap sinyal atau respon yang dia berikan terhadap perkenalan maupun di setiap perjumpaan yang Anda berdua lakukan. Apabila sekiranya responnya positif, seperti misalnya raut wajahnya senang ketika bertemu dengan Anda, merespon sms dari Anda, berinisiatif menelepon Anda pada suatu saat, meminta Anda untuk mengantarkannya ke suatu acara atau mengajak Anda ketemuan di resto tertentu, maka Anda boleh melanjutkan merealisasi mimpi Anda. Namun, kalau responnya negatife, seperti jarang merespon sms Anda, sering menolak diajak jalan atau menghindar bertemu dengan Anda, maka Anda berarti masih butuh waktu untuk melakukan pendekatan atau ekstrimnya, cari saja ‘sasaran tembak’ yang lain.link

2. Percaya Diri. Setelah Anda menangkap respon positif tersebut, maka segeralah untuk merencanakan penembakan. Modal awal yang perlu Anda miliki disini adalah rasa percaya diri. Karena dengan PD tersebut, Anda akan dapat tampil meyakinkan di hadapannya –tapi jangan terlalu over self confidence juga, karena bisa menjadi bumerang bagi Anda. Di lain sisi, cewek yang sudah mengharapkan untuk ditembak, akan sangat menantikan action dari Anda dan akan menganggap Anda sebagai seorang laki-laki yang tegas dan ‘berani’.


3. Pastikan Tempatnya. Tempat juga merupakan poin penting yang berperan pada kesuksesan Anda melakukan penembakan. Hindari tempat-tempat umum atau tempat-tempat gaduh. Cobalah untuk melakukan acara penembakan di tempat yang tenang –dan romantis- seperti di restoran, café atau rumah cewek Anda. Hal ini akan lebih menunjukkan kesungguhan Anda kepadanya. Dan hal itulah yang akan menjadi salah satu pertimbangan utamanya untuk menerima atau menolak Anda.

4. Pastikan Waktunya. Usahakan untuk memilih waktu yang tepat untuk menyatakannya, seperti saat-saat ia sedang bersantai, saa ia sedang tidak menghadapi masalah (masalah kampus, masalah kantor, dsb). Pilih juga jam-jam tenang ketika Anda bermaksud menembaknya di rumahnya, biasanya antara pukul 19.00 – 21.00 WIB dan pastikan tidak ada teman lain pada saat itu. Alangkah lebih baik kalau menghindari hari sabtu malam (malam minggu) untuk menembak di rumahnya, hal ini untuk mengantisipasi ‘pesaing-pesaing (comptetitor)’ Anda yang mungkin juga tengah melakukan pendekatan pada si Dia.

5. Siapkan Kata-Kata Sakti. Siapkan kata yang paling tepat dan sesuai Dengan Anda sekaligus memberikan kesan lain ketika menyatakan cinta atau menembaknya. Kata-kata seperti “Aku Cinta Kamu” atau “Aku Suka Sama Kamu” mungkin sudah terlalu biasa dan klise, mungkin Anda perlu menciptakan kata-kata khas yang pas dengan Anda seperti, “Dian, aku pengin serius sama kamu”, “Luna, gimana kalau hubungan ini, kita bawa lebih serius?”, atau ”Hm..Aura, gimana kalau kita pacaran?”, dsb.

6. Sampaikan Alasan Kuat. Ketika Anda memulai melakukan penembakan, persiapkan jawaban dan alasan kuat ketika dia menanyakan “Kenapa harus aku?” atau “Hm..kamu yakin?”. Sampaikan alasan yang singkat, padat dan tidak bertele-tele. Misalnya sampaikan saja, “Jujur, saya bukan mau cari pacar, tapi calon istri” atau “Saya sudah cape dengan hubungan yang tidak ada arah, saya ingin hubungan yang serius” dan sejenisnya.

7. Kendalikan Emosi. Usai Anda menyampaikan ‘proposal’ Anda, beri ruang kepadanya untuk mempertimbangkannya, bisa 5 menit, 1 jam, 1 hari ataupun 1 minggu, karena mungkin dia akan meminta pertimbangan rekan-rekan atau mamanya tentang hubungan tersebut. Hal ini tidak jadi masalah, dan Anda jangan berusaha mendesaknya, karena kedewasaan Anda disini diuji. Sampaikan saja kalau Anda bersedia menunggu jawaban dari si dia, tapi jangan lupa sampaikan batasannya dengan kalimat santai dan senyuman, “Saya harap tidak terlalu lama, karena saya sangat menunggu kepastian kamu”.

67 Comments

  • Sdr. Wess, terima kasih atas comment-nya, kuncinya ada di ‘Sinyal’. Dan karena sebagian besar based on experience , maka sy pribadi memberikan jaminan 90%, karena yang 10% adalah kehendak-Nya :) , dengan catatan setiap langkah dilakukan dengan sabar & tenang. semoga bermanfaat

  • Brow kalau saya jatuh cinta sama sahabat saya sendiri, perasaan ini terungkap ketika saya nelpon dia dan dia bilang dia baru dapet pacar. spontan saya kaget dan saat itu juga saya mengatakan kalau saya sebenarnya sayang dan cinta ma dia.
    Dianyapun bilang, kenapa ga diungkapin dari dulu sebenarnya si dia sudah menaruh hati semenjak kami sma, dan sudah berjalan hampir 4 tahunan hanya saja terikat persahabatan.
    Bagaimana solusinya brow. Smpat tangis2an nih. bingung dianya ga mau nyakiti cow barunya.
    Gimana nih, apa harus saya lanjutin brow.

  • Sdr.gp, terima kasih atas comment-nya. Saya justru salut dengan kejujuran dan keterusterangan Anda dan ‘sahabat’ Anda tersebut. Setidaknya, saat ini Anda sudah dapat melewati zona abu-abu tersebut, segalanya sudah menjadi clear, bahwa cinta Anda tidak bertepuk sebelah tangan. Sdr. gp, sy punya cerita tentang teman saya, sebut saja si A. Dia pernah menyukai teman sekantornya -sebut saja si B, namun karena dia hanya sampai di ‘zona abu-abu’ tanpa berani memastikannya, akhirnya dia menikahi orang lain -sebut saja si C. Seiring berjalannya waktu, akhirnya dia baru mengetahui bahwa ternyata teman sekantornya juga menaruh hati kepadanya. Namun sayang dalam kasus ini, nasi sudah menjadi bubur (si A telah menikah dengan si C), akhirnya si A dan si B memutuskan hanya bersahabat. Terkait dengan masalah Anda, menurut saya, Anda belum terlambat, karena semua belum dikukuhkan resmi secara hukum (pernikahan). Ada baiknya, Anda dan ‘sahabat’ Anda memastikan dulu apakah perasaan Anda adalah benar2 perasaan cinta atau hanya emosi sesaat. Setelah ada kepastian tersebut, ada baiknya Anda mengambil keputusan -yang mungkin terbesar dalam hidup Anda dan ‘sahabat’- untuk menjalin hubungan dengannya. Yang saat ini perlu Anda lakukan adalah mencoba bersabar, karena semua butuh proses, apalagi ‘sahabat Anda’ baru saja jadian. Setidaknya Anda dan sahabat sudah menyamakan langkah dan persepsi. Jangan biarkan Anda terpuruk dalam keragu-raguan Anda. Silahkan baca artikel saya Tips Berani Keluar dari Zona Nyaman untuk lebih memotivasi diri Anda, bahwa sebenarnya Anda bisa meraih cinta Anda. Good Luck!

  • aku sb3narnya ska ma dia tpi aq bingung ma dia dia sudah menunjukin hal positif ma aku pie dia bertanya2 tentang ygmembuat aq cemburu… spti kyax ginie hei knln tmen mu yang jomblo poo… aku ma dia dh lma jln trus ,,,kluar bareng gitu… dia senang aq juga ia tp gak dh pnmbkn….bwt dia sbnrx dia ska apa nggak sich……ma aku…. please jawab…tentang kebingunganku ini……….

  • Sdr Ical Admin,
    Terima kasih atas pertanyaannya. Sebenarnya sering jalan bareng, suasana asyik pas ketemuan, kata-kata ‘memancing’ sudah merupakan modal awal Anda untuk meningkatkan kualitas hubungan Anda. Namun untuk lebih memastikan apakah dia suka kepada Anda sebagai sahabat atau ingin berharap lebih dari hubungan Anda, maka satu-satunya cara adalah dengan menanyakannya pada yang bersangkutan dan mekanisme itu adalah ‘penembakan’. Sebagai seorang cowok, ga luchu kan kalo Anda bertanya, “Kamu sebenarnya suka ga sama aku?” akan lebih pas dan gentle kalau Anda menyampaikannya dengan terlebih dahulu menyampaikan perasaan Anda kepadanya. Selain metode di atas, Anda juga ber-improvisasi dengan, “Hehe..kamu memang pengin aku kenalin temenku yang tipenya kek apa sih?” Apabila jawabanya memang sengaja ‘diarahkan’ pada Anda, maka Anda tinggal memulai ‘aksi penembakan’. Tanpa penembakan, Anda tidak akan mengetahui jawabannya. Selamat ‘berjuang’.

  • artikelnya keren banget…
    thanks ya tipsnya…

    bleh tanya kan…??
    saat ini gw lg ska sma cwe… bolehlah dibilang sahabat… ud lama w pngen nembak dy… tp w msh takut dtolak…
    tp, bbrp mnggu lalu w ud pernah jujur ke dy ttg perasaan w… wku itu ktany dy jg smpet ada rasa sm gw…
    tp saat ini dy msh pny cwo walaupun ud mw pts…
    jd w lbh baik nungguin dy aja ato cari yang lain…?
    w jga masi takut prsahabatan w rusak klo seandainya w d tolak sm dy..
    mohon tipsnya…
    mksh…

  • Dear Cassanova,
    Terimakasih atas pertanyaannya. Diibaratkan proses membangun rumah, Anda tinggal menunggu menempatinya. Jadi, setelah semuanya beres, dan segala ‘teka-teki’ tentang perasaan si dia telah terjawab, Anda hanya perlu satu hal lagi, yaitu bersabar:) Satu hal yang perlu Anda yakini adalah jangan takut akan rusaknya sebuah persahabatan, jika dibandingkan dengan penyesalan Anda seumur hidup karena gagal ‘memilikinya’ padahal Anda berdua saling menyukai. Demikian menurut saya, semoga bermanfaat.

  • eh ceuy.. gimana ya yang musti gwe lakuin kalau misalkan ada seorang cewek yang udah lama gue perhatiin kayaknya dia ada perasaan sama gue n biasa tiap hari juga kita sering sms-an,,? ya kondisi dia sih udah jomblo, begitu juga gwe… apa musti gue langsung ungkapin ya kedia… tapi gimana dunk caranya gwe bingung neh…? thanks before..

  • saya pernah terima sms dari cewe yang sdg saya pdkt nih, isinya kurang lebih seperti ini “apa kamu serius suka aku, apa yang kamu suka dari aku?” Yang mau saya tanyakan, apakah itu bisa dikatakan sinyal positif?Apakah berarti saya bisa langsung menembaknya? Thanks ya sebelumnya…

  • Dear Sdr Dika,
    Hm…Anda beruntung sudah memperoleh respon balik dari dia. 100% dia akan menerima cinta Anda? No..Sinyal Positif?Abselutely Yes!! Tergantung pada jawaban Anda, apakah Anda serius, ataukah sekedar TTM atau justru Anda hanya menanggapnya Adik. Well, kalau Anda benar-benar menginginkannya, jawabalah dengan serius, misal, “Ak bukan mo cari pacar, ak cari calon istri”, “Hm…Aku suka semua yang ada di kamu, ya lucu kamu, ya bawel kamu, dan tentu saja…perhatian kamu” atau “Aku merasa bis nyaman sm kamu…” Nah, setelah Anda memperoleh respon positif selanjutnya..semua akan mengalir begitu saja, disitu waktu yang tepat Anda menyatakan cinta Anda ke dia/memintanya menjadi pacar Anda. Semoga sukses ya…

  • Dear Sdr. Wolverine,
    Terimakasih atas commentnya. Sdr. Wolverine, ada beberapa tipe cewek yang perlu Anda ‘waspadai’, diantaranya adalah mereka yang bersifat easy going. Cewek dengan tipe ini sangat terbuka, punya pergaulan yang luas, berpikiran terbuka dalam memandang pergaulan, menyenangkan, mempesona, dan terkadang membuat kita menjadi seorang yang spesial. Inilah yang sering menyulitkan kaum pria untuk menebak ‘arah perasaannya’. Untuk itu, perlu kesabaran untuk mendekati dan meyakinkan bagaimana sebenarnya perasaanya terhadap Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah keep close dgnnya, misal menjadi pendengar yang baik, mensupprt dia, dan ada di kala dia membutuhkan Anda. Artinya pdkt tetep terus dilanjtukan namun jangan buru-buru mengungkapkan perasaan Anda (buat dia untuk merasa nyaman dengan Anda). Demikian semoga membantu.

  • Dear Andre,
    Jawabnya tentu saja 100%. Walau Anda hanya memiliki kadar suka ke dia 80%, tapi untuk meyakinkan dia, Anda perlu sedikit ‘menggombal’ dengan mengatakan bahwa Anda menyukainya dengan seutuhnya. Semog bermanfaat.

  • eh mas admin..abis gw nembak tuh cwek n dia nerima gw bagusnya gw ngomong/ngelakuin apa ya?? msalah sepele sih tp tolong bntu ya..

  • Dear Azz,
    Sebenarnya Anda tidak perlu ngomong apa-apa juga sudah baik, dan Anda tinggal menjalaninya. Cuma, agar lebih santun dan berkesan gentleman, ada baiknya Anda mengucapkan Terima kasih (dengan kerendahan hati), karena dia sudah mau menerima Anda sebagai pacarnya. Variasi kalimatnya bs bermacam-macam, bisa dengan serius bisa dengan agak santai, bahkan romantis, diantaranya, “Non, makasih ya, udah mau terima proposal aku kemaren, moga selanjutnya kita bisa terus bergandengan tangan, buat selalu jalan beriringan ya…aku makin sayang sama kamu..”. Semoga bermanfaat.

  • mas admin gw mw tny nh ..?
    gw td cari cewek gw yg gw sukai d fb. dan saya chating berdua ma dia.
    lalu saya kenalan sama dia trus dia kenalan sama gw. lalu sya tanya ke dia udh pny cowok belum ? lalu dia jawab ak belum punya cowok /jomblo.
    lalu dengan nekad keberanian saya untuk menembak si dia. dan dia jawab belum bisa karena kita belum sama’ tau.
    lalu saya ajak dia ketemuan. dan dia jawab OK. lalu aku tanya kamu bisanya kapan? dia bilang aku gak tau . Lalu aku bilang kalau siang ketemuan gmn ? dia jawab ; aku gak janji kalau siang bisanya sore. Trus aku tanya rumahmu dimana ? Dan dia tidak merespon sama sekali dan di off fbnya. YAng saya tanya apa dia niat ketemuan /sebaliknya ? dan caranya dia merespon balik gimana?? mohon jawabannya ya makasih ..

  • Dear Dhika,
    Sy sangat menghargai keberanian Anda untuk memulai sebuah hubungan/pertemanan. Itu sudah merupakan nilai lebih dari Anda. Terlepas dari niatnya untuk bertemu Anda, ada baiknya Anda memulai semuanya dari yang kecil2/remeh2 saja, jangan terlalu berharap lebih. Jadi setelah Anda direspon olehnya, Anda bisa melanjutkannya dengan pertemuan kecil dengannya, kemudian cobalah untuk meminta no-hp kalo diperkenankan. Apabila diperkenakan, kirim SMS atau telepon sesekali untuk memberikan perhatian kecil. Setelah itu, tunggu respon selanjutnya untuk mengungkapkan cinta dan memintanya menjadi pacar Anda. Karena selain menghargai ‘keberanian’ Anda, seorang Cewek juga akan menghargai sebuah proses. Semoga berhasil ya.

  • mkasih atas bntuannya..tp skarang ada problem lg..bru jg jdian eh dia bilang dia n kluarganya mau pndah ke manado(kota asalnya)..ntar pas naek”an klas dia mo pndah..skitar 4 blan lg..gw sdih bngd dngernya..gw msti gmn ya..

  • Dear Azz,
    Menurut saya hubungan yang penuh dengan liku-liku akan semakin menarik, lebih menantang dan tidak membosankan. Saat ini sampai 4 bulan kedepan, Anda bisa terus dekat dengannya. Lebih dari 4 bulan ke depan, Anda mungkin sudah memasuki fase Long Distance Relationship atau pacaran jarak jauh. Pertama-tama, Anda mungkin akan terasa sangat kehilangan, namun seiring berjalannya waktu, hal ini justru akan mendewasakan pola berpikir Anda. Untuk lebih jauh mengatasi Long Distance Relationship, Anda bisa membaca artikel : Tips Efektif Hubungan/Pacaran Jarak Jauh . Demikian semoga membantu.

  • gmna bro ,..
    w msiih mlu sma ce’ itu , pdhal w suka bget sma ntu orang ,.
    bro , gmna y spaya w g’ malu lgi sma dya ,..?
    tolong y bro ,..

  • Sdr. Robert,
    Rasa suka terhadap lawan jenis biasanya juga disertai dengan rasa malu untuk memulai melakukan pendekatan. Hal itu wajar. Karena lawan jenis masih merupakan sosok orang baru yang belum Anda kenal sebelumnya. Suasana kaku, salah tingkah merupakan beberapa tanda ketika Anda dekat denganya. Untuk menetralisir hal tersebut, Anda hanya perlu sedikit ‘santai’ ketika bersamanya. Untuk itu, buat suasana informal ketika bersamanya, ciptakan lelucon-lelucon atau bahas beberapa cerita yang Anda berdua ‘sepertinya’ tertarik, dsb. Dengan begitu by process Anda bisa lambat laun dekat dengannya, dan rasa grogi tadi akan hilang dengan sendirinya sehingga Anda bisa langsung melancarkan serangkaian PDKT. Demikian semoga membantu.

  • thank’s ataz smua’a ,,..
    saya akan mencobanya ,..
    oiya , kan bentar lagi valentine , truz enaknya ngasik apa ya k’cewe yang kita sayang ,..?
    pliz bantu w ya bro ,..

  • aku kan lg cka ma seseorng n lo kta jadian ntu ….dia jadi pacar ptama ku……………………………………………….! tpi masalahna………q gak tau cra nembak yg bnarrrrrrrrrrrrrrrrr……………………………………

  • Dear ToMz,
    Anda sudah berani mengalahkan keragu-raguan Anda. Selamat! Keberanian mengutarakan perasaan merupakan point lebih dari Anda di mata dia. Bahwa hal tersebut belum mampu menghasilkan, itu tidak menjadi soal. Terkait dengan keinginan Anda untuk tetap memiliki dia, akan lebih baik bila Anda memberikan ‘waktu’ bagi si dia (dan buat Anda sendiri) untuk sama-sama cooling down. Jangan terburu2 untuk melakukan penembakan ulang. Biarkan si dia memikirkan ulang, dan pada saat bersamaan Anda juga bisa lebih memperbaiki dan membekali diri Anda untuk menjadi yang lebih baik pada kesempatan kedua. Selama waktu itu, bersikaplah sebagai teman dekat, yang selalu ada saat dia butuhkan dan memberikan saran2 yang obyektif serta jangan lupa untuk selalu memberikan perhatian yang bersifat normal (menjaga perasaannya agar tidak bosan dan menjaga jarak dengan Anda). Setelah semua kondisi mendukung, cobalah utarakan kembali perasaan Anda kepadanya. Kuncinya adalah ‘Sabar’. Demikian terima kasih.

  • Dear Tyo,
    Kesempatan memang tidak datang 2 kali, namun di satu sisi adakalanya mundur untuk menang. Bukan demikian? Cewek memang selalu menjadi teka-teki buat seorang cowok. Namun yang perlu Anda pahami bersama bahwa cewek akan semakin menyukai Anda jika ia merasa nyaman. Menurut sy ada baiknya Anda jangan terburu-buru, buat dia merasa nyaman dulu dengan Anda. Pastikan bahwa perasaannya memang membutuhkan Anda sebagai kekasih nantinya, bukan ‘hanya’ sebagai sahabat. Yang perlu Anda lakukan sekarang adalah, selalu Ada saat dia membutuhkan Anda dan sampaikan selalu perhatian-perhatian kecil. Kalau Anda ingin melakukan pengetesan, sekali-dua-kali, kasih dia gift romantis seperti rose, coklat yang dipackage, atau oleh-oleh ketika Anda baru saja bepergian keluar kota. Karena cara ini sekaligus akan ‘membalas’ membuat hatinya penasaran. Demikian, semoga sukses.

  • maas admn gw mw tanya nh..
    gw lg kebingungan bgt bro. .. mw nembak nih cwe..
    gw udah kenal ama dy udah 1 tahun..tiap hari dy sering main ke toko gue.dan bercanda trus ama gw.sampai setengah tahun dy udh mulai berani pegang tangan gw,ya pegang tangan sambil bercanda,.dy jg pernah tanya umur gw,emnag sich umur saya lebih tua 8 tahun..trus dy jawab tua amat.semenjak itu dy jrg datang ke toko gw,dan berpacaran sm cwo lain..perasaan gw sakit bgt,..sehabis 1 tahun ini dy putus.dan kembali seperti dlu sering main ke toko w..tp ga begitu lama toko gue pindah.kemrin lusa saya tlp dy, dy pengen bagt ke toko gw dan klu bisa balik dengan alasan mau pinjam laptop gw..itu aj..sms gue jg ga dibls ama dy di fb jg,.dy tu banyak yg suka ama dy,,orng nya sich cantik dan kaya..gr2 dy cantik dan kaya trus banyak yang suka,jadi w bingung dengan perasaan dy ama gw,,..
    sampai sekarang gw rindu baget ama dy.jd harus gmn mas admn kasih solusi dong..

  • Dear Andri,
    Terima kasih atas pertanyaannya. Dari cerita yang Anda sampaikan, Anda mungkin perlu lebih mengenal dia terlebih dahulu, sifat-sifatnya dan latar belakangnya, sebelum Anda memutuskan untuk menembaknya. Karena apabila timing ‘menembak’ tersebut tidak tepat, alih-alih menjadikannya semakin dekat dengan Anda, Anda justru akan kehilangan dia selamnya. Untuk itu hal yang perlu Anda lakukan adalah mulai mendekatinya lagi dengan bervariasi, misalnya kirim ucapan ringan selamat puasa, lebaran dsb. Demikian semoga membantu.

  • trim’s banyak mas admin atas saranya , ..
    gue udh mau cba lupakan dy…mgkn dy belum ckp dewasa buat aq.

  • wow….. ternyata buat pacaran itu sulit nya minta ampun y, ga kebayang klo mw nembak cew aja mesti kyk gituan, kira-kira presentase antara cew nembak cowok dan cowok nembak cew brpa ya? klo ada di share dong, sip deh!! buat bekal aku dah ampe waktu nya…. hehe,

    Thanks!!

  • dari segala cara udah gw tempuh dan hasil’a 0%,apakah dengan ini aku bisa mendapatkan pacar yg menurut ku itu berharega dlm hidup ku?

  • ahir agustus 2010 gw kenalan dengan cewek di kampus karena kita sama2 mahasiswa baru. tempat kenalan gw waktu itu di jalan raya karena dia lagi pulang dan gw ketemu dia juga ga sengaja di jalan. gw tanya asalnya dan alamatnya dan dia menjawab dengan halus, gw minta ijin kapan2 mampir ke rumahnya, dia juga ngebolehin. waktu gw tanya nomer Hpnya dia bilang “gw lupa nomer Hpku karena baru ganti” trus gw bilang “miskol aja ke Hpku” karena posisinya dia lagi mengendarai motor jd ga bisa miskol, lalu dia bilang “nanti ahir september kita kan bakal ketemu di acara kampus”. ahirnya gw menunggu ahir september dan sehari rasanya sangat lama sekali. karena gw ga sabar nunggu lama, keesokan harinya gw nungguin dia di parkiran kampus gw plototin siapa2 saja yg lewat tapi ga ketemu juga, sampe plat nomernya gw cari di seluruh parkiran ga nemuin. keesokannya lagi gw nunggu di depan gerbang biar gampang mlototinnya, tp ga nemu juga. ahirnya gw beraniin duduk di depan kelasnya dan ngobrol sama temen2 kelasnya. waktu dia keluar gw tanya “lo ada kelas yah?” dia jawab “iya” lalu dia pergi sama temen ceweknya ke lantai atas, gw samperin ke lantai atas dia malah pura2 ga lihat dan menghindar. padahal niat gw cuma pengen ngajak ngobrol sebentar. gw sebenernya kenal sama temen2 kelasnya, tp gw ingin mengenalnya (niat dijadikan calon masa depan). menurut admin mengapa dia menghindar waktu itu? apa dia mrasa malu gw samperin karena gw dari kelas berbeda? padahal gw melakukan pdkt dengan sopan santun. apa yg harus gw lakukan nanti ahir september kalo ketemu dia di acara kampus? pantaskan gw menagih janjinya yg katanya mo ngasih no HP atau bagaimana? gw bingung admin.

  • Dear Syafak,
    Terima kasih atas pertanyaan yang telah disampaikan. Keberanian dan kegigihan Anda patut diacungi jempol. Karena sebagai seorang lelaki Anda telah berani mengambil inisiatif terlebit dahulu. Untuk itu Anda sudah melakukan hal yang tepat, Bagaiaman dengan respon si dia? Setiap orang boleh berencana,namun Alloh jualah yang menentukan. Dalam hal ini, usaha yang telah Anda lakukan sudah maksimal namun, respon dari si dia tidak sesuai dengan rencana/harapan Anda.

    Dear Syafak,
    Setiap individu punya idealisme yang berbeda-beda, punya dasar peritimbangan yang tidak sama dalam memandang suatu masalah, bukan begitu? Jadi, melihat paparan kisah Anda, menurut saya, mungkin si dia masih belum merasa nyaman dengan Anda, dan mungkin juga kriteria dia tidak ada pada diri Anda. Untuk itu, dia sengaja ‘menghidar’ dari Anda untuk tetap membuat jarak, sebagai warning kepada Anda bahwa pertemanan Anda dan dia, adalah sebagas teman saja, sehingga dia berusaha untuk menutup peluang Anda melangkah lebih jauh dalam hubungan ini.

    Saran saya, apabila Anda sangat menginginkannya, Anda harus mau bersabar untuk menunggunya merasa lebih nyaman terhadap Anda (butuh proses panjang), dan yang kedua Anda bisa segera mengalihkan ‘sasaran tembak’ Anda pada yang lain. Anggaplah ini adalah bagian dari sebuah pengalaman yang akan mendewasakan dan mematangkan pribadi Anda.

    Demikian semoga dapat membantu

  • mau tanya nih..
    pengalaman ku sama kaya ToMz yg di atas tuh..
    penrah nembak cewe tpi di tlk gara” dia sdh pny cowo..
    tpi sekarng dia dh nda pny cowo..
    dan respony pas smsan baik, mau di ajakin ketemun, ku jemput di sekolhn mau..
    itu sudah cukup kah syarat untuk nembk dia??
    Thx before..

  • Dear Edoo,
    Respon yang Anda terima sudah cukup dijadikan modal untuk melangkah lebih lanjut. Alangkah baiknya kalau parameter respon tersebut tidak hanya dilihat dari respon ketika sms dan kesediaannya untuk dijemput sepulang sekolah. Cabalah untuk mengajaknya jalan, pas malam minggu. Karena kesediannya untuk kencan (nge-date) ketika malam minggu (nonton atau makan di tempat favorit dia), biasanya merupakan respon bahwa ia mulai memberikan ‘ruang ‘ buat Anda. Setelah hal tersebut berlalu dengan manis, cobalah untuk mengungkapkan perasaan Anda kepadanya. Demikian semoga sukses.

  • maaf, gw mau nanya gw tuh lg suka sama cewek yah udah deket juga sih, tapi w gak tau dia tuh suka sama gw apa gak, dan gw takut dia tuh gak nerima gw, jd gw harus gmn???? tetep nembak atau let it go aja

    thx before

  • Dear Elwin,
    Terimakasih atas pertanyaannya. Sy kira sah-sah saja (dan masih dalam batas normal) kalau Anda menyukai lawan jenis yang lebih tua dibandingkan Anda sejauh jarak usia yang tidak terpaut terlalu jauh. Adapun tentang ‘keberanian menembak’ ini hanya masalah waktu, cepat atau lambat Anda pasti sampai di titik tersebut, dimana Anda harus memutuska go or no go. dan satu hal yang perlu diingat bahwa kesempatan tidak datang 2x, bahwa Anda pada kahirnya akan ditolak, itu soal lain, setidaknya Anda tidak akan bertanya-tanya seumur hidup Anda tentang perasaanya kepada Anda. Namun, terkait dengan persoalan yang terakhir (berbeda iman), ada baiknya hal ini menjadi pertimbangan serius Anda, karena apabila (nantinya) hubungan Anda berkembang ke dalam hubungan yang lebih serius, katakanlah jenjang pernikahan, Anda harus bisa memilih mana yang harus berkorban. Karena pada hakekatnya menikah adalah bukan menyatukan 2 individu, melainkan 2 keluarga. Demikian semoga dapat membantu.

  • Mas admin, saya mau nanya nih. Saya kan lagi suka sama seseorang dan saya belum sempet kenalan sama dia, soalnya waktu saya mau kenalan, saya udah dibikin malu duluan sama temen-temen saya dihadapan dia dan gak cuma sekali malunya, bahkan sampai berkali-kali dibuat malu sama temen-temen saya dihadapan dia. Jadinya saya malu dan grogi, padahal saya mau banget kenal sama dia dan jadian sama dia. Tapi saya udah dibikin malu duluan di hadapan dia.
    Jadi saya harus gimana mas admin?
    Kasih tau tips-nya ya mas..

  • Dear Handika,
    Kejadian yang Anda alami banyak pula dialami oleh orang lain yang sedang menaruh hati pada seseorang (termasuk saya juga…..hehe). Hal pertama yang harus Anda lakukan hanyalah berusaha menganggapnya seperti teman-teman Anda yang lain. Kenapa? Karena dengan begitu rasa grogi Anda dihadapannya akan hilang, dana Anda tidak akan melakukan ‘hal-hal memalukan’ atau beberapa orang menyebutnya ‘hal-hal bodoh’ di depan si dia. Untuk versi lengkapnya, mungkin segera akan saya tulis penjelasan sy tentang pertanyaan Anda ini. Sukses ya.

  • q sebenarnya ada seseorang cewek yg q suka tpi q malu mw mendekati dia n gimananya caranya biar q ngak malu lagi ma seseorang itu?????????

  • @dika: anggap saja ia sebagai teman biasa dan teman Anda yang lain, jadi anda tidak mati gaya dan grogi jika sedang ada di dekatnya. Awalnya mungkin agak susah, tapi lama-lama Anda bisa membiasakan diri kok.

  • Dear Admin,

    akku mau nanya neh,,
    akusuka sama cewek,,
    dia kadang smsin aq, dan kadang dia sms minta diantarin ke suatu tempat,, kadang pergi makan siang berdua,, pokoknya dia sering smsan sama aku,, tp aq belum tau isi hatinya,, apakah dia suka sama aku atau tidak,,
    masalahnya ini cewek teman kuliah,, dan dia dan aku berbeda suku,, dan bukan hanya itu kami juga berbeda keyakinan,,, aku agamanya kristen sedangkan dia islam,,,
    hal ini membuat saya ragu untuk menyatakan isi hati,,, apa yang mesti aku lakukan,, trimakasih atas sarannya sebelumnya

  • @Andreas,
    Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan. Satu hal yang mesti Anda lakukan untuk mengetahui isi hatinya adalah dengan KOMUNIKASI. Bagaimana caranya? Anda tidak akan tau isi hatinya, bahkan menebak-nebak sekalipun selain dengan BERTANYA, bukan? Jadi menurut sy, lebih baik Anda menggetahui jawabannya sekarang, manis atau pahit sekalipun, daripada Anda penasaran selamanya. Dengan kata lain Anda harus mulai merancang waktu dan saat yang tepat untuk menyatakan perasaan Anda sekaligus menanyakan isi hatinya, serta bagaimana konsekuwensi yang harus Anda berdua hadapi dengan beberapa hal yang berbeda tersebut (keyakinan, suku dsb). Anda harus berani maju selangkah, dari zona nyaman yang selama ini Anda jalani. Demikian semoga bermanfaat.

  • aku tahu kamu cewek idaman di FT Untan. seluruh fakultas teknik kenal kamu. tapi aku yakin cowok lain deketin kamu hanya untuk menaikkan gengsi. terimalah orang yang benar-benar mencintaimu, Olivia.

  • Dear admin,,

    Gw mw nanya ni.
    gw dah lama suka sama seseorang,, n si doi nie sring banget curi2 pandang ke gw, dkat2in gw tp waktu gw gg nyadar klo dia lagi lakukan smua hal2 itu.
    kami jg sering tatap2an mata……
    dia jg brusaha mencari perhatian gw….
    bbrp usaha pdkt ma dia,,, ad rencana gw untuk nembak dia.
    tp gw takut dia msi pacaran ma orng lain…
    dan gw pun banyak memilki pesaing……
    tolong di tanggapi
    Tq

  • Dear Exorcist,
    Terima kasih atas pertanyaannya. Orang bijak bilang kalau cinta berawal dari mata lalu turun ke hati. Anda sudah merasakan tahap pertama bukan (melalui mata).? Lalu kapan turun ke hati? Apabila Anda sudah memiliki chemistry dengannya tanpa keraguan. Sampai disini Anda masih ragu dengan ‘statusnya’. Untuk itu, saya menyarankan agar Anda memulainya tahap demi tahap, karena jika Anda masih bertahan dengan ‘zona nyaman penasaran Anda’ tanpa mau mencari informasi lebih lanjut tentang perasaan dan statusnya. Sampai kapanpun cinta Anda tidak akan sampai ke hati :). Mulai saja dengan hal-hal kecil hubungan pertemanan seperti menyapa atau sekedar senyum jika berpapasan/bertemu sudah merupakan langkah lebar Anda menuju jawaban atas pertanyaan2 Anda tersebut. Selanjutnya, setelah ada balasan tegursapa dan dia merasa nyaman bicara dengan Anda (dalam hubungan teman), barulan Anda menyanyakan statusnya, atau bahkan perasaannya. Cukup mudah sebenarnya untuk dilakukan, namun biasanya berat untuk memulainya. Saya percaya Anda pasti bisa. Selamat Berjoeang!

  • bang gw kan naksir ma cew, gue tu susah bgt kalo ngrangkai kata, brni’a cman kalo sms, kalo telv gue gag bisa ngomong apa”, gue bingung mo ngmong apa, trus kalo telv aja susah bwt gw omong pa lagi kalo ketemu langsung, ?
    gwe mnta saran’a bang,
    trus gw jg mnta d bwtin kata” bwt nembak dia, yang bagus, dan kalo bisa singkat bro, cz gw ssah bgt kalo mo ngomong ma cew,

  • Dear Alex,
    Terkadang memang getar2 asmara hilang ketika Anda sudah semakin terbiasa dengannya. untuk itulah perlu dilakukan refreshment terhadap hubungan asmara agar getr-getar itu tidak hilang begitu saja.

  • Dear Bhima,
    Bukan hanya anda kok yang bermasalah dengan verbal ketika berdekatan dengan pujaan hati, bahkan sy pun pernah merasa demikian. Kuncinya adalah 1) jam terbang, 2) wawasan dan 3)bahasan tubuh. Semuanya bisa dilatih, seiring berjalannya waktu. Yang penting adalah Anda berani mencoba untuk ‘malu’ dan keluar dari zona nyaman anda (hanya selalu diam dan pasif menunggu). Tips2 pada artikel ini bisa Anda ujicobakan, mungkin dikombinasi dengan tips pada artikel ini: Tips Kreatif Melamar Cewek. Selamat mencoba, semoga sukses!

  • aku mau tanya mas admin
    ak knal ma cewk uda 1th dan ak sdh trlmbt nembk dia skrng dia dh pya cwok tp ak g pduli kmren ak ungkpkn smua prasaanku intinya ak udh lga..
    tp kmren dia bilang ma ak.. dia lom bsa ksh jwban..apkh msh ad kesempatan buatku mas?mohon ksih saran..

  • Dear Budhy,
    Terima kasih atas pertanyaannya. Pertama-tama sy ucapkan selamat atas keberanian Anda menyatakan perasaan kepada orang yang Anda sukai. Terlepas dari positif atau negatif hasil yang diperoleh, Anda telah melangkah setengah perjalanan. Dan kelak akan sangan bergunan bagi Anda untuk melakukan ‘penembakan-penembakan’ berikutnya. Terkait jawaban yg diberikan teman Anda tersebut, memang masih memungkinkan Ada untuk diterima. Yang perlu And lakukan sekarang adalah terus tetap mejadi diri Anda sebenarnya, santai dan tetap ramah ketika bertemu dengan dia, berusaha tetap bersikap baik dengan menawarkan bantuan apabila diperlukan serta bersikap normal seperti Anda layaknya Anda tidak pernah menembaknya sebelumnya. Karena Anda masih dalam proses penilaian untuk pertimbangannya. Semoga berhasil.

  • mas ..

    ketika saya bilang ke dia “gua mau lebih dari temen”
    dia jawab “okayy bisa”

    apa saya skrng udah boleh nembak ? dan berapa % saya di terima ?

  • Dear Deni,
    Terima kasih ata komentarnya. Yang perlu diingat bahwa untuk menyampaikan sesuatu hal yang serius sebaiknya juga disampaikan secara serius dalam suasana serius. Sehingga tidak menimbulkan keragu-raguna. Untuk itu ada baiknya, Anda kembali menyatakan perasaan dan keseriusan Anda terhadap hubungan Anda dengan si dia. Sampaikan saja, “melanjutkan proposalku yang kemaren nih, apakah kamu yakin menerima aku lebih dari seorang teman bagi kamu?” selanjutnya Anda bisa menungkapkan penembakan apabila jawabannya ada “ya”. Demikian semoga membantu. Sukses ya:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *