Tips Mudah Menenangkan Bayi

Tidak ada satu cara yang pasti untuk menangkan bayi. Orang tua akhirnya akan mengetahui apa yang paling berhasil untuk meredam tangisannya. Jika tidak ada alasan tertentu – seperti lapar, lelah dan sakit – bayi terus menangis, maka beberapa tips berikut ini dapat Anda coba:

1. Membungkus Bayi dan Mendekapnya. Bayi baru lahir senang dalam lingkungan yang hangat dan nyaman seperti halnya rahim ibunya. Jadi cobalah untuk membungkusnya dengan selimut atau menggendongnya dalam dekapan.

2. Putar Musik. Bayi dalam rahim terbiasa mendengar detak jantung ibu, yang menjadi alasan mengapa bayi senang didekap. Nah, ketika bayi menangis, Anda dapat mencoba untuk memutarkan lagu-lagu lembut untuk untuknya, menyanyikan lagu-lagu mejelang tidur atau mendengarkan ia mendengar bunyi yang berulang-ulang seperti suara kipas angin.


3. Mengayun. Goyangan pada saat Anda mengegndongnya, kadang cukup berhasil untuk menenangkan bayi. Maka cobalah untuk mengayunnya misalnya dengan dipangku di atas kursi goyang atau ayunan khusus bayi. Anda juga bisa menaruhnya di atas kereta bayi dan membawanya berjalan-jalan

4. Memijat. Pijat dapat dijadikan sebagai salah satu upaya untuk menenangkan bayi. Jangan khawatir bahwa Anda tidak tahu teknik melakukannya. Yang terpenting, lakukan denganlembut dan perlahan, yang akan memberikan kenyamanan. Juga, cobalah untuk menggosok perut atau punggung bayi. Ini akan menolong terutama jika bayi seperti ‘masuk angin’ yang mungkin menjadi alasan mengapa ia menangis

5. Menghisap. Behkan ketika ia tidak lapar, menghisap dapat menstabilkan denyut jantung dan menenangkannya. Ada beberapa bayi menjadi tenang ketika disusui ASI atau diberikan dot.