Tips Sederhana Merawat AC Mobil

Tetap merasakan kesejukan saat di dalam mobil, saat berkendara di siang hari dengan cuaca panas, tentu menjadi dambaan setiap orang. Jika Anda ingin selalu mendapatkan kesejukan itu, perawatan terhadap AC mobil secara rutin dan optimal, merupakan kuncinya. Secara periodik, setahun sekali, Anda perlu memeriksakan AC mobil. Namun, ada bagian-bagian dari AC yang perlu diperhatikan dalam langkah perawatan. Berikut Tips merawat AC mobil Anda:

1. Periksa Selang. Anda perlu memeriksa selang atau host AC. Apakah ada kebocoran atau tidak. Sebab, kebocoran pada bagian ini dapat menyebabkan AC tidak lagi dingin.

2. Perhatikan Receiver. Perhatikan pula apakah receiver/dryer yang ada masih layak pakai atau sudah harus diganti. Lihatlah pada bagian indikatornya. Jika terjadi kerusakan, secepatnya Anda mengatasinya. Sebab jika terlalu lama dibiarkan, kerusakan itu akan merembet ke alat lain seperti expansion valve, kompresor dan sbagainya

Baca Juga:

10 Artikel Tiptipseru.com Paling Populer 2015

3. Apakah pelumas Cukup. Perhatikan juga apakah pelumasnya masih cukup atau perlu ditambah. Anda juga perlu membersihkan bagian condensor, karena alat ini rentan terhadap penumpukan kotoranyang juga berpengaruh pada faktor udara dingin yang dihasilkan AC.

4. Bersihkan Unit Pendingin. Jangan lupa untuk rutin membersihkan bagian unit pendingin. Bila tidak, udara dingin yang dihasilkan tidak dapat menembus keluar akibat dindingnya dilapisi kotoran tebal. Bahkan, lebih parah lagi, keteledoran tersebut dapat mengakibatkan karat dan bila suatu saat dibersihkan dapat terjadi kebocoran.

5. Lihat Freon. Jangan lupa untuk memeriksa freon AC Anda. Masih layak atau tidak. Dan untuk mengisi freon atau gas harus diperiksa terlebih dahulu oleh bengkel service AC. Demikian juga, Anda perlu membersihkan evaporator dari kotoran.

Selanjutnya...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *