Tips Mencari Kerja Melalui Jalur Orang Dalam

Tahukah Anda, di belakang ribuan lowongan kerja yang tersedia di surat kabar, tersimpan ribuan lowongan kerja tak ter-expose. Artinya, tidak semua perusahaan memasang iklan lowongan kerja di media, namun tidak sedikit yang disampaikan secara mouth-to-mouth atau getok tular. Berikut ini 6 Tips mencari lowongan kerja melalui orang dalam:

  1. Banyak Berteman. Bertemanlah dengan siapa saja, misalnya teman-teman atau senior dari jurusan/fakultas yang sama, yang sudah bekerja dalam peruasahaan tertentu, bahkan kalau perlu dengan sekretaris dan satpam perusahaan karena kadang informasi dapat datang dari mereka.
  2. Gunakan Semua Link Informasi. Gunakan semua link yang Anda miliki, baik teman, saudara, orang tua, teman orang tua maupun tetangga. Intensifkan jalinan hubungan dengan orang-orang tersebut, sampikan contact anda, seperti kartu nama, no. handphone atau alamat email, karena ketika ada lowongan di lingkungan mereka, orang-orang tersebut dapat menghubungi anda dengan mudah. Kalaupun Anda tidak diterima, tetap ucapkanlah terima kasih atas bantuan mereka.
  3. Banyak Bertanya. Bertanya sebanyak mungkin terkait dengan lowongan yang ada kepada semua link informasi anda tersebut, seperti adakah lowongan, kapan periode lowongan kerja dibuka, apa sajakah tahap seleksi penerimaan pegawai yang harus dilalui. Namun jangan sekali-kali anda memelas atau merengekmeminta diterima, karena hal tersebut hanya akan menurunkan ‘nilai’ anda di mata mereka. Justru, tunjukan diri anda kepada mereka melalui kemampuan/kelebihan anda.
  4. Tetap Kirim Surat Lamaran Formal. Sedekat apapn hubungan anda dengan orang dalam, tetap sampaikan Surat Lamaran Formal dan berkas pendukung lengkap, dalam batas waktu sesuai. Hal ini menunjukan bahwa anda cukup disiplin dan profesional. Untuk lowongan pekerjaan jenis pelatihan manajemen (Management Trainee), seperti Officer Development Program (ODP) di Bank Mandiri dan Bank Danamon, Manegement Development Program (MDP) di Bank Central Asia (BCA) ataupun Program Pendidikan Executif (PPE) di Bank Niaga, anda dapat menitipkan berkas lamaran tersebut kepada orang dalam karena sifat lowongan yang kadang tidak diumumkan melalui media massa namun secara periodik dibuka minimal sekali setahun. Penulis pernah berhasil melakukannya di Bank Niaga Yogyakarta dan Surabaya
  5. Jangan Besar Kepala. Meski masuk melalui orang dalam, Anda tidak boleh terlalu besar kepala, karena Fungsi ‘Orang Dalam’ disini hanyalah sebagai sumber informasi bukan keputusan akhir anda diterima atau tidak. Keputusan Anda diterima/ditolak tetap bergantung pada hasil tes pada tahap-tahap seleksi penerimaan. Jadi, setelah informasi diperoleh dan penggilan tes dilayangkan, tahap selanjutnya terpulang pada diri anda sendiri.
  6. Jangan Mencoba Cheating. Cheating dalam bentuk apapun pada tahap seleksi (walau anda mengenal orang dalam), akan merugikan diri anda sendiri, baik secara moril maupun material. Hal ini akan anda rasakan pada proses seleksi alam di dunia kerja sebenarnya.

Selanjutnya...

Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari tiptipseru.com?
Daftarkan e-mail Anda di bawah ini
dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

Delivered by FeedBurner