Tips Praktis Lolos Seleksi Masuk Kerja di Bank

Bank merupakan perusahaan dengan karakteristik khusus, karena aset paling besar dan berharga yang dimiliki oleh sebuah Bank adalah Sumber Daya Manusia-nya (SDM).

Karena Bank dengan aset milyar-an bahkan trilyun-an rupiah akan tidak berarti tanpa sumber daya manusia yang berkualitas dan jujur serta memiliki integritas yang kuat terhadap perusahaan. Untuk itu, dalam perekrutan calon pegawai, Bank sangat ketat melakukan proses seleksinya. Berikut ini Tiptipseru.com akan menguraikan Tips untuk lolos seleksi masuk kerja di Bank, tahap demi tahap :

Tes TOEFL.

Test Of English As A Foreign Language (TOEFL) dipergunakan untuk mengetahui kemampuan Bahasa Inggris dari calon pegawai. Tes ini dibagi menjadi listening, structure dan reading. Untuk lolos tes ini Anda minimal harus mendapatkan total skor 500. Tes model ini dipergunakan oleh Bank Mandiri pada seleksi Officer Development Program (ODP). Tips : Anda dapat meningkatkan kemampuan untuk menghadapi TOEFL dengan mengikuti TOEFL short course, misalnya di lembaga Englih First (EF), Real English atau lembaga bahasa inggris lainnya. Belajar TOEFL secara mandiri juga bia dilakukan dengan membeli buku TOEFL Barron’s, karena di dalam buku tersebut terdapat materi-materi penguasaan TOEFL secara cepat dan mudah, serta dilengkapi dengan tes soalnya dan kunci jawabannya. Yang terakhir adalah menguji kemampuan/skor anda dalam hal TOEFL dengan mengambil tryout di lembaga-lembaga bahasa inggris swasta/universitas.

Tes Bahasa Inggris.

Tes Bahasa Inggris relatif lebih mudah dibandingkan dengan tes TOEFL. Hal ini disebabkan karena Bank hanya bermaksud mengetahui kemampuan dasar bahasa inggris calon pegawai (Pasive-English). Materi Soalnya pun relatif lebih mudah karena hanya structure dan reading. Tes model ini dipergunakan oleh Bank Niaga dalam penyaringan seleksi Program Pendidikan Eksekutif (PPE). Tips : Anda cukup me-refresh pelajaran SMU/Kuliah tentang structure dan tense

Baca Juga:


Tes TPA.

Tes Potensi Akademik (TPA) dilakukan Bank untuk mengetahui sejauh mana calon karyawannya dalam penguasaan matematika, verbal maupun logika. Materi matematika diantaranya terdiri atas penguasaan deret hitung/ukur untuk mengetahui ketelitian/analisa calon pegawai, soal cerita untuk mengetahui kemampuan pemahaman analitik terhadap suatu permasalahan dan crempling (penjumlahan urutan angka secara menurun) untuk mengetahui ketahanan konsentrasi calon pegawai. Semua Bank cenderung menggunakan tes model ini. Tips : Dengan banyak berlatih melalui buku-buku TPA yang banyak dijual di toko-toko buku, Anda dapat dengan mudah lolos dari tahap ini. Khusus untuk tes crempling, gunakan pulpen ata pensil biasa, jangan menggunakan pensil mekanik, karena ketika ujung pensil mekanik habis, anda membutuhkan sedikit waktu untuk memencetnya keluar. Padahal waktu dalam hitungan detik sangat berarti dalam tes model ini.

Tes Psikologi.

Tes psikologi dilakukan Bank untuk melihat sejauh mana kepribadian dari calon pegawai. Dalam tes ini tidak ada istilah benar/salah, yang ada hanyalah kesesuaian terhadap kebutuhan/posisi spesifikasi jabatan yang ditawarkan. Seorang calon pegawai dengan pribadi kreatifitas sangat tinggi atau suka akan tantangan, terkadang justru kalah bersaing dalam seleksi masuk Bank, dibandingkan calon pegawai kreatif sedang namun berintegritas tinggi (jujur). Karena secara umum, Bank membutuhkan pegawai dengan spesifikasi : jujur, disiplin, cerdas, kreatifitas sedang, namun luwes. Hampir semua Bank menggunakan tes model ini. Tips : Anda harus jujur menjadi diri anda sendiri, sehingga kelak kalaupun diterima, anda akan nyaman bekerja sebagai pegawai Bank

Tes Diskusi.

Tes Diskusi atau sering disebut Focus Group Discussion ini, dipergunakan Bank untuk mengetahui sejauh mana kemampuan calon pegawai dalam hal kecepatan memahami masalah, kepemimpinan, teamwork dan sportifitas. Calon pegawai dikelompokkan dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri atas 4-8 orang, yang akan diuji kemampuan berdiskusi dalam menyelesaikan suatu masalah. Tes model ini dipergunakan diantaranya di Bank Mandiri, Bank Central Asia (BCA), Bank Niaga dan Bank Danamon. Tips : anda tidak perlu mendominasi diskusi atau menang berdebat dalam mempertahankan argumentasi anda. Yang harus anda lakukan adalah memberikan kontribusi positif terhadap jalannya diskusi, misalnya dengan memberikan argumen yang menarik atau menjadi moderator diskusi. Utarakan argumentasi anda secara santun dan tidak emosional

Tes Wawancara.

Tes wawancara dipergunakan untuk mengenal perilaku ataupun sikap calon pegawai dalam menghadapi masalah/pertanyaan yang diajukan jajaran manajemen/direksi. Semua Bank menggunakan tes model ini. Tips : Anda hanya perlu berpakaian sopan, rapi, wangi namun tidak berlebihan. Pakailah aksesoris-aksesoris pendukung yang professional-look, sedikit fashionable dan formal, hindari penggunaan aksesoris-aksesoris yang terlalu berkesan ‘kekanak-kanakan; dan tidak profesional ketika masuk ruang wawancara, misalnya seperti tas ransel belel, sepatu berdebu dan sebagainya. Usahakan menjawab setiap pertanyaan dengan santun, lugas dan berkesan tangkas. Ada baiknya Anda juga menyiapkan jawaban-jawaban dalam bahasa inggris, minimal ketika memperkenalkan diri anda

Tes Kesehatan.

Tes Kesehatan dipergunakan untuk mengetahui kebugaran calon pegawai terhadap penyakit maupun narkoba. Tes ini terdiri atas tes darah, tes tekanan darah, tes buta warna dan tes urine. Semua Bank menggunakan tes model ini. Tips : Persiapkan fisik anda mulai seminggu sebelumnya, melalui olah raga, jauhi makanan berkolesterol dan cukup istirahat. Bagi anda yang merokok ada baiknya anda menguranginya walau untuk sementara waktu.

Good Luck!!!

Selanjutnya...

56 Comments

  • Sy berterima kasih sekali krn artikel di atas sy menjadi lebih siap untuk mengikuti test BNI dan sekarang sudah sampai tahap 3, wawancara dan diskusi, tinggal menunggu pengumuman selanjutnya untuk tahap wawancara dgn user. Mudah2an sy lolos lg. Tp sy ingin tau, sy pernah patah tulang kaki, meskipun tidak pincang, tp kekuatan ototnya tidak seperti kaki yg normal. Trus sy jg ada bekas luka keloid di leher, apa ini bisa jdi hambatan untuk sy? Ada tdk pegawai Bank yg sebelum diterima kerja, dy pernah patah tulang kaki? Terima kasih.

  • Menurut sy pribadi, sejauh ini seleksi diterapkan tergantung lowongan yang dibutuhkan. Untuk Officer/Analis/IT fisik memang bukan yang utama, marketing sedikit ‘menyentuh’ fisik, sedangkan teller/CS atau front liner sangat mengutamakan fisik (karena mereka berhubungan dengan nasabah dan mencerminkan image Bank). Terkait dengan kasus patah tulang yang pernah Sdr alami, sejauh tidak mengurangi perfomansi Anda dalam bekerja nantinya, sy pikir Anda tidak perlu berkecil hati, karena biasanya pada test kesehatan hanya diperiksa kondisi buta warna, rekam jantung, darah tinggi, kolesterol, HIV dan gula darah. Tetap semangat, semoga berhasil!

  • Terima Kasih untuk Tips-nya..
    sangat membantu..
    saya juga sedang mengikuti rangkaian tes BNI..

    saya melamar untuk posisi asisten staf, dan pada tes terakhir akan ada tes kesehatan..
    Saya ingin menanyakan, apakah penderita buta warna tidak akan diterima?
    Apakah hal tersebut akan menjadi penilaian utama???

  • Sdr. Merlyn,
    Terima kasih atas comment-nya. Seperti pernah sy sampaikan bahwa diterima/tidaknya seorang calon pegawai, bukan didasarkan atas kesempuraan skills-nys tapi pada ‘kesesuaian’ dengan job requirement-nya. Terkait dengan ‘penderita buta warna’ mungkin sy hanya bs memberikan gambaran, bahwa di bank ‘ketidakbutawarnaan’ dibutuhkan untuk 1) membedakan warna slip setoran/penarikan (pos:teller/opersional/pembukuan), 2) membedakan warna source code program/image website (pos: IT), 3) Form-form isian customer (pos:Customer Service), sedangkan posisi-posisi yang lain tidak mutlak. Jadi, semuanya tergantung perusahaan, apakah ketidakbutawarnaan tersebut akan benar-benar stright diterapkan ataukah luwes diterapkan. Yang perlu Anda lakukan adalah just do your best aja. Apapun keputusannya setidaknya Anda telah melakukan yang terbaik. Tetap berpikir positif. Smoga sukses!

  • Yth Admin,
    Terima kasih atas artikel yang sangat berguna ini.
    Saya akan menghadapi tes Grup Diskusi untuk ODP Bank Mandiri.
    Kira-kira apa saja yang harus saya persiapkan untuk bisa lolos di tes ini?
    Saya pernah menjalani tes buta warna dan saya dinyatakan buta warna parsial sekitar 20% (saya agak lupa). Apakah hal ini bisa menggagalkan saya?
    Bagaimana tips untuk mengatasi tes buta warna ini. Karena sangatlah tidak fair apabila saya sudah lolos semua tahap, tetapi gagal hanya karena kondisi bawaan lahir saya tersebut.
    Saya tunggu jawabannya. Terima kasih.

  • Yth Sdr. Andri,
    Terkait pertanyaan anda tentang Focus Group Discussion, saya sudah sampaikan tips-nya pada artikel ini (point diskusi), sedangkan terkait dengan masalah buta warna ada 2 pendapat tentang hal ini yaitu 1) disesuaikan dengan posisi yang akan ditempati dan 2) tidak menerapkan toleransi kegagalan. Dan ini semua tergantung pada pihak HRD perusahaan. Ada baiknya Anda tetap berusaha maksimal sambil berdoa dan berharap agar penilain buta warna ditentukan berdasarkan posisi yang akan ditempati. Apalagi sy melihat , Anda hanya buta warna 20% saja. Demikian, tetap semangat, just do your best, jangan kalah sebelum bertanding!

  • yth admin
    saya pny banyak pertanyaan tentang seleksi penerimaan karyawan terutama di lingkungan perbankan untuk posisi front liner
    pada umumnya ada berapa tahap seleksi untuk posisi tersebut?
    apakah tinggi badan sangat mempengaruhi? terkadang saya minder mambaca lowongan kerja yg mempersyaratkan tinggi badan. kadang saya berpikir sendiri, sebenarnya apa sih pengaruh tinggi badan dengan pelayanan yang qta berikan ke nasabah. kalau syarat good looking(wajah yang cantik )masih bisa saya terima.
    misalkan ada seorang wanita yang bisa di bilang dia itu good looking tapi tinggi badannya tidak memenuhi persyaratan gmn?apa kemampuan seorang teller hanya di lihat dari tinggi badan
    mohon penjelasannya&tolong di perbanyak soal2 psikotesnya. terima kasih

  • Yth. Sdr Ais,
    Memang untuk beberapa Bank akan mensyaratkan fisik dengan ketentuan khusus seperti misalnya good looking dan tinggi badan (min. 160-165cm) atau berkulit bersih. Mengingat frontliners, dalam hal ini Customer Service dan teller, berada pada ‘barisan paling depan’ maka Kualitas fisik tersebut biasanya digunakan untuk memberikan image positif bank serta daya tarik kepada nasabahnya. Saya memberikan contoh ekstrim, tentunya pria akan lebih tertarik mendatangi counter yang berisi SPG-SPG yang cantik, dibanding sebuah counter yang dijaga para wanita setengah baya. Memang kemampuan CS/teller tidak hanya dilihat dari tinggi badan, 2 hal tersebut merupakan bagian kecil dari rangkain proses seleksi, itulah sebabnya dalam proses penerimaan CS/Teller ada beberapa tahap seleksi yang harus dilalui seperti selesksi fisik, TPA, Psikotes, wawancara dan tes kesehatan. Namun jangan kuatir, setiap perusahaan punya kriteria dan bobot masing2, jadi yang penting adalah jangan takut/minder untuk mencoba. Tetap semangat ya.

  • akhir bulan juli kmrn, saya masukin lamaran (frontliner) salah satu bank. saya bukan lulusan ekonomi tapi lulusan mipa, berhubung yang dibutuhin segala jurusan&tidak ada syarat tinggi
    badan jadi saya berani untuk melamar. Akhirnya saya di panggil untuk mengikuti seleksi tahap I, tes fisik dan tes tertulis. ternyata tinggi badan saya tidak ada 150 cm. saya juga kurang yakin dengan hasil tes tertulis, saya kira psikotes atau tes inggris tapi ternyata berhubungan dengan pengetahuan ekonomi dan perbankan. yah saya jawab semampunya. kira-kira masih ada kesempatan bwt lolos ke tahap selanjutnya? soalnya background pendi2kan saya yang kurang mendukung.
    beberapa hari yang lalu, saya juga mengikuti interview untuk posisi ODP tetapi saya gagal. itu adalah pengalaman pertama saya interview dengan bahasa inggris. Apa sih jobdes orang yang bekerja sebagAI ODP?
    maaf ya, saya banyak bertanya. kedua pengalaman saya itu membuat saya penasaran, ingin tahu seluk beluk seleksi penerimaan karyawan bank. suatu pengetahuan baru bagi saya seorang sarjana sains hehehe. thank u

  • Sdr Aish,
    Yang perlu ditanamkan dalam diri Anda sebenarnya adalah rasa percaya diri (yang lebih tinggi). Sebagai informasi (sharing), saya pribadi pernah beberapa kali ikut seleksi penerimaan pegawai, diantaranya ODP Mandiri, PPE Niaga, dan untuk kebutuhan menajerial tersebut, Bank biasanya tidak akan melakukan testing spesifik tentang ilmu perbankan, mereka hanya akan melakukan seleksi terkait dengan personal/pribadi Anda, seperti psikotes, TPA, wawancara, focu group discussion. Sedangkan ilmu perbankan akan diteskan setelah Anda diterima sebagai ODP/MDP/PPE dan menjalani pendidikan perbankan selama 8-12 bulan. Jadi jangan kuatir, mengenai disiplin ilmu Anda yang bukan ekonomi, justru berdasarkan pengalaman, rekan-rekan dari eksakta lebih cepat mencerna materi perbankan yang bersifat logika. Tetap semangat!

  • Sdr Yaya,
    Jeda waktu antara Tes FGD (Focus Group Discussion) dengan ditelepon untuk medical checkup sangat beragam, ada yang cepat ada yang lembat, bergantung perusahaan/Biro Konsultan SDM-nya. Dari pengelaman FGD di PPE Bank Niaga untuk ditelepon ke tahap selanjutnya (interview) lebih dari 1 minggu. Terkait 9 hari waktu menunggu tersebut, sebaiknya nothin to lose, Anda isi saja dengan aktif mengajukan lamran ke perusahaan sebanyak-banyaknya. Bahwa nanti Anda dipanggil berarti keberuntungan Anda, namun kalau pun tidak Anda sudah lebih dahulu ‘mencuri start’. Demikian smg dapat membantu.

  • sy mw tanya,bsk sy dpanggil untuk walk in interview bank mandiri posisi FL krn sebelumnya sy sdh memasukan aplikasi di stand bank mandiri saat acara career day di salah satu kampus, biasanya apa sj pertanyaan yg dtanyakan saat walk in interview?biasanya setelah interview ada tahap apa lg?tq atas infonya

  • Dear Sdri Pipit,
    Biasanya pertanyaan wawancara kerja adalah seputar:
    1) Ceritakan Diri Anda;
    2) Apa motivasi Anda melamar posisi ini;
    3) Apakah Anda punya pengalaman organisasi;
    4) Saat ini Anda bekerja atau sedang mencari pekerjaan? Ceritakan pekerjaan Anda sebelumnya.
    5) Dst.
    Untuk lebih detilnya bisa Anda pelajari tips seputar wawancara:
    1. Tips Super Efektif Mempersiapkan Interview Kerja
    2. Tips Kupas Tuntas wawancara bahasa inggris
    3. Tips Rahasia Wawancara dari Para Ahli
    4. Tips Aman Menjawab Jebakan Wawancara Kerja
    Demikian semoga bermanfaat

  • dear admin
    saya udah lulus serangkaian tes AOP slh satu bank,n akan segera memulai training,saya mau tanya di bank itu ada berapa macam posisi officer?trus kalo ODP atau MDP itu kira-kira akan ditempatkan bagian apa?apa bedanya dengan AOP?saya juga dapat panggilan dari MDP bank lain tapi masih tes tahap awal,menurut anda lebih baik saya mengikuti AOP atau MDP?saya butuh saran
    sebelumnya terimakasih yaa

  • Dear Larissa,

    Pada dasarnya AOP, MDP, ODP, PPE merupakan program pendidikan penyiapan fresh graduate sebagai ‘jembatan’ antara dunia pendidikan dan dunia kerja. AOP (Analist Officer Progarm) -biasanya bank panin- lebih spesifik pada bidang Kredit, sedangkan MDP/ODP/PPE merupakan pelatihan managerial -biasanya memakan waktu 8-12 bulan- tentang seluk belum Perbankan secara umum. Artinya, lulusan program tersebut siap ditempatkan di posisi apapun dalam struktur kepegawaian Bank, baik Kredit, Trisuri, Operasional/Logistik maupun Auditor. Saya pribadi menyarankan untuk disesuaikan dengan background dan motivasi Anda, kalau Anda termotivasi untuk terjun secara spesifik di bidang kredit maka AOP lebih sesuai, namun apabila Anda ingin berkontribusi secara luas di bidang perbankan, Anda bisa memilih MDP/ODP. Demikian semoga membantu. terima kasih.

  • dear admin,
    saya mau tanya apakah kalau di bank ada penilaian psikologi calon karyawan berdasarkan rambut? karena saya bisa dibilang mengalami kebotakan dini diumur saya yg masih 24.

    apakah masih memungkinkan bagi saya untuk dapat bekerja di bidang perbankan?
    kalo ada, kira2 posisi apa yg dapat saya ajukan?

  • bagus banget tips nya, ini bener2 tips/ info yang saya cari selama ini karena saya berkeinginan bekerja pada salah satu perbankan bumn yang ada di indonesia.

    hanya ada yang saya ingin tanyakan pada admin, apakah seleksi MDP/ODP yang diadakan oleh sebuah bank konvensional sama tahapannya dengan seleksi MDP/ODP pada bank syariah?
    trs apakah yang menjadi syarat khusus untuk pegawai bank syariah bila dibandingkan dengan bank konvensional?

    mohon di-share ya informasinya..

    trims sebelumnya, semoga tips2 yg diberikan mampu memberikan manfaat bagi para pembacanya.

  • Artikel yg menarik,,,
    by the way, sy ingin tanya..
    beberapa hari lagi saya akan mengikuti tes interview odp bank mandiri. dan ini adalah interview pertama saya (saya fresh graduate)…..
    kebetulan anda pernah mengikuti tes odp bank mandiri, saya ingin tahu, kira2 materi apa saja yang biasanya ditanyakan oleh si pewawancara dalam interview odp mandiri ya? jadi setidaknya saya bisa latihan dulu di rumah (apalagi interviewnya dalam bahasa inggris).
    selain itu, saya juga termasuk orang yang grogi-an dan agak minderan. Kuatirnya saya lupa vocabulary-nya, malah keceplosan menjawab dengan bahasa indonesia. Menurut anda apakah hal itu masih bisa di tolerir si pewawancara?
    Apa ya tips nya biar saya tidak nervous nantinya….
    mohon di bantu ya…
    Terimakasih…

  • Sdr. Hara,
    Terima kasih atas komentarnya. Pertama-tama sy sampaikan selamat buat Anda yang akan mengikuti seleksi ODP Bank Mandiri. Sedikit hal yang bisa sy sharing terkait seleksi ODP sy dahulu (2004) adalah tahap I Tes TOEFL, tahap II Focus Group Discussion, kemudian baru tahap III interview. Memang mungkin akan berbeda untuk masing2 waktu, tergantung pada kebijakan bagian HRD. Namun demikian, terlepas dari tahapan2 yang akan Anda tempuh, Anda harus tampil percaya diri dan kalau perlu melakukan latihan terlebih dahulu. Materi interview bisa Anda baca di Tips Mengenal Larangan Dalam Interview dan Tips Kupas Tuntas Wawancara Bahasa Inggris. Demikian semoga bermanfaat.

  • Terimaksh atas saran anda,,
    maaf, sy mw tanya lagi…
    sy dgr klo pada saat interview nanti akan ditanyakan skor toefl kita… (tes interview ini merupakan tes tahap pertama)
    sejujurnya sy blm pnh ikut tes toefl secara umum, paling saya hanya mengikuti tes yang digelar di universitas, itupun judulnya English Proficiency Test dan tidak berlaku utk melamar kerja. Walhasil saya kerjakan hanya setengah hati, alias asal2an….. skor yg sy peroleh 470… smentara sy yakin sy masih bsa melampaui 500 jika mengerjakan dengan serius dan sungguh2….
    Jadi, menurut anda, apa yang harus saya jawab jika pewawancara nanti menanyakan skor toefl saya? sehingga jawaban saya nanti tidak menjadi penghalang untuk saya mengikuti tes selanjutnya….
    mohon bantuannya…
    terimakasih…..

  • Dear Sdr. Hara,
    Fase Interview dalam seleksi penerimaan pegawai ada fase untuk mengenal kita lebih jauh. Untuk itu kejujuran adalah faktor utama dalam fase ini. Terkait dengan kondisi Anda di atas, Anda bisa menyampaikannya dengan jujur dan profesional, misalnya, “Saya belum pernah mengikuti Tes TOEFL, baik TOEFL LIKE ataupun TOEFL INSTITUSIONAL. Namun demikian saya siap untuk mengikuti tes dimaksud sekiranya saya diberi kesempatan.” Jawaban tersebut akan terdengar lebih simpatik dibandingkan ketika Anda menyampaikan skor English Proficiency Test yang (mungkin) tidak mereka kehendaki. Demikian semoga bermanfaat.

  • Terimakasih……. saran anda sangat membantu….
    saya akan coba terapkan jika besok saya ditanya seperti itu….

    by d’way, blog ini sgt menarik dan berguna dg tips2nya…..

    Trim’s
    :-)

  • hai…..sory nih aq mau nanya apakah tes pada sebuah bank di lihat dari FACEnya.soalnya saya berjerawat dan rencananya saya mau melamar dan jabatan yang saya ikuti yaitu COSTUMER SERVICE.mohon jawabannya

  • thanks buat infonya
    saya mau bertanya…
    apakah jenjang karier dari FL ( coustumer Services) ada?
    karena setau saya CS biasanya untuk mereka yang masih muda!
    pakah mungkin mereka CS yang sudah tua langsung dibuang saja
    thanks

  • Dear Julius,
    Jabatan customer service memang tidak ‘sekekal’ jabatan Analis/Account Officer. Mengingat penampilan dan juga kemampuan komunikasi merupakan pertimbangan utama sebagai seorang front liners. Untuk itu, biasanya Bank akan memberikan penghargaan kepada para CS dengan status pegawai tetap yang telah memasuki ‘batas usia’ dengan menawarkan posisi sebagai officer. Namun untuk CS dengan setatus outsourcing/kontrak, Mekanisme yang mungkin ditempuh Bank adalah dengan membuka lowongan secara internal atau mekanisme pengangkatan (tergantung pada masing2 Bank). Kebijakan ‘membuang’ merupakan opsi terakir yang akan ditempuh Bank, itupun dengan berbagai catatan negatif yang melekat pada staf yang bersangkutan. Sehingga Anda bisa terus mencoba untuk optimal dalam bekerja, karena jangan kuatir, mata manajemen akan selalu tertuju pada Anda. Demikian semoga membantu

  • mantap nih tips nya<saya mw tanya,saya ikut tes penerimaan di BTN untuk posisi teller,sudah sampai tahap 4,setelah ini saya akan melaksanakan tes kesehatan, saya menggunakan behel ( kawat gigi ) apakah hal ini akan menyebabkan saya gugur dalam test?
    kalau memang behel mengganggu mungkin saya akan melepasnya(pdhl saya br pakai 3 bulan hiks…)
    tapi kan percuma mempertahankan behel tp melepas pekerjaan…

  • Dear Sdr. Mala Raina Sailendra,
    Terima kasih atas pertanyaan Anda. Berdasarkan pengalaman Posisi Teller memprioritaskan penampilan wajah dan tinggi badan, serta (plus) kemampuan berkomunikasi yang baik. Sehingga apabila wajah dan tinggi badan Anda sudah sangat representatif, dan behel disini berfungsi menunjang penampilan Anda. Saya pikir behel bukan merupakan sebuah issue dalam suatu tes kesehatan. Mengapa? Karena tes kesehatan pada seleksi bank menitikberatkan pada check gula darah (baik melalui urine/darah), rekam jantung, buta warna, ambeien dan sejenisnya. Yang paling penting adalah jangan merokok (apalagi narkoba), hindari tidur larut sebelum tes kesehatan (hal ini bisa menurunkan HB darah anda) serta banyak minum air putih sehari sebelum tes dilakukan. Semoga sukses.

  • Saya mau tanya juga dong, apakah sudah ada yang pernah ikut AOP(Account Officer Program) Panin Bank??Yang saya mau tanyakan adalah brapa lama interval waktu setelah interview HRD menuju ke interview end user dan direksi?Soalnya sudah 2minggu yang lalu saya ikut psiko test panin dan dinyatakan lulus, lalu saya lanjut ke interview hrd.. stelah slesai interview, HRD bilang akan dikabari dalam 2 minggu.. tapi skarang dah 2minggu blum ada kabar juga.. kata temen saya ada yang sampai 1 bulan baru dikabarin, apakah saya masih harus menunggu atau mencari lowongan pekerjaan lain?

  • Dear Sdr. Handi,
    Terimakasih atas pertanyaannya. Untuk AOP sy pribadi belum pernah mengikutinya. Namun, berdasarkan pengalaman tes untuk beberapa Bank (MDP Bank Mandiri juga pernah molor dari jadwal yang ditentukan ), memang ‘molor’-nya proses, biasanya disebabkan karena faktor internal Bank. Namun demikian, untuk efisiensi waktu Anda, tidak ada salahnya Anda terus mengirimkan lamaran maupun mememnuhi undangan test dari perusahaan lain. Bahwa sekiranya Anda, dipanggil ulang Anda bisa memilih. Demikian semoga membantu.

  • Baca artikel ini sedikit membuat saya tenang dan agak khawatir..
    saya mo tanya apa saat wawancara akhir penampilan fisik menjadi penilaian jg??
    karena saya pakai kacamata, dan hal lain apa saja yg harus saya persiapkan??
    trims untuk sharingnya.. :)

  • Dear Amy,
    Terima kasih atas comment-nya. Pada dasarnya Anda tidak perlu khawatir setelah membaca artikel ini. Justru harapan sy, Anda akan memiliki wawasan ‘medan tempur seleksi penerimaan pegawaibank’ sehingga Anda bisa mengantisipasi segalanya. Terkait dengan pemakaian kaca mata, menurut sy Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini kacamata merupakan bagian kecil aksesoris dari penampilan. Keseluruhan penampilan dan attitude Anda-lah yang menjadi penilaian, seperti cara penyampaian kalimat, tutur kata, cara bersikap, cara pandang Anda terhadap suatu masalah itulah yang akan menjadi penilaian utama saat wawancara akhir. Banyak juga kan pegawai bank yang menggunakan Kacamata? Demikian semoga membantu. Sukses ya.

  • Dear Admin, terkait dengan pertanyaan sebelumnya, mengenai kacamata, saya ingin bertanya… Saya berkacamata minus 4, dan baru saja mengikuti tes kesehatan untuk FL BNI. Pada saat pemeriksaan mata, saya disuruh membaca deret huruf dengan melepas kacamata. Hasilnya, saya benar-benar “buta”. Tdk ada satu huruf pun yg dpt saya baca. Apakah minus mata yg terlalu tinggi akan menjadi penghalang? Dan bagaimana dengan gigi yg bolong/ banyak tambalannya? Terimakasih atas jawabannya.

  • Wah sangat inspiratif..terima kasih sblumnya krn info yg sblumnya berguna.saat ini sy bkrj sbg CS di slh satu provider.sy jg sdh melalui bbrp tes di BRI utk low FL,msh 2thp lg yg hrs sy tempuh,wawancara dgn direksi dan MCU.tgl 18 juni bsk sy ad pangglan utk wawancara dgn direksi dr BRI.
    Mohon tips nya guna menghadapi wawancara bsk,dan bgmn cr resign dr krjaan skr yg br baru 1 bln dan blm sign kontrak ini,sy takut terkena pinalty spy membyar sjmlh uang.terima kasih sblmnya,sangat di tggu tanggapanya.

  • tipsnya bagus, saya sudah melewati test2 yang anda paparkan diatas, sekarang saya sedang menunggu hasil dari tes kesehatan di bank jabar banten. dan menurut informasi, katanya akan ada test wawancara akhir setelah ini. mungkin anda tau kira2 pertanyaan apa saja yang keuar di wawancara akhir ini, karena saya sudah melewati 5 tahapan test yang sebelumnya, dan apa saja yang harus saya persiapakan pada tes wawancra akhir ini? terima kasih untuk jawabannya.

  • Mw tax nch.hr senin nanti sya akan mengkuti tes wa2ncara di bank bri.hal2 apa sj yg biasax ditanyakn.trmh ksh

  • dear admin

    waah artikelnya pasti akan angat membantu. z mau tanya nih, seminggu yg lalu z mengirim cv z ke Mandiri untuk posisi FL sesuai dengan lowongan yg diberitakan di internet, kira2 berapa lama pengumum lolos untuk ikut tes akan diumumkan ? dan di cek dimana ?
    terimakasih banyak, jawabanya sangat ditunggu :)

  • admin aq bru dpt artkl ini,nah aq mw nanya.aq dah ikut wawancra akhir d BRI tgl 13 oktbr kmren nah sampai skrang blum jg ada pngglan lg.pada saat wwncra aq bru tau aq msuk kslh satu PT yg mrupakan cbngx BRI n ada jg dr PT lain yg ikt wwncra.nah ini yg bkin aq bgung PT yg lain stlah 1hri udah dpt telp lolos pa gak nya,nah dr PTq blum sama skli ampe skrang.mnurut agan ada gak ksmptan aq dtelp n brapa lma sich batas pnggilan stlah wwncra

  • Dear Rhie,
    Panggilan wawancara dari sebuah perusahaan tidak selalu sama jangka waktunya. ada yang cepat ada yang lambat. Yang cepat biasanya proses rekrutment murni diserahkan ke pihat ketiga (Jasa konsultan), sedang kan yang lama biasanya proses rekrutmen diserahkan pihak ketiga namun masih butuh adjustment dari manajemen. Biasanya untuk Bank berkisar antara 2-3 minggu. Lebih dari itu, Anda sebaiknya bersiap2 melaangkan lamaran ke perusahaan lain. Karena pada dasarnya, ketika Bank membuka lowongan, logika dia sedang membutuhkan tambahan ‘darah segar’ dalam operasionalnya sehari-hari, jadi mereka pasti tidak akan berlama-lama melakukan proses rekrutment. Demikian penjelasan dari saya, semoga membantu. Semoga sukses!

  • terima kasih banyak admin, anda sangat sangat sangat membantu membuka wawasan untuk sebagian orang yang awam tentang perbankan seperti saya..
    yang saya mau tanyakan, bagaimana cara menolak dengan halus pada posisi yang kurang diminati seperti funding officer, mengingat banyak pengalaman kerja teman saya yang mencari nasabah dan seputaran tentang perkreditan kepada nasabah yang dicari sendiri, untuk saat ini saya tertarik dengan posisi front liner. Apakah Mandiri atau Mandiri syariah mengenakan jasa kontrak seperti bank BRI? kalo pun iya berapa lama pengangkatan untuk bisa menjadi pegawai tetap.
    terima kasih sebelumnya.
    Salam.

  • Dear Cemozz,
    Terima kasih atas commentnya. Perlu dipahami sebelumnya bahwa funding officer adalah pegawai yang bertugas untuk mengumpulkan dana pihak ketiga, sedangkan account officer adalah pegawai yang bertugas mencari kredit nasabah. Jadi 2 jenis pegawai tersebut, berbeda tugas dan kewenangannya. Kalaupun Anda tertarik dengan posisi front liner anda bisa melamar khusus unutk posisi tersebut pada surat lamaran, sehingga tidak melakukan tawar menawar posisi di saat wawancara. Pada umumnya, Bank-Bank menggunakan sistem kontrak untuk pegawai barunya, biasanya berkisar 2-3 tahun, setelah itu pegawai akan dites untuk pengangkatan sebagai pegawai tetap. Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat.

  • Saya sudah melamar di salah satu Bank.. dan kemarin sudah sampai pada tahap Wawancara Akhir. Katanya, nanti ada tes kesehatan. Apa benar orang yang berkacamat tidak akan lolos di te kesehatan? Padahal mata saya minusnya hanya 1/4 saja… mohon sarannya agar saya bisa lolos tes kesehatan.. thanks

  • Dear Mayasari,
    Sejauh pengalaman saya, ketika tes kesehatan dilakukan untuk seleksi pegawai Bank, tidak pernah mempermasalahkan kekurangan penglihatan
    Yang akan dicek terkait dengan penglihatan hanya masalah buta warna saja. Selain itu, adalah tes ksehatan seacra umumatau semacam general checkup, mulai dari cek darah, urin serta faces. Untuk mengetahui penggunaan narkoba, penggonaan rokok, potensi kolsterol, potensi gula dan potensi hipertensi.
    Jadi, seminggu sebelum tes kesehatan usahakan jangan merokok dan konsumsi air putis banyak, boleh ditambahkan sedikit olah raga.
    Semoga sukses yak

  • Dear admin, saya senang sekali menemukan dan membaca artikel ini, sangat membantu dan menambah wawasan
    Saya ingin bertanya, apa saja tugas dan kewenangan seorang relationship banking officer (rbo)?
    Terimakasih sebelumnya

  • terima kasih buat penjelasannya , artikel ini sgt membantu trlbh kpd saya yg mulai tertarik dgn dunia perbankan . Skrg sy sdg kuliah jurusan mnajemen di slh 1 pts di kota mdn . Tp sy bgtu ragu brhubung tnggi sy tdk mncapai 160 , dan mggnkn kcmt . Krn dikalangan msyrkt mnjd peg.bank pnmpilan ttp yg plg utama . Trlpas dr keminderan sy , sy mau mnnykn kpd admin program komputer apa yg hrs dikuasai ? tks

  • Dear Selvi,
    Saya juga bekerja di Bank. Tinggi saya hanya 160 dan berkacamata. dan sejauh ini saya tidak ada masalah dengan kondisi saya tersebut.
    Diterima atau tidaknya seseorang di Perusahaan Perbankan ditentukan oleh tes sesuai dengan posisinya.
    Jadi kalau untuk Back Office, penampilan fisik bukanlah yang utama. Yang penting lolos tes TOEFL dan kesehatan.
    Sementara untuk posisi front liners (Teller/CS) sebaliknya, TOEFL nomor sekian yang penting adalah penampilan fisik.
    Jadi, sesuaikan dengan syarat penerimaan saja. Demikian semoga sukses yak.

    Regards

  • Dear Anisa,

    Tugas dan kewenangannya adalah menjalin hubungan dengan pihak-pihak terkait dengan bank. Entah nasabah prima/prioritas atau instansi2 terkait.
    Cukup menarik bagi Anda yang senang berjumpa dan berkominikasi dengan orang-orang baru.

    Regards

  • selamat malam Admin mau nanya berapa org yg di butuhkan dalam test ADP tahun ini “yg direkrut”? BNI 46 sya sudah melewati test wawancara dan akan test psiko yg tersisa sekarang 177 orang.

  • Dear Santosa,
    Masing-masing periode berbeda jumlah rekrutment pegawainya.
    Dan biasanya, apabila target 50 orang namun hanya 40 yang memenuhi persyaratan maka Bank akan menggunakan standard bawah (yang diterima tetap 40 orang saja)
    demikian semoga membantu

  • dear Krisvani,
    Untuk kebutuhan Teller rata-rata Bank BUMN/BUMD/Swasta, mempersyaratkan pendidikan minimum D3 atatu sederajad.
    Demikian konfirmasi sy sampaikan semoga berguna

    Regards

  • dear Adrianto,
    Penampilan memang salah satu item yang dinilai terhadap calon pegawai di front liners.
    Tampilan gigi mengenguning merupakan salah satu bagian dari banyak items penampilan yng dinilai.
    Jadi, sejauh Anda bisa membungkus kekurangan Anda dengan kelebihan2 Anda yang lain saat proses wawancara, saya kira tidak menjadi masalah.
    Tetap semangat!

    Regards

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari tiptipseru.com?
Daftarkan e-mail Anda di bawah ini
dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

Delivered by FeedBurner