Tips Cepat Mengenal Gejala Awal Leukimia

Sebagaimana penyakit kanker (cancer) yang lain, leukimia belum diketahui penyebabnya. Penyakit leukimia merusak sel-sel darah putih atau dalam bahasa kedokteran disebut sebagai white blood cell (WBC). Dengan pengenalan dan penanganan dini, kesempatan untuk sembuh dari penyakit ini akan lebih baik. Berikut ini adalah gejala-gejala awal dari penyakit leukimia yang perlu Anda ketahui:

1. Anda sering merasa lelah? Leukimia dapat menyebabkan Anda mudah lelah, karena peningkatan produksi sel-sel darah putih mengakibatkan penyerapan energi yang besar dari tubuh.

2. Apakah berat badan Anda terus berkurang? Apakah Anda makan dengan porsi seperti biasanya, namun pakaian Anda semakin longgar? Leukimia menyebabkan berat badan berkurang, karena peningkatan produksi sel darah putih menyerap banyak kalori tubuh Anda.

3. Catat dan rasakan frekuensi sakit kepala/pusing dan kadang memunculkan rasa bingung. Peningkatan produksi sel darah putih yang tidak normal kemungkinan meresap ke sistem syaraf pusat.

4. Apakah Anak Anda seringkali berdarah, mimisan atau muncul lebam-lebam di beberapa bagian tubuhnya? Hal ini merupakan gejala umum penyakit leukimia pada anak. Di samping itu muncul bintik-bintik merah pada bagian tubuhnya, yang merupakan gejala umum leukimia anak yang lain, terkait dengan limpa dan pembengkakan hati.

5. Periksa jenis kepucatan Anda. Apakah anda kecerahan dan kebinaran wajah Anda mulai redup? Hal ini juga merupakan gejala umum leukimia. Peningkatan produksi sel darah putih yang tidak normal kemungkinan ‘mendesak’ sel darah merah anda, sehingga membuat anda menjadi seperti kurang darah.

6. Periksalah kelenjar getah bening Anda. Rasakan sesuatu di di bawah ketiak Anda atau tenggorokan atas Anda. Apakah Anda merasakan benjolan atau semacam pembengkakan di sana? Pembengkakan gejala getah bening merupakan gejala penyakit leukimia

7. Cobalah untuk merasakan dan mengingat-ingat apakah Anda pernah mendapati infeksi ringan namun tak kunjung sembuh? Walaupun tubuh Anda terus memproduksi sel darah putih, sebagai anti body tubuh anda terhadap infeksi, namun sel-sel darah putih yang diproduksi dari tubuh seseorang yang terkena leukimia tidak sempurna dan tidak dapat melindungi tubuh Anda.

8. Periksalah limpa Anda dengan cara: berbaringlah Anda di tempat tidur, letakkan telapak tangan Anda pada perut sebelah kiri, di bawah tulang rusuk. Rasakan apakah ada benjolan-benjolan kecil disana. Hal ini termasuk gejala leukimia.

9. Rasakan, apakah Anda sering berkeringat di malam hari disertai nyeri pada tulang dan perut mual/kembung. Waspadailah! Karena tanda-tanda tersebut merupakan gejala leukimia.

55 Comments

  • leukimia adalah penyakit yg mematikan belum ada obatnya, kalaupun ada pasti mahal dan membutuhkan biaya yang sangat besar serta dapat menimbulkan penyakit yang baru akibat kemoterapi dll sebagainya.Maaf saya bukan bermaksud utk menakuti siapapun tapi ini terjadi pada keluarga saya.
    saran saya bagi penderita dan keluarga maupun yg terdekat dengannya agar bersabar, mungkin ini adalah ujian bagi kita semuanya, jangan sia-siakan hidup penderita keep fighting for live selama kita masih diberi waktu dan perbanyak ibadah bagi saudara yang punya kepercayaan. Dan bagi keluarga yg ditinggalkan agar dapat berlapang dada menerima cobaan ini
    terima kasih buat kalian yang membaca tulisan ku ini. aku sebenarnya tidak suka menulis atau merangkai kata2. cuma kisah ini jadi sebuah cerita dan pengetahuan tentang leukimia jika suatu hari kalian atau org yg kalian cintai dihadapkan dengan kisah yg sama. bersabar, berdoa, berusaha, dan berserah diri jadi bagian dan akhir dari kisah yg begitu menyakitkan ini.
    akhir kata saya cuma bisa bilang sayangi orang tua kalian, selama dia masih bersama kalian. dan percayalah tuhan memberi suatu cobaan
    Amin..

  • Memang benar apa yg telah disampaikan Sdr. Nothing di atas, kita sebagai manusia hanya bisa maksimal berusaha sdangkan nasib dan takdir kita berada di tangan-Nya. Smg kita selalu diberi ‘kekuatan & ketabahan’ oleh-Nya. Terima kasih atas comment Sdr, Nothing.

  • Ass wr wb
    Kepada Rekan Rekan
    Saya punya pengalaman dari keluarga sendiri yaitu Almarhum Ibu Saya.
    Beliau sebelum meninggal mengidap penyakit leukimia , kira kira bisa bertahan sekitar 1,5 – 2 tahun.Alhamdulillah kita bisa merawatnya dengan tekun sampai tiada.Yang penting semangat dari penderita harus dibangkitkan dengan cara perhatian kita yang harus dicurahkan sama konsumsi susu kuda liar itu memang luar biasa ,karena apa ini pengalaman kami yang mana ibu kami setelah dinyatakan kena leukimia kami berusaha mencari susu kuda liar walaupun harus pergi ke Pulau Bima Nusa Tenggara Timur dan itu kami lakukan samapi beliau dipanggil Allah swt.
    Ini sekedar urun rembuk bagi siapapun yang kena leukimia bisa mengkonsumsi susu kuda liar terima kasih

  • Wa alaikumsalam Wr. Wb, Sdr Djoko,
    Sy pribadi turut berduka atas kejadian tersebut, semoga amal ibadah ibu Anda diterima di sisi-Nya. Terima kasih atas sharingnya, semoga akan bermanfaat untuk rekans yang lain.

  • saya sbnr’y cuma tanya, ?
    apa rasa sakit pada kepala bagian belakang jg termasuk jenis penyakit leukimia, ?
    krna saya sering bgt merasakan itu jika saya sedang merasa lelah…
    lebam2 tanpa saya tau dari mana dtng’y…
    apa itu jg termasuk gejala leukimia, ?
    terkadang saya bertanya dgn kondisi kaya gini…
    dan saya coba membuka web tentang penyakit… dan tanda2 yg sering saya rasakan mengapa ada di daerah leukimia…
    penyakit kanker yg paling tertinggi…

    tolong jawab pertanyaan saya itu ya…

  • Sdr Alffo,
    Rasa letih, sakit kepala mungkin merupakan ‘bagian’ dari gejalan leukimia atau cancer, namun tidak menutup kemungkinan terhadap penyakit yang lain. Untuk itu langkah pertama yang perlu Anda ambil adalah malakukan general checkup awal untuk memastikan kondisi tubuh Anda. Mengapa General Checkup? Karena disana akan tergambar kondisi Anda, apakah Anda memang terkena gejala leukimia, cancer atau sekedar anemia/tekanan darah rendah. Apabila memang benar, bisa dilakukan penanganan lebih cepat. Gneral checkup bisa Anda lakukan di Pramita, Prodia atau yang lebih terjangkau harganya di Rumah Sakit-rumah sakit negeri. Demikian semoga dapat membantu.

  • ass. saya sering merasa pusing setiap hari N perut dan punggung saya sering sakit jika malam hari.sya jg prnh mengalami nafsu makan yg tidak baik apakah itu trmsuk tnda2 dri pnyakkit leukimia stadium awal tolong di jelaskan

  • Wa’alaikumsalam Wr. Wb.
    Sdr Nadya, terkait gejala-gejala yang Anda alami, tidak hany leukimia yang memiliki gejala awal tersebut. Penyakit-penyakit lain seperti anemia ataupun tekanan darah rendah. Sebaiknya gejala-gejala awal tersebut segera Anda tindak lanjuti guna mempersempit kemungkinan penyakit yang Anda derita. Kalau Anda segan ke dokter, Anda bisa melakukan langkah awal dengan general checkup yang meliputi tes darah, tes faces dan tes tekanan darah. Saat ini, paket general checkup bisa dipilih dan harganya pun relatif terjangkau, terutama di rumah sakit-rumah sakit negeri. Lebih cepat Anda memeriksakan diri akan lebih baik tentunya. Demikian, semoga dapat membantu dan semoga lekas sembuh.

  • leukimia memang di kenal sebagai penyakit yang mematikan, namun hal itu bukan lah suatu hal penyebab yang menjadikan kita terpuruk. yakinlah bahwa apapun yang di takdirin tuhan kepada kita itu adalah yang terbaik…
    gue putri 19 tahun, tepatnya tanggal 10 september nanti.. aku optimis bisa melewati ultah aku tersebut,,, karena hidupku tak pernah putus harapan… aku akan selalu optimis dengan semua dan apapun yang ingin aku capai,, aku hanya berharap doa dari orang orang terdekat dan yang menyayangiku,,,, aku yakin aku bisa melewati semua ujian yang di berikan oleh tuhan dengan baik,, dan ketika hidupku harus berakhir, aku harap akan berakhir dengan indah..
    amiiiiiin….

  • Sdr Cewek Virgo,
    Terima kasih atas sharing-nya. Saya turut prihatin dengan apa yang Anda sedang hadapi, saya berharap semoga Alloh selalu memberikan yang terbaik untuk hambanya. Sy pribadi salut dengan semangat juang Anda, dan memang yang terbaik adalah selalu mengisi hidup dengan kegiatan positif dan semangat optimis, agar kita bisa memberikan kebahagiaan buat orang-orang terdekat kita. Sekali lagi, sy sampaikan semoga Alloh selalu memberikan yang terbaik buat Anda. Amiin. Tetap semangat ya…

  • saya mau sharring saya merasakan sakit kepala yang luar biasa dan saya juga mengeluarkan darah di hidung banyak sekali trus di tubuh saya juga ada luka lebam pada saat jatuh maupun tersandung perut saya juga merasakan sakit saya juga pernah demam terus kalau pada malam hari sewaktu tidur seluruh tubuh saya sakit terutama di punggung apakah saya mengalami leukimia soalnya badan saya terasa lemas loyo bawaannya capek dan ada perasaan mual

  • hallo… tetap tabah & tawakal ya… emang ini ujian yg berat buat sisakit sendiri dan keluarga atw orang terdekat dengan sipenderita.. kalau menurut saya pengobatan yg di lakukan dg meminum urine sendiri selama itu memang pengobatan.. klu memang dirasa tak ada jln lagi misal tidak ada biaya untuk pengobatan atw tak ada lg obat yg diperlukan… kalau seandainya saja saya tahu pengobatan murah dan gratis seperti itu sebelumnya pasti saya akan sarankan juga buat almh istri saya .. tapi sekrang dia dah tidak merasakan lg semua sakit dan penderitaannya.. dia meninggal dipanggil olehnya 1 thn yg lalu bertepatan di bln ramadhan jg… saya betul-betul tidak tahu sebelumnya tentang penyakit kanker darah ini.. dan sebelumnya istri saya tidak pernah sakit parah apapun jg selama hidupnya… pertama diperiksa di rs lgs diketahui dah stadium 3… karena ketiadaan biaya dan dia maunya dirawat dirumah saja sambil merawat bayi kami waktu itu… yg diagnosa dokter 3 bulan lg kesempatan utk hidup.. alhamdulillah dia malah bisa bertahan 2 tahun sampai matanya sj yang bisa digerakannya… buat klg dan family berikanlah motivasi yg terbaik buat sisakit untuk menjalani hidupnya… berikan yg terbaik walau disisa hidupnya.. amin…

  • saya menyampaikan kabar baik untuk anda ,bahwa kami telah menemukan obat leukimia ,dan telah di uji keberhasilanya mampu menyembuhkan secara permanen .tidak perlu kuatir soal mahalnya biaya,bila anda kesulitan biaya kami akan membebaskan biaya pengobatan hingga sembuh [ khusus untuk anak-anak ],anda bisa mengirimkan data pemeriksaan ke alamat ; jl belimbing 2, no 2, pondok candra indah ,waru sidoarjo ,jawa timur ,61256. atau hub saya langsung di ;0857 300 73160, 03160207117.

  • Inalillahi wainnalilahiroziun , satu lagi penderita leukimia dipanggil yang kholik…tanteku yang cantik dan pintar (maryanih), begitu sabar and tabah ia menghadapi penyakit ini sampai2 orang lain pun kaget dibuatnya…….tapi saya yakin apapun penyakit yang di derita baik berat maupun ringan allah pasti sudah menyediakan obatnya, yang tabah ya.. untuk semua adik2ku karena mama sdh enak disisiNYa

  • Kakek saya tersayang hanya bisa bertahan sampai 3 bulan dalam menghadapi penyakit leukimia yang dideritanya. Tidak hanya merasakan penderitaan karena penyakitnya tersebut tetapi semangatnya untuk hidup sebetulnya masih sangat tinggi tetapi karena rasa sakit yang kakek saya rasakan karena penyakitnya ia pun tak tahan dan ia pun meninggal disaat kami seluruh keluarga besar mendampinginya disaat terakhir hidupnya. Semasa hidupnya kakek saya terkenal pekerja keras dan tidak pernah mengeluh sakit, hingga suatu saat ia ditemukan terjatuh di kamar mandi dan pelipis matanya berdarah. Saat itu tante saya membawa kakek saya ke rumah sakit dan dokter menangkap gejala leukimia terhadap kakek saya…. Keluarga shock mendengar hal tersebut… Untuk memastikannya kakekpun dibawa ke salah satu rumah sakit di penang untuk melakukan pemeriksaan atas penyakitnya dan dokter menyatakan bahwa kakek saya positif mengidap leukimia. Seluruh keluarga sangat sedih mendengar hal itu… Kesedihan itu semakin menyayat hati saat kakek dirawat di salah satu rumah sakit di jakarta, dokter yang menangani kakek menyatakan kakek hanya bisa bertahan sampai 3 bulan saja, dan semasa ia bertahan rasa sakit yang akan ia rasakan sangatlah luar biasa…
    Dan ternyata itu semua benarlah adanya…. Kakek kini sudah pergi dan tenang bersama Ia di surga….. tetapi kami tidak akan melupakan kenangan bersama kakek kami tersayang….
    Untuk itu saya menyarankan tidak ada salahnya kita untuk melakukan pemeriksaan medical check up untuk mengetahu sejauh mana ketahanan daya tubuh kita…. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari hal yang tidak kita inginkan…
    Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

    Salam sejawat,

  • saya sering mengalami kerontokan rambut yang berlebihan.tidak hanya satu dua tapi setiap saya sisiran, rambut saya banyak yang rontok.Bagaimana pendapat anda?
    saya khawatir kalau itu merupakan gejala awal leukemia

  • aqu juga cewek virgo yang punya penyakit kaya kamu,,,
    aqu juga optimis kalo ultah aqu bisa aqu lewatin dengan baik,,,
    alhamdulilah sekarang aqu bisa ngejalanin perintah allah yang benar aqu tau waktu aqu gag banyak buat hidup didunia ini jadi aqu mau bener2 ngejalanin perintah allah,,,
    aqu maia ultah aqu ma putri gag jauh beda dari qm,,
    tgl 5 september besok,,
    tapi aqu yakin aqu masih dapat hidup lebih lama lagi.
    amin….
    apalagi aqu salut sama cwo aqu yang saiank ma aqu bgd makasih buat allah aqu saiank allah…
    semangat buat kalian semua yang saqit leukimia aqu yakin ada hal terindah buat kita,,
    oqwe,,,
    semangat 300x…
    _arifnaya_

  • saya mw tanya….
    saya sRing pusing dan pRut saya sRing sakit….. kadang kLo ga tahan saya sring pingsan jg…
    apa itu gejala Leukemia??????????
    saya wktu itu sudah priksa k dokter…kta dokter itu, sel darah putih saya lebih banyak di bandingkan dgn sel darah merah’y dan saya di sarankan untuk check Up…..
    saya jd takuT……
    tapi apapun yg terjadi,saya yakin kLau itu memang yg terbaik bwT saya…

    Terima kasih.

  • saya sering mimisan dan sering pusing itu terjadi hampir setiap hari.. apakah itu juga termasuk gjala leukimia???

  • 2003 pertama saya divonis kena getah bening, diikuti dengan hipoglukosa. 2 tahun saya lewati dengan berbagai pengobatan medis. 2005 vonis baru muncul saya dinyatakan leukemia. semua srasa mau berhenti. dalam satu hari saya bisa drop (mendadak kehilangan kesadaran) lebih dari 5 kali. smua kegiatan kacau.
    berat badan turun dari 56 kg menjadi 44 kg dalam 2 bulan.
    tapi satu hal yang slalu saya yakini kalo hidup saya masi panjang.
    akhir 2005 saya tidak kuat lagi makan segala macam obat2an. alhamdulillah ketemu seorang ahli pengobatan alternatif. sampai skarang saya msi bertahan biarpun sekali-kali jika kecapean saya drop lagi.
    kenyakinan untuk bisa hidup adalah suatu hal yang paling penting. semua harus yakin akan hal itu.

  • saya juga harus kehilangan anak saya satu2nya karena ada keganasan darah dan penekanan pada sumsum tulang. awalnya pada saat usia 4 bulan dia demam,saya bawa ke dokter Sp,A disuruh tes urine rutin hasilnya lekosid tinggi dan diagnosa dokter infeksi saluran kencing. diobatilah infeksinya itu dan berlanjut karena sering kambuh selama hampir 5 bulan. karena saya tidak puas saya ganti dokter Sp,A yang lain dan disuruh opname karena anak saya sudah lemas dan pucat. snetelah diambil daraah ternyatal hasilnya ada kegnasan darah dan penekanan pada sumsum tulang. saya langsung telpon budhe saya yang kebetulan seorang dokter di RS. Sardjito dan disarankan untuk segera dibawa ke Jogja dan ditangani oleh dokter hematologi karena di solo dokter hematologi belum ada. Hari itu hari minggu dengan naik ambulance dari RS di Solo menuju RS. Sardjito kondisi anak saya semakin buruk. HB, lekosid, trombosit, drop smua,jantung membegkak dan ada lubang 3inc,lever,lambung dll sudah rusak. hati saya hancur, takut, dan harus saip sewaktu2 harus kehingan anak. Setelah berusaha untuk bertahan hidup dan sudah ditangani 6 dokter terbaik juga obat2an yang mahal, akhirnya tembok pertahan anak saya runtuh juga. 5 januari 2010 Tuhan memanggil anak saya CHARISTA NATHANIA yang kurang 3 hari menjelang ultah pertamanya. tapi itu adalah yang terbaik untuk Charist, saya, dan suami. Selamat jalan Charist, anakku….

  • saya sering sekali mengalami gejala-gejala di ataz ,dan itu setiap hari .lama kelamaan berat badan saya turun dan semakin hari wajah saya semakin pucat .tapi saya belum siap jika harus periksa lebih lanjut untuk mengetahui kejala-kejala ini .

  • ass. saya sering sekali lemas dan letih setiap kali beraktivitas, bagian badan saya sering biru2 gak jelas datangnya dari mana walau gak sakit, yang sering menyiksa juga ketika tulang-tulang saya sering linu. samapai saya kesakitan karena entah sakit tulangnya begitu sakit atau linu nya yang gak nahan. kepala saya juga sering sekali sakit luar biasa walapun untuk memalingkan mata sampai saya cek ke dokter syaraf namun katanya saya hanya lelah. tapi yang bikin aneh saya sering merasakan ke anehan di badan saya itu. apakah saya terkena leukimia? tolong di jawab ya

  • saya penasaran dengan gejala yang saya derita saat ini! dgn ciri2 seperti sering mengalami pusing and suka bingung gak karuan itu dialami hampir setiap saat, sering keringat dingin, tangan saya terasa pegal saat meng genggam benda, saya juga sering merasa lelah dan saya tdk bs melihat dengan jarak yang kira2 (5 m) jauhnya, terkadang di saat saya berkendara perut di sebelah kiri saya suka sakit. sebenarnya saya mengidap penyakit apa ? siapapun yg mengetahui penyakit dgn gejala tersebut tolong di jelaskan ya……
    utk pmberi tahuannya jika bisa lewat e-mail saya ja ya….. ke
    “monic_tj@yahoo.co.id” terima kasih sebelumnya

  • Ass.Wr.Wb
    sy mau sharing,
    cow sy,(br 7bln jdian)mengidap leukimia sjak smp(wkt dperiksa udh stdm 2)mgkn pnyktnya ini udh sjak kcil tp ortunya g tw ttg gjala2nya.
    Saat ini cow sy,alhamdulillah udah mnylsaekan S1nya,walau wkt sidang akhr hrs mggunakan kursi roda,krn ad pnymptan syaraf dkaki kiri yg mnyebabkan dy g bs jalan.
    Jujur sy sedih bgt tw hal it,tp sy cm bs mberi semangat agr dy bs btahan lbh lama(dktr memvonis max 2th dhtg dr awl 2009 lalu).
    Awl th 09 dpunggungnya dpasang chip u/mengntrol pkmbngn sel darah pth.Dan Awl th lalu,dy operasi paru2 krn spon paru2nya ad yg bocor krn ktdkstblan sel darah merah sbg pengangkt oksgen,,
    pasca operasi paru,tnyt obtnya kmplikasi dg obt kankernya,dan dy g tahan dg be2rapa kali pgsan.
    Buat teman2 yg bc tlsan ini,mhn bntuan doa agr Allah mberikan yg tbaik buat dy,amin.
    seringkali sy tdk bs menahan air mt wkt dy ngmg udh g kuat..Tp sy pcy Allah akn mbrkn yg tbaik bwt dy,andaikata dy akn bpulang,insya Allah sy akan ikhlas.
    1 ptnyan,ap dg kondisi spt itu,msh bs dsmbuhkan?Atau paling tidak mbuat kmgknan utk smbuh mjd lbh bsar(dktr blng msh 10%),jk ad obt alternatif,brppun biayanya,insya Allah dr phak keluarga mau mbyrnya dmi ksmbhnya.
    Wass.Wr.Wb.

  • Dear Ana,
    Pertama-tama saya sampaikan atas sharing yang Anda sampaikan (yang mungkin akan sangat berguna buat rekans yang lain). Terkait pertanyaan Anda mengenai kemungkinan kesembuhan, sekali lagi yang dapat kita lakukan adalah terus berusaha semaksimal mungkin, dengan diiringi doa, karena hanya Alloh yang bisa memiliki kepastian. Demikian, saya turut mendoakan, semoga kekasih Anda dapat segera diberi kesembuhan dan mendapat sesuatu yang terbaik dari-Nya. Amiin.

  • Dear Bebe,
    General Checkup merupakan pengecekan secara umum tentang kondisi tubuh Anda. Pada umumnya disediakan beberapa paket general checkup, dengan rincian test darah, test rekam jantung, eeg, test faces, test buta warna, test urine sampai dengan konsultasi gizi ke dokter. Pasien dapat memilih paket-paket yang tersedia, apakah test darah, test faces dan rekam jantung saja ataukah (i) overall (/i).

    Test darah secara umum bisa diakomodasi dalam general checkup seperti keterangan di atas. Namun apabila ditemukan kelaianan pada test awal tersebut, Dokter akan melakukan test lanjut terhadap darah Anda.

    Jadi, ada baiknya Anda melakukan konsultasi ke dokter, kemudian melakukan General Chekup, dan selanjutnya menyampaikan hasil general Checkup tersebut ke dokter bersangkutan untuk dipelajari lebih lanjut hasilnya.

    Demikian semoga dapat membantu.

  • Saya maw tanya nih, akhir2 ini kesehatan saya smakin drop.. Kpla saya jg srg bgt sakit.. Sy jg sring bgung g karuan gt.. Skrg tgn saya muncul lebam2.. Kdg2 dr hdung jg sk kluar cairan yg dingin.. Di bawah tlg rusuk, jika d sntuh, saya bisa merasakan benjolan2 kecil.. Apakah itu gjala dari leukimia?

  • Gejala yg saya alami hampir sama dgn sdri nadya namun rambut saya sering rntok. .
    Slma ini saya d paksa untk chek up k dkter ma co saya.v saya tidak pernh mau.krna saya tkt sm pa yg akan terjd nant
    Tlng ksh jwban y. .!!
    Pa kah itu gjala leukimia. . ??

  • Saat ini saya sedang mengalami gejala2 seperti yang disebutkan di atas: cepat letih, berat badan terus berkurang, sakit kepala, bahkan mimisan bisa sampai 2 kali sehari, 2 hari sekali, bahkan pernah mimisan sampai satu setengah jam…
    Saya sudah check up ke dokter THT, melakukan rontgen untuk sinusitis, tapi ternyata tidak ada tanda2 sinus. Dokter menganjurkan untuk check darah, siapa tau pembekuan darah tidak sempurna, tapi ternyata tidak juga.
    Dokter lain mengatakan pembuluh darah saya tipis. Tapi apakah mungkin pembuluh darah sya tiba2 menipis sejak 7 bulan yang lalu (sjak saya intens mimisan)? karena sebelumnya tidak pernah.
    Ada dokter yang mengatakan tulang hidung saya bengkok. Mungkinkah tulang hidung bisa bengkok begitu saja? (Karena selama 7 bulan terakhir saya tidak pernah mengalami kecelakaan yang memungkinkan trjadi kebengkokan pada hidung saya)
    Atau mungkinkah itu gejala Leukemia?
    Harus periksa kemanakah saya selain ke dokter THT dan melakukan General Check up…?
    Terimakasih.

  • saya mengalami semua gejala tersebut dan tdk ada org yg thu kecuali aku dan temanku,apa aku salah merahasiakan ini semua dari org termaksud org tuaku ?

  • Dear Mega,
    Ada baiknya Anda segera menyampaikan hal tersebut pada orang tua, untuk dapat dicari jalan keluarnya bersama.

  • aku trkadang gk kuat,tp bgaimanapn hdup hrus tTp dhadapi… Smga Allah menyediakan tmpt istrht trbAik..amiin…

  • saya ingin tau ap gejala yg saya alami blakangn ini trmasuk gjala pnykit leukemia ..
    . saya sering skali pusing..
    . tbuh saya mudah lelah ..
    . bagian prut trasa membngkak ..
    . bagian leher jga trasa membengkak ..
    . d’bawah tlang rusuk saya ad bnjolan kcil..
    . lbam” biru pda kulit sring muncul …
    . wjah saya mnjdi pucat ..
    . brat bdan saya mnurun pdahal saya mkan dgn porsi sprti bisanya ..

    saya ingin tau . gejala pnyakit apa itu ????
    apa itu gjala leukemia atau krna kcapean biasa ????

    tolong bntuan’y yah ..
    saya tunggu :)
    .

  • Ass. Saya mau nanya. Saya udah kena penyakit anemia dr kelas 1smp(skrg kls 3). Malah sampe sering pingsan pas upacara, jalan2. trs saya udh kena penyakit maag akut dr kecil. Akhir2 ini kaki sm tngn saya sering kram, jantungnya jg berdebar kenceng(dadakan), punggung sering pegel, gampang sakit kepala, dan kalo misalnya beres belajar (dr duduk trs mau berdiri) penglihatan kabur trs lngsng jatoh, beres makan mual trs, dan sy srg dikatain mayat hidup gara2 kulit sy yg pucet. Itu bs menjurus ke leukimia ga? Tlg infonya. Mohonn bgtt

  • Assalamu’alaikum.
    saya mau nanya, saya selalu merasakan sakit pada bagian kepala, tulang punggung, gampang capek (lemas) dan kulitnya gampang lebam. apakah itu termasuk kena penyakit leukimia???

  • maaf nih saya mau tanya, waktu umur saya 2 1/2 tahun kata dokter, sel darah putih saya memproduksi 2x lipat dari normalnya sedangkan sel darah merah hanya memproduksi hanya 1/2 dari normalnya, wajah sering pucat hingga sekarang, di bawah mata pun warnanya pucat sekali, lalu kantung mata yang besar, karena saya juga ada insomnia, dulu saya hiperaktif jadi tidak pernah merasakan lelah yang bagaimana, tapi sekarang melakukan apa saja cepat lelah, terus kadang tulang rusuk saya (kira-kira seminggu 5 hari saja) saya merasakan sakit yg berlebihan, ngilu gak jelas, dan berat badan saya meningkat tapi lama sekali terkadang tremor waktu saya SMP kelas 1 berat badan saya hanya 40-41kg, tpi sekarang saya SMA kelas 3 berat badan saya hanya 45-46 kg, bisa di bayangkan bukan kurusnya seperti apa? saya tidak berani memeriksakannya ke dokter, karena saya takut jarum suntin dan lain”nya, apakah benar saya mempunyai penyakit leukemia/kangker darah? trima kasih..

  • Dear Gerogia Rachaella,
    Memang gejalan leukimian sedikit banyak mirip dengan gejala anemia. Untuk itu, berdasarkan rekam medis yang Anda sampaikan dari usia 2 1/2 tahun tersebut, ada baiknya Anda segera konsultasikan ke dokter, atau setidaknya Anda bisa coba general checkup terlebih dahulu. Biaya untuk general checkup pun relatif tdk terlalu mahal (antara Rp300.000-Rp700.000). Apapun hasil general checkup tersebut, akan menjadi yang terbaik bagi Anda, apabila dinyatakan negatif,berarti Anda bisa lebih tenang, sebaliknya apabila dinyatakan positif, Anda bisa segera memperoleh pengobatan dini. Demikian penjelasan dari saya, doa saya,semoga Anda selalu dikaruniai kesehatan. Amiin.

  • maaf, saya mau tanya…
    saya serin merasa pusing2, kulit biru2 tanpa sebab, dan saya tidak bs lelah sedikitpun. klo kelelahan saya pasti langsung pusing, pandangan hitam dan tiba2 langsung jatuh seperti badan tidak ada tenaga…
    kalau saya kecapekan sedikit, langsung keringat dingin lalu badan panas dan punggung saya langsung terasa pegal2…
    jantung saya jg berdetak lebih cepat, dan saat saya melakukan tes darah kadar vit b12 saya sangat tinggi yg seharusnya hanya 200-400, tetapi saya 8600
    apahkah ini sakit leukimia?
    tolong di jawab yah….

  • Dear Inggrit,
    Saran saya sebaiknya Anda segera melakukan general checkup guna mendeteksi sedini mungkin gejala penyakit yang Anda alami tersebut. Dan segera mengkosultasikan hasil general checkup tersebut ke Dokter. Kalau Anda keberatan dengan paket general checkup lengkap, Anda bisa memilih opsi general checkup cek darah dan faces.Lebih cepat tentu akan lebih baik. Demikian saran saya, semoga segera sembuh.

  • maaf sebelumnya…tapi kenapa coment2nya kebanyakan malah bikin hati jadi miris, Padahal saat ini dunia kedokteran telah begitu maju. Banyak yang telah berhasil sembuh dari leukimia. Yg penting selalu optimis, berusaha dan berdoa. Bagi keluarga yg salah satu anggotanya terkena leukimia…mohon cari informasi, bisa melalui google or sharing dgn teman2.

  • rekan2 semua
    Sebelumnya MINAL AIDZIN WAL FA IDZIN

    mohon arahannya,
    akhir2 ni saya baru tahu kekasih saya mengidap leukimia..
    saya sangat sayang sama dia..
    Apa yang bisa saya lakukan agar selama kami bersama tidak ada penyesalan dan aku bisa membuat dia bahagia. Saya sudah berusaha membujuk dia untuk banyak makan dan minum susu, namun terkadang dia rewel.. ya bagiku memang wajar tapi ya mau tidak mau bukankah itu harus dilakukan. terlebih saat ini posisi ku jauh dari dia karena kerja di luar kota. bahkan yang paling membuat saya merasa sangat sedih berat badannya selalu turun. Sedangkan dia tidak ingin saya merasa sedih, Bagaimana bisa?
    Mohon bantuan arahannya apa yang bisa saya lakukan dalam posisi saya ini..?

  • Dear Blue,
    Terima kasih atas komentarnya. Pertama-tama sy turut prihatin dengan perihal yang sedang Anda dan kekasih alami. Hubungan long distance memang mempunyai ‘tantangan’ tersendiri, khususnya tentang efektifitas pertemuan Anda dan pasangan. Sy hanya memberikan masukan bahwa penyakit leukimia memang sulit untuk disembuhkan dan menuntu perhatian khusus pada pasien. Untuk itu, ada baiknya kalau Anda bisa memanfaatkan setiap detik waktu yang berjalan untuk memberikan perhatian dan merawat kekasih Anda tersebut. Mungkin Anda bisa segera menikahinya dan membawa serta kekasih Anda tinggal bersama, setidaknya dengan begitu Anda semakin dekat denganya dan bisa memberikan perhatian lebih kepadanya. Demikian masukan sy, kurang dan lebihnya sy ucapkan terima kasih. Semoga Alloh selalu memberikan yang terbaik buat semua hamba-hambanya. Amiin

  • hay…
    saya lia umur 16th, sy sering pusink, tangan saya sering sakit, badan sy merah”, nd jika sy flu. flu i2 tdk sembuh”
    memang sih agustus lalu swktu darah sy di cek trnyta leukosit sy 2x lipat dr normal..

    apa sy mengidap leukimia y?? trus kalo sy mau tau lebih lanjut itu bagaimana??
    terima kasih…

  • Terima kasih atas pertanyaan yang telah disampaikan. Berdasarkan hasil tersebut, ada baiknya Anda segera membawa hasil lab tersebut ke dokter spesialis penyakit dalam untuk berkonsultasi dan melakukan langkah-langkah tindaklanjut medis yang lebih komprehensif. Karena hanya dokter spesialis yang dapat memastikan diagnosa yang tepat untuk penyakit Anda, berdasarkan hasil lab tersebut. Demikian semoga selalu diberikan kesehatan.

  • terimakasih atas infonya,, apakah gejala itu berhubungan dengan mag? karena saya punya penyakit mag yang lumayan akut
    jika iya, apa yang sebaiknya harus saya lakukan?

  • asslmu’alaikm..

    Sjak umur 4th sy sering sekali mimisan, bahkan hampir stiap hari. Krn saat it sy msh kcl sy tdk bgt mempermasalahkan’y dan k2 org tua sy pun hany mengira sy kecapean.
    Semakin kesini smpai skr usia sy 18th sy msh sk mimisan hanya sj frek’y tdk seserg dlu, bhkan trkdg saat bgn dr tdur tba2 drah keluar dr hdung sy tanpa sbab.
    Tman2 sy khwtr jk gjala’y tryt leukimia, krn dsmping mimisan sy dr dl tkanan drah sy rendah, mudah lelah, skt kpla, dan sstm kkblan tbuh yg krg baik, aplg thdp cuaca dgn. dsmpg itu dalam 2bl trakhr brat bdan sy sdh b’kurang 4kg pdahal sy mkan spt biasa. Saat sy b’obat krn flu, sy btnya perhal mimisan, tp dr. tsb hanya bkt mgkn kecapean atau krg vit, bs jg krn pmbluh darah d hdung sy tipis. Bgmana mnrt admin?

  • Dear Maya,
    Terima kasih atas pertanyaannya. Mimisan memang salah satu gejala dari leukimia, NAMUN, mimisan juga bisa disebabakan karena gejala penyakit lain. Bisa karena pembulu darah hidung yang cenderung tipis, atau bisa juga karena alergi (saudara saya mengalamiya untuk kasus ini). Ketika itu, langkah yang pertama sy ambil adalah melakukan general check up, kemudia membawa hasilnya ke dokter umum, oleh dokter umum dirujuk ke dokter sepesialis THT. Akhirnya setelah melalui 6 bulan masa pengobatan alergi di dokter THT, sodara saya sudah tidak mimisan lagi. Kesimpulan akhir dokter THT adalah karena Saudara saya alergi terhadap debu-debu rumah tangga. Untuk itu, sy meyarankan agar Anda melakukan general checkup terlebih dahulu, dan lanjutkan konsultasi pada dokter. Demikian semoga membantu.

  • Wa’alaikumsalam.,
    Setau saya leukimia blm ada obatnya.,
    Tapi yg pasti selama msh ada keyakinan dan kemauan keras untuk sembuh insyaallah ada jalan., ibu saya juga terdiagnosa leukimia pada bulan maret 2015 lalu., semua keluarga dan saudara sempat syok dengan kabar tersebut., tapi saya dan keluarga mempunyai keyakinan jika ibu saya akan sembuh dan masih punya jalan yg panjang.. Banyak tetangga., teman., dan saudara yg menjenguk ibu saya untuk mendo’akan juga., salah satu diantaranya ada yg memberikan informasi ttg kesehatan., dan kami memutuskan berikhtiar dgn produk itu untuk ibu saya., alhamdulillah dengan ikhtiar itu ditambah do’a dari bnyak saudara serta keyakinan pada Yang Maha Kuasa 2 bln kemudian ibu saya sudah dinyatakan normal pada hasil check up bulanannya., hingga sekarang alhamdulillah semakin membaik., berat badannya dulu yg sempat turun 15kg sekarang sudah kembali normal., memang kami mengeluarkan dana jutaan rupiah untuk ibu saya., tapi alhamdulillah ibu saya bisa sehat kembali.,
    Semoga informasi ini bermanfaat untuk semua.,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *