Tips Rahasia Lolos Seleksi Psikotes

Dewasa ini, hampir semua perusahaan menggunakan Phsicology Test/Tes Psikologi atau psikotes/psikotest sebagai bagian dalam tahapan penerimaan calon pegawai. Keunikan dari tes ini adalah pada “ketidakpastiannya”. Mengapa? Karena faktor ini dapat memutarbalikan perhitungan logis potensi seseorang. Sebagai contoh, seseorang lulusan perguruan tinggi terbaik di negeri ini dengan IPK : 3 koma dan berpengalaman sebagai asisten dosen, tidak dapat lolos dari lobang jarum ujian psikotes sehingga akhirnya harus berwirausaha karena belum pernah mampu melewati psikotes untuk diterima bekerja di sebuah perusahaan. Memang ini ironi, namun ini fakta. Psikotes memang merupakan fenomena tersendiri bagi para pelamar kerja. Penulis juga pernah menghadapi hal serupa, untuk kemudian harus bangkit melalui proses “learning by doing”. Penulis bukan seorang psikiater maupun phsicology tester, namun beberapa tips yang akan di-share berikut ini, berdasarkan pengalaman penulis ketika menghadapi psikotes, diharapkan mampu membantu mengurangi kegagalan psikotes Anda:

1. Tes Logika Aritmatika. Tes ini terdiri atas deret angka. Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan analisa anda dalam memahami pola-pola/kecenderungan tertentu (dalam wujud deret angka) untuk kemudian memprediksikan hal-hal lain berdasarkan pola tersebut. Tipsnya: 1) jangan terpaku pada deret hitung atau deret ukur perhitungan matematika saja yaitu jangan terpaku pada 3 -4 angka terdepan dalam deret namun adakalanya anda melihat deret secara keseluruhan karena pola bisa berupa urutan, pengelompokan berurutan maupun pengelompokan loncat. 2) Ingat keterbatasan waktu. Jangan terlalu asyik dan terpaku hanya pada sebuah soal yang penasaran ingin anda pecahkan, lompati ke soal berikutnya karena terkadang soal di bawahnya lebih mudah dipecahkan dibandingkan soal sebelumnya. 3) Anda bisa melatih kemampuan anda ini dari buku-buku tes UMPTN/SPMB untuk materi deret hitung/deret ukur. Contoh:

16 8 4 2 1 1/2 … …

Baca Juga:

10 Artikel Tiptipseru.com Paling Populer 2015

45 15 18 6 9 3 … …

2. Tes Logika Penalaran. Tes ini terdiri atas deret gambar baik 2 maupun 3 dimensi. Yang ingin diukur dalam tes ini adalah kemapuan anda dalam memahami pola-pola/kecenderungan tertentu (dalam wujud gambar) untuk kemudian melakukan prediksi berdasarkan pola anda tersebut: Tipsnya: konsetrasi, hati-hati dan teliti. Karena bentuk-bentuk yang ditawarkan hampir serupa walau tak sama.Contoh:

LOGIKA

3. Analog Verbal Test. Tes ini terdiri atas 40 soal yang berisi sinonim/antonim/analog suatu kata. Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan logika anda terhadap sebuah kondisi, untuk melihat sejauh mana anda memahami sebab-akibat suatu permasalahan. Tipsnya: Apabila anda bermasalah dengan konsentrasi dan logika, anda bisa mem-bypass-nya dengan menghafal soal dan jawaban. Karena beberapa kali penulis menghadapi tes in, soal yang diberikan relatif sama. Contoh:

wanita : kebaya = pria :
a. sepatu b. baju c. topi d. jas

kubus : pyramid = empat persegi :
a. peti b. mesir c. pentagon d. segitiga

4. Kraeplien/Pauli. Tes ini terdiri atas gugusan angka-angka yang tersusun secara membujur (atas-bawah) dalam bentuk lajur-lajur. Calon pegawai diminta untuk menjumlahkan dua angka yang berdekatan dalam waktu tertentu di setiap kolom dan menuliskan disampingnya. Yang diukur dalam tes ini adalah konsistensi, ketahanan, sikap terhadap tekanan, kemampuan daya penyesuaian diri, ketelitian sekaligus kecepatan dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Tipsnya : 1) Jangan sekalipun menggunakan pensil mekanis dalam tes ini melainkan pensil biasa atau pulpen saja, karena tes ini sangat terikat dengan waktu. Pensil mekanis membutuhkan di-reload ketika ujung granitnya habis, mekanisme ini membutuhkan waktu sekitar 0.5-1 detik. Apabila anda melakukan reload dalam 10 lajur berarti anda telah kehilangan waktu 5-10 detik. 2) Usahakan jumlah angka yang dijumlahkan di masing-masing kolom stabil. Hasilnya akan lebih baik jika dibandingkan anda memaksakan diri di awal tes namun tergopoh-gopoh di pertengahan dan akhir tes. Kendalikan diri anda untuk menghemat tenaga. 3) Jangan sekalipun melakukan cheating terhadap waktu maupun hasil penjumlahan. Hal ini akan merugikan anda sendiri karena justru untuk cheating anda akan membutuhkan waktu sekian detik untuk memutuskan dan itu berarti justru membuang waktu dan memubuat grafik penjumlahan anda tidak alami. 4) Hal yang paling penting dari keseluruhan tes kraeplein adalah konsentrasi. Terkadang anda akan merasa blank padapertengahan tes, namun anda harus bisa bangkit & fokus lagi pada tes. Untuk itu kondisi fisik sangat berpengaruh. Usahakan tidak begadang dan sarapan dahulu sebelum berangkat tes karena model tes ini sangat menyedot energi anda.

5. Wartegg Test. Tes ini terdiri atas 8 kotak yang berisi bentukan-bentukan tertentu seperti titik, garis kurva, 3 garis sejajar, kotak, dua garis saling memotong, dua garis terpisah, tujuh buah titik tersusun melengkung dan garis melengkung. Anda akan diminta menggambar kemudian menuliskan urutan gambar yang telah anda buat, lalu menuliskan nomor gambar mana paling disukai, tidak disukai, sulit dan mudah menurut anda. Yang diukur dalam tes ini adalah emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek. Contoh:

WARTEGG_TEST

Tipsnya adalah: 1) Urutan menggambar sebaiknya anda buat kombinasi antara sesuai nomor dan acak. Misalnya 1,2,3,4 kemudian 8,7,6,5. Karena apabila anda menggambar berdasarkan urutan 1,2,3,4,5,6,7,8 anda dipandang HRD sebagai orang yang kaku/konservatif sedangkan apabila anda menggambar secara acak misalnya 5,7,6,8,3,2,4,1 anda akan dipandang HRD sebagai orang yang terlalu kreatif, inovatif dan cenderung suka akan ‘breaking the low‘. 2) Kalau anda bergender lelaki jangan mulai dengan nomor 5, karena beberapa anggapan menyebutkan hal ini berpengaruh terhadap orientasi seks anda. Berikut ini adalah salah satu contoh pengerjaan yang pernah digunakan penulis untuk melewati tahap psikotes ini:

JAWABAN_WARTEGG_TEST

6. Draw A Man Test (DAM). Tes ini mengharuskan anda untuk menggambar sesorang, untuk kemudian anda deskripsikan usia, jenis kelamin dan aktifitas orang tersebut. Tes ini dipergunakan untuk mengatahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan dan ketahanan kerja. Tipsnya: 1) Gambarlah orang tersebut secara utuh mulai dari ujung kepala sampai ke ujung kaki, termasuk detil muka seperti mata, hidung, mulut dan telinga. 2) Gambarlah orang tersebut dalam keadaan sedang melakukan aktifitas, misalnya pak tani sedang membawa cangkul, eksekutif muda sedang menenteng koper dsb.

7. Army Alpha Intelegence Test. Tes ini terdiri atas 12 soal yang berisi kombinasi deretan angka dan deretan bentuk. Soal satu soal kadang terkait dengan soal sebelumya. Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan daya tangkap Anda dalam menerima dan melaksanakan instruksi dengan cepat dan tepat. Tipsnya : konsentrasilah kepada apa yang dikatakan narator, karena narator tidak akan mengulang instruksi tersebut dan waktu yang diberikan sangat terbatas. Sabar, jangan terburu menjawab, sebelum narator selesai memberikan instruksi. Contoh:

Narator akan mediktekan soal sebagai berikut : “Coretlah angka ganjil dalam kotak dan coretlah angka genap yang berhuruf dalam lingkaran, kerjakan!” dan pada lembar jawaban akan diberikan gambar sebagai berikut:

ARMY_ALPHA_INTELEGENCE

8. Menggambar Pohon. Tes ini terdiri atas tugas untuk menggambar pohon dengan kriteria : berkambium (dicotyl), bercabang dan berbuah. Sehingga tidak diperbolehkan kepada anda menggambar pohon jenis bambu, pisang, semak belukar ataupun jenis tanaman monocotyl lainnya. Tipsnya : 1) Pada setiap tes menggambar pohon yang pernah dilalui, penulis selalu menggambar pohon nangka. Karena pohon tersebut mewakili jenis tanaman dicotyl / berkambium. 2) Walaupun anda tidak begitu pandai dalam hal menggambar, usahakan menggambar secara detil dan rinci setiap komponen dari pohon tersebut seperti tangkai, bentuk daun, kerapatan daun, buah, akar bahkan alur pohon. 3) Untuk hasil yang lebih maksimal, fotolah pohon tersebut, pelajari karakter jenis pohonnya, kemudian latihlah kemampuan menggambar anda dengan mengacu pada foto tersebut.

9. Edwards Personal Preference Schedule (EPPS). Tes ini terdiri atas pilihan-pilhan jawaban yang paling mencerminkan diri anda. Tes ini dipergunakan untuk mengetahui seberapa besar motivasi, kebutuhan dan motif seseorang. Tipsnya: 1) Jawablah setiap pertanyaan dengan jujur sesuai dengan kondisi anda, setidaknya yang paling mendekati, karena pertanyaan akan berulang di nomor-nomor berikutnya, sehingga apabila jawaban anda tidak sinkron, hal ini akan merugikan Anda. Kejujuran anda terkait dengan cerminan kesesuaian diri anda terhadap lowongan pekerjaan yang anda lamar. 2) Secara keseluruhan, tes EPPS ini memang paling sulit untuk di-adjustment (diakali), namun setidaknya ada beberapa pertanyaan yang bisa di-adjustment untuk disesuaikan dengan lowongan pekerjaan yang anda pilihan. Misalnya ketika anda melamar menjadi pegawai Bank, pilihlah jawaban-jawaban yang mencerminkan kejujuran, keteraturan, kedisiplinan dan mampu bekerja dalam teamwork. 3) Karena sulitnya proses adjusment tehadap tes ini, jalan paling praktis yang dapat ditempuh adalah memperbaiki diri (self improvement) anda dalam segala hal, setup diri anda menjadi seakan-akan seseorang profesional dalam setiap tingkah laku keseharian anda seperti: jujur, tepat janji, tanggung jawab dan disiplin. Karena cerminan pola pikir dan tingkah laku positif diri anda, akan tertuang tanpa anda sadari dalam hasil tes. Contoh Soalnya:

A. Saya suka memuji orang yang saya kagumi
B. Saya ingin merasa bebas untuk melakukan apa saja yang saya kehendaki

A. Saya merasa bahwa dalam banyak hal saya kalah dibandingkan orang lain
B. Saya suka mengelakkan tanggung jawab dan kewajiban-kewajiban

10. Learning By Doing. Pengalaman memang guru yang paling baik. Lakukan perbaikan-perbaikan secara continue baik terhadap diri anda maupun terhadap kemampuan anda, di setiap psikotes yang anda hadapi. Misalnya seperti : melatih diri terhadap kesalahan/kesulitan yang dihadapi pada psikotes sebelumnya, membaca kembali materi psikotes secara keseluruhan semalam sebelum menghadapi psikotes (refreshment) dan mempersiapkan fisik sebaik-baiknya karena pada dasarnya psikotes akan selalu Anda kerjakan dalam keadaan tegang dan tekanan. Karena dengan mekanisme tersebut, psikotes bukan meruapakan momok yang harus anda hindari, namun anda akan lambat laun berteman dan akrab dengan psikotes

Selanjutnya...

89 Comments

  • sekedar masukan, pada tes warteg bagian yang melengkung (no 1278) biasa nya disarankan untuk membuat gambar benda hidup dan no lain nya (3456)) di sarankan membuat dengan benda mati, Itu gmana yah?

  • thanks untuk masukannya… mohon panduan dan soal2 psikotest dong untuk kerja diperbankan krn saya sllu gagal dalam mengadapi soal2 psikotest dari perbankan diamana saya pengen krj diperbankan biar bs lanjutin yang sekarang dari D3 ke S1,thks

  • sebenernya EPPS jg ada triknya bro..
    tp hrs d liat dlu lembar jwbnya gmn, br deh bisa d akalin.. tinggal mw d tinggiin yg mana..

    tp mendingan jujur aja deh.. biar g dosa 😀

  • Bro, keren banget blogg lo….
    anyway, yang gambar papan catur keren banget Bro.. Sama kya yang gw pikirin kmaren sebelum liat blogg lo…. Artinya apa ya…..?

  • Terimakasih atas infonya. saya mau nanya berkaitan dengan wartegg test. dalam artikel disebutkan Kalau bergender lelaki jangan mulai dengan nomor 5, karena beberapa anggapan menyebutkan hal ini berpengaruh terhadap orientasi seks. namun saya pernah baca di sebuah buku psikotest bahwa untuk waregg test jangan mulai dari nomor 7. alasannya juga sama, yaitu pengaruh pada orientasi seks. adakah penjelasan logisnya, ada kaitan apa gambar tersebut dengan orientasi seks? jadi mana yang benar? nomor 5 atau 7? atau sebaiknya jangan mulai dari kedua nomor tersebut?

  • thank’s atas infonya sgt membantu banget bagi calon pelamar
    btw dtggu info2 selanjutnya.thx

  • Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas informasi2nya yg sangat membantu. Tapi…kenapa ada link2 yg gak bisa diakses, mis: Tips Kupas Tuntas Wawancara Kerja Bahasa Inggris. Tambahan lagi, loadingnya juga lama banget. Padahal internetnya sudah lumayan cepet.

  • Thanks so much Bro..
    Tapi selama saya mengikuti psikotest belum menemui Army Alpha Intelegence Test ya?
    Padahal aku sdh lebih dari 15 kali ikut test masuk pekerjaan.
    Aku allumni teknik fisika UGM.
    Kalo mau download soal-soal psikotest lengkap dengan penyelesaian url atau website nya apa nya?
    Salam Hangat :)

  • tthanks…..thanks…..thanks…..thanks…..thanks…..thanks…..thanks…..thanks…..thanks
    …..thanks …..buanget ats infonya om.luar biasa.tu ilmu yang bermanfaat.Inget amal yang ga terputus salah satunya ilmu yang bermanfaat.So ditunggu la ilmunya

  • wah..ini web bermanfaat banget.
    bsk saya akan mengikuti psikotest dan wawancara.
    saya pgn latihan utk psikotestnya, bisa minta soalnya + jawabannya ga???
    thanks b4..

  • Wah bagus banget nih artikel, saya selama ini penasaran apa yang mau dinilai dari jenis test yang pernah saya alami, bagaimana tips mengerjakannya, lalu bagimana dengan saya yang tidak bisa menggambar manusia dengan baik habis tidak berbakat menggambar sama sekali, bagaimana cara ,mengatasinya ? Mohon ditampilkan contoh soal tips mengerjakan, terims.

  • makasih banget mas, memang cara terbaik itu merubah perilaku kita sehari hari menjadi lebih baik jadi psikotestnya jujur

  • Thx berat buat penulis yang telah menjelaskan mengenai psikotest, kalau lebih bagus tolong jelaskan lagi mengenai sistem atau cara penilaian alat alat tes tersebut, atau rumusnya biar saya bisa belajar sendiri dan tahu hasilnya bagaimana?mohon sudi dikirimkan ke email saya thx. semoga amal ibadah anda diterima oleh Tuhan yang maha Esa. amiiiin

  • Sdr. Hufron,
    Terimakasih atas komentarnya. Sebagimana yang saya sebutkan di awal posting sy, bahwa artikel saya hanya ‘sebatas’ menjelaskan pengerjaan psikotes dari sudut pandang peserta yang didasarkan pada pengalaman dari testing-ke-testing di lapangan(best practice). Terkait dengan permintaan saudara untuk memaparkan metode penilaian masing-masing alat psikotest -dari sudut pandang tester– mengingat hal tersebut membutuhkan pendalaman ilmu psikologi, sedangkan saya bukan dari disiplin ilmu tersebut, maka sy belum bs menjelaskan secara detil untuk saat ini. Tapi sy akan coba usahakan untuk mencarikan sumbernya. Demikian terima kasih.

  • kira-kira, bisa kagak tunjukkan gambar pohon yang dimaksudkan dalam kategori tes menggambar pohon?????? misal pohon mangga atau beringin………

  • Pak, trims utk pencerahannya. Saya jadi lbh banyak mengerti. Saya sdh bbrp kali psikotes tp kelihatannya tdk terlalu mantab. Terutama test yg di segmen 60 atau 90 soal, ada gambar2 panah arah ke kanan dan ke bawah, itu yg membuat bingung. Ditambah waktunya pendek sekali.
    Kali ini saya lbh prepare utk menghadapi psikotes besok. Sekali lagi Trims ya….
    Kalo ada tips2 yg baru, boleh send ke email saya.

  • PAK, Mohon bantuannya donkz contoh minta psikotest yang laen….soalnya saya dah dua kali gagal test psikotes bank danamon n BRI…
    Mohon bantuannya….
    biar lebih prepare lg….
    alo da info terbaru kirim e email saya pak^_^
    Trims…

  • pak mohon bantuannya dunkz… boleh minta download full contoh diatas tuk tes logika penalaran jg..coz sempat bingung tuk gambar yang panah-panah kaya gt,… n saya dah 2 kali gagal psikotest di perbankan.
    PLEASE BANTUANNYA….
    kirim k email saya y pak.
    thankz…

  • Sdr. Ervi,
    Saat ini memang tengah saya coba kumpulikan bahan-bahan agar lengkap untuk di share kepada rekans. mohon maklum adanya.

  • pak, mohon bantuannya,
    saya butuh soal2 deret gambar,
    apa ada link lain yang menyediakan soal2 deret gambar?
    terima kasih,

  • Sdr dwi bhakti,
    Tes menghitung di lembaran seperti koran tersebut dinamakan Tes Kraeplien/Pauli sebagaiman telah sy uraikan pada point 4 postingan ini. Semoga dapat membantu.

  • BLOG ini benar2 informatif…semoga bisa membawa berkah bagi semua pengunjung blog ini…

    tengkyu atas semua tipsnya ya…

  • terima kasih..tulisan anda sangat bermanfaat. saya tunggu postingan selanjutnya.
    keep up the good work =) salam..

  • salam kenal mas sebelumnya..
    wah mas..saya takut ini melanggar kode etik psikologi..
    bukankah tes ini harusnya rahasia, terus kalo dikasi tau tips supaya lolos, berarti yang diukur bukan diri kita yang asli dong?
    kalo ternyata untuk kepentingan kerja terus kita paksakan hasilnya bagus, terus seandainya pada kenyataannya kita tidak mampu atau kurang cocok di bidang pekerjaan itu gimana dong mas?
    saya mau kasih saran aja mas, lebih baik kasih tips yang umum tanpa mengurangi atau mamanipulasi potensi yang sebenarnya ada pada diri kita masing2..bukan ditentukan harusnya begini, isi begini isi begitu…

    makasi ya mas sebelumnya semoga bisa saling membantu :)

  • Diperusahaan tempat saya bekerja ternyata salahsatu perusahaan dalam testnya tidak menggunakan psikotes tapi hanya tes skill saja. kemudian setelah 1 tahun bekerja perusahaan ini membuka lowongan pekerjaan dgn ditambah tes psikotes. Alhasil setelah mereka diterima dan bekerjasama dgn saya slm 2 tahun, tapi hasil pekerjaannya masih dibawah seniornya yg waktu test tanpa psikotes.
    pertanyaannya apakah psikotes memang berdampak besar pada suatu pekerjaan yg akan digelutinya? Trims

  • Dear Sdr Namusatta,
    Terima kasih atas pertanyaanya. Mungkin kita sharing saja, karena saya juga bukan seorang dengan background psikologi. Menurut pandangan saya pribadi, psikotes lebih banyak berfungsi sebagai tool untuk menggali potensi diri seseorang, bukan mengarah pada skill spesifik seseorang. Dengan begitu seseorang yang lolos psikotes dpt diartikan dia memiliki kepribadian yang sesuai dgn kebutuhan perusahaan. Itu saja (biasanya dipergunakan oleh perusahaan yang menggunakan metode trainee setelah calon pegawai lolos, seperti manajemen trainee, ODP, MDP dsb, karena disitu pegawai akan dibekali skill sesuai kebutuhan perusahaan). Sedangkan bila perusahaan ingin menggali potensi skill (keahlian) bawaan dari masing-masing pegawai, maka perlu kiranya ditambahkan tahap seleksi dengan materi skill khusus tersebut. Misalnya, untuk perekrutan staff IT, bisa ditambahakn tahap tes pemrograman ataupun network. Sehingga output dari rangakain seleksi tersebut bisa mengkover seluruh kebutuhan perusahaan.

  • Sebelumnya saya ingin berterima kasih banyak atas infonya pak. Ini benar-benar sangat berguna bagi saya dan tentunya bagi para pembaca yang lain.
    Saya boleh request untuk tips psikotes yang isinya gambar kubus yang diputar-putar itu pak? Karena disitu biasanya saya mengalami kendala.

    Sekedar ingin berbagi pak, menurut saya bila kita berhadapan dengan tes Kraeplien/Pauli itu, kita juga bisa mengerjakannya dengan pensil yang kedua ujungnya telah diraut, sehingga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pensil patah atau rautan terjatuh, kita bisa menggunakan ujungnya yang satu lagi. Serta tentunya membawa beberapa pensil cadangan.

    Terima kasih.

  • Dear Nurma,
    Akan coba saya sajikan dalam waktu dekat dan terima kasih atas masukannya tentang tips Te Kraeplien. Smoga juga bermanfaat buat rekan-rekan yang lain.

  • Alhamdulillah sy bs bc blog ini. Tadiny cuma iseng pgen inetan…finally, i find the precious blog. So, I’m very thankful to read it…B’cause, last year I did psychology test and the result I failed this test……Now, after I read u’r blog, I know what should do in my next psychology test..I hOpe I pass the test…Amin……………………..

    THANK YOU VERY MUCH………. : ) GOOD LUCK FOR YOU…

  • mau nanya nih
    punya soal psikotest TIKI ga?? buat latian nih
    thx b4 yah
    tolong d jawab ya buat USM nih soalnya katanya banyak keluar dari psikotest TIKI

  • Terima kasih banyak pak, penjelasannya sangat membantu saya dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti test yang sama.

    terima kasih

  • Waw…..keren2….anjrettt……

    Klo saya, yang paling susah itu EPPS, bisa minta link yang lebih detail ga? di Google udah saya telusuri, tp blom ada yang cocok

    sekali lagi

    Terima Kasih Pa

  • Bagus mas ! benar2 info yg berguna ! selama ini kalau kita menghadapi psikotest lalu dinyatakan gagal, kita tidak pernah tau letak dimana salah & benarnya karena sebagian besar (bahkan semuanya) hanya bisa men judge kita lolos / tidak lolos ke tahapan selanjutnya. Dengan begini, kita jadi tau apa rahasia dibalik test ini.

    Buang jauh sementara kata-kata “kode etik”, percuma ! orang yg lolos test ini pun (dengan hasil murni) sebenarnya blum tentu memiliki kriteria yg diharapkan oleh sebuah perusahaan yang merekrutnya., pasti ada saja error checking dlm prosesnya.

    lanjutkan berbagi ilmu nya mas..tidak perlu ada yang dirahasiakan lagi di dunia ini, toh ini pun digunakan u/ kebaikan & berbagi kpd orang2 yg selama ini selalu gagal pada psikotest !!

  • ilmu yg bermanfaat adalah ilmu yg diamalkan…seperti ini sangat membantu skali..terima kasih.

  • dear ,,
    saya hanya mau tanya korelasi antara hasil psikotest dengan dua macam kecerdasan yang kita miliki , pertama adalah kecerdasan IQ yang susah untuk ditingkatkan , kecerdasan emosi EQ yang sangat bisa ditingkatkan , nah sejalan dengan tingkat kematangan emosi apakah bisa semakin memudahkan untuk melewati proses seleksi psikologi….?

  • Dear De Rara,
    Tingkat kematangan seseorang diperoleh dari suatu proses yang berjalan, sejauh mana ia menemukan, menghadapi dan menyelesaikan problem-problem dalam hidupnya. Terkait dengan proses seleksi melalui psikotest, saya tidak dapat memastikan hal tersebut memiliki korelasi atau tidak. Namun, yang saya rasakan adalah semakin Anda melakukan self-improvement terhadap karakter Anda (baik dalam berprilaku, pola pikir, meningkatkan kesabaran) dalam hidup Anda, maka hasil psikotest yang didapat juga semakin baik. Karena secara dibawah sadar, Anda akan menuangkan ‘sifat/karakter’ Anda tersebut ke dalam selembar soal psikotest tersebut. Demikian semoga membantu.

  • THANKS kak atas informasinya :)

    hari ini aku ada ujian psikotest untuk masuk SMA unggulan,
    doain lulus ya :)
    kak,, tolong dong, minta link soal2 psikotest serta pembahasannya :)
    Tks. B4 :)

  • Bang Admin, sy mw tnya untk Psikotes masuk Kedokteran kayak gimana ya??
    Tolong bang, slnya sy mw msuk Prodi Kedokteran!
    Help me please….

  • Dear Alpian,
    Masing-masing memiliki bobot nilai sendiri-sendiri dan sama-sama pentingnya.

  • Dear Suhari,
    Pada dasarnya tes psikologi tertulis untuk staf gudang akan tidak jauh berbeda dengan tes psikologi untuk posisi yang lain. Yang membedakan hanya di tahap wawancaranya, dan itu sangat subyektif tergantung pada HRD masing-masing perusahaan. Demikian semoga membantu

  • Trima kasih….
    Panduannya sngt membntu skali…
    mudah2n sy lolos tes pskilogis nya…
    Amin…
    Skali lg maksih….. hehehe

  • Psikotes bukanlah soal yg dirancang untuk dinyatakan benar atau salah, tetapi utk melihat kesesuaian potensi diri testee (pelamar) dgn spesifikasi perusahaan.
    Untuk tes kepribadian seperti menggambar pohon dan manusia, seorang tester akan memberikan pengarahan untuk tidak menggambar bbrp kriteria… Krn jika bbrp kriteria tsb digambar, maka akan tidak bisa diskoring atau diinterpretasikan.
    Untuk tes Kraeplin, jika testee (pelamar) tidak diterima, maka berarti ritmik kerja testee tsb blm sesuai dgn yg diinginkan oleh perusahaan.
    Bgt jg untuk semua jenis psikotes, baik itu tes kepribadian atau tes intelegensi. Tiap alat tes jg pny skoring yg berbeda-beda, sehingga jika testee baik di dalam 1 jenis psikotes, blm tentu baik jg di dalam psikotes lain >> hal ini lah yg akan dilihat kesesuaian diri testee dgn kebutuhan perusahaan.
    Oleh krn itu, jgn menganggap psikotes adalah soal2 yg hny menginterpretasikan “benar” atau “salah”, melainkan sesuaikan anda dgn posisi yg diinginkan

    Yg terpenting adalah tetap fokus n enjoy it :)

  • terima kasih atas informasix,,karna sangat membantu dalam pelaksanaan tes psikotes,,sekali lagi terima kasi banyak

  • saya mengikuti beberapa test. tapi mengenai menggambar pohon ada yang lain-lain mengenai pohon yang dilarang. mengapa ya?????

  • Wah, Bung.
    Analisa umum Anda sangat bermanfaat.
    Menurut saya, psikotest yang Anda paparkan sangat objective kog, baik terhadap pelamar maupun terhadap psikolog.
    Ada melihatnya dari 2 sisi juga.
    Kalau boleh, saya mau minta diemailin dong:
    1. Cara sederhana membaca hasil kerja psikotest seorang pelamar (saya baru mulai buka usaha kecil). –> tanpa harus kuliah, maksudku hehehe…
    2. Berapa persen tingkat kesalahan dari test ini dalam membaca pribadi seseorang?
    3. SEbenarnya saya ingin banget mendapatkan test awal kecenderungan minat/bidang seseorang yang memakan waktu sekitar 1 jam aja.

    Semangat!!

  • Dear Fung,
    Terima kasih atas komentarnya. Artikel yang saya tulis disini murni berdasarkan pengalaman saya selama mengikuti tahap-tahap psikotes, sehingga kalau dari sudut pandang akademik, terus terang saya tidak bisa memberikan analisa konkritnya. Terkait dengan test minat/bakat, Anda bisa menghubungi biro-brio psikotes yang ada di lingkungan Anda, yang paling mudah dan memiliki krdebilitas adalah di fakultas psikologi, universitas di mana Anda tinggal. Demikian, Semoga membantu.

  • mas, saya minta bantuannya donk. saya gagal di ujian psikotes pertama. beberapa hari lagi saya akan mengikuti ujian ke 2. ujian yang paling berat bagi saya adalah ujian dimana saya disuruh menggambar di sebuah kertas yang berisi penuh dengan gambar lingkaran. satu kertas semuanya ada gambar lingkaran dengan jarak yg sangat dekat antar lingkaranya. saya binggung mau menggambar apa karena semua ukuran lingkaran sama dan jaraknya pun dekat”. satu kertas berisi full lingkaran yang sangat banyak. mohon bantuannya mas. thanks.

  • Waduh, baru tau website ini setelah saya selesai tes wartegg. Coba dari kemarin2 saya googling. T_T
    Saya bnr2 blank untuk gambar 7 titik melengkung, terpaksa saya gabung menjadi roda mobil untuk menggambar mobil. Apakah itu salah y? Bagaimana menurut admin?
    Semoga saja hasilnya sesuai yang saya harapkan.

  • Dear Agung Malaya,
    Tidak ada yang salah dari gambar Anda. Yang pasti, Anda disini diminta untuk berpikir cepat tapat dan kreatif/imaginatif. Artinya, apapun gambar yang Anda hasilkan sejauh “sesuai (mendekati)” realita yang ada, sudah memberikan nilai tersendiri buat Anda.

  • kemaren saya tes psikotes, saya masih fresh graduate dan orang disamping saya sudah berpengalaman kerja,,,
    setelah tes pertama selesai saya sempat melihat hasil jawaban dia, dan itu membuat saya minder, karena ketika tes krapelin jawaban dia tinggi2 tetapi jawaban saya tidak teralu tinggi…
    kemudian tes2 selanjutnya dia selalu selesai, sedangkan saya mungkin hanya bisa menjawab 15 dari 20 pertanyaan yang ada…
    yang terakhir ketika tes gambar2, karena saya juga tidak pintar menggambar jadi saya gambar seadanya yang saya bisa, dan ketika saya liat orang itu gambar dia bagus sekali, sepertinya dia memang jago menggambar..apakah bagus tidaknya gambar sangat mempengaruhi, karena biasa orang yang jago menggambar pasti mempunyai imajinasi lebih tnggi karena dia bisa menuangkannya secara real kedalam gambar itu??
    tapi memang tes yang terakhir kita dibedakan, orang yang memberi tes bilang fresh graduate sm yang sudah berpengalaman dibedakan soalnya…

    setelah tes selesai, saya di kasih tau jadwal untuk tes diskusi dan interview direksi…
    menurut anda apakah saya tetap harus datang tes itu??karena dari tes psikotes yang saya kerjakan saya sudah merasa minder dengan hasil saya, apakah hasil psikotes sangat menentukan diterima atau tidaknya kita,,,

  • Trima kasih banyak mas admin, neh sangat berguna banget infonya..

    oia, saya juga mau tanya lagi tentang wartegg tes, saya pernah gagal dalam psikotes, dan saya rasa saya gagal karena section ini. penjelasan mas di atas udah cukup tapi waktu itu hrd nya menyuruh saya dan yg lain untuk di beri urutan dari yg paling di sukai sampai paling tidak di sukai… nah mungkin mas bisa bantu tolong kasih penjelasan makna tentang perintah tersebut.

    matur sembah nuwon…

    regards

  • padahal orang yang lulus dari hasil seleksi psikotes blum tentu menjadi orang yang loyal bagi perusahaan , malah justru dia yang sering pindah2 kerja ( entah berbagai alasan keluarnya dia, itu tidak capai target atau apapun itu ) karna itu jauh lebih baik orang yang bener2 mau bekerja ketika dia di wawancarai …….di sana lah kita bisa liat dari tatapan mata dia jika dia bena2 sunggguh mau bekerja dia pasti bisa mengerjakan apapun yang di berikan dia dari perusahaan.

  • Trims pak atas infonya…, maaf merepotkan bisa minta tlg di kirim ke email contoh2 soalnya pak… Karena dari phone unt download ke ziddu sangat susah sekali… Trimakasih atas bantuanya sebelumnya…

  • Thx bnyk,,,
    sekiranya apa yg telah saya baca dapat saya terapkan .
    Krna 2 Hari lagi saya akan melaksanakan tes psikotes.

  • Saya ucapkan terima kasih atas infonya pak, sangat membantu, jujur saya baru pertama kali ikut psikotest , dan banyak dari tipe ini belum pernah saya lihat, senin saya tes psikotest di garuda, jika boleh saya minta untuk contoh2 soal psikotest pak saya berterima kasih sekali jika bapak mau berbagi.

  • . Ohhh.. Hmm
    . Terima kasih banyak pak info’a..
    . Saya gagal 3x psikotest dan 1x interview -,-
    . Akan saya coba untuk test berikut’a tips ini. Semoga goal 😀

  • pak, saya mau tes usm di universitas swasta minggu ini, 30 okt 2011.
    supaya lulus tes psikotestnya, apa yg harus saya siapkan?
    tks.

  • terima kasih ya..sayang sy melihatnya telat..hiks..hiks..terlanjur gagal testnya…
    but anyway..pengalaman adalah guru yg terbaik….:)

  • Dear Wurjanto,
    Terima kasih atas commentnya. Materi dalam artikel tersebut sy uraikan untuk kebutuhan psikotes dan tes potensi akademik. Adapun jika ada kemiripan atau kesamaan dengan pengukuran skor IQ sy tidak mengetahuinya. Karena artikel tersebut murni berdasrkan pengalaman saya ketika mengikuti psikotest (bukan tes IQ). Demikian, semoga bisa memnbant. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *